Senin, November 03, 2014

Cheddar Cheese Cottony Cake (Ogura)



Assalamu'alaikum.......
Apa kabar semua?Kangeeeen lama tidak ngeblog.Memang beberapa hari kemarin banyak(ada beberapa)kesibukan yang memang tidak bisa ditinggal walau hanya sekejap pun.Terussss setelahnya sakit dan mengharuskan saya benar-benar bedrest.Belum lagi karena cuaca yang begitu ekstrim panasnya.Padahal ada beberapa resep yang sudah saya praktekan dan mestinya siap diposting.termasuk OGURA ini.Bikinnya sudah hampir sebulan yang lalu kalo ngak salah.Beberapa kali baca reviewnya para foodblogger luar dan tanah air tentang siOGURA.Sebenarnya ogura ini sama jenisnya dengan cotton cake biasa.Cuma yang membedakannya OGURA ini adalah nama orang.Jadi ada sedikit storynya dan diberi nama OGURA CHEESE COTTONY.Seperti biasa baking virusnya dari mb Hesti.Karena saya bukan tipe orang yang pandai bertutur sebuah cerita asal muasal tentang ogura cake silakan meluncur kesini ya.
Resepnya dapat dari BAKING DIARY.Sedang kan resep aslinya dari AUNTY YOUNG.Untuk resep sudah saya terjemahkan menurut bahasa saya,masih sesuai pakem ogura cake dari luar kok.Cuma untuk steam bakenya mereka terlebih dahulu memanaskan air dalam loyang.Sedangkan saya cukup dengan air panas yang saya tuang dalam loyang yang sudah ada loyang berisi adonan cake.





CHEDDAR CHEESE COTTONY CAKE(OGURA)

Bahan A :
80 gr tepung terigu serbaguna
1/4 sdt garam
5 butir kuning telur
1 butir telur utuh
60 ml minyak jagung------bisa pakai minyak goreng biasa kualitas bagus
2 lembar keju cheddar lembaran-------saya pakai 100gr keju cheddar parut
20 gr keju parmesan bubuk-------saya tak pakai
45 ml susu cair
Bahan B :
5 butir putih telur
1/4 sdt cream of tartar-------saya pakai 2 sdt air jeruk nipis
80 gr gula kastor

Cara membuat :

  1. Kocok kuning telur,telur,keju cheddar dan parmesan(jika pakai) bersama-sama dalam mangkuk sampai lembut(biarkan jika masih ada beberapa potongan kecil)Masukkan minyak jagung dan susu cair.Lanjutkan mengocok sampai tercampur rata.Tambahkan tepung terigu dan garam,aduk lipat.Sisihkan.
  2. Dalam wadah lain kocok putih telur hingga berbusa.Tambahkan air jeruk nipis dan kocok sampai agak berbusa.Tambahkan gula dalam 3 tahap.Kocok hingga soft peak(puncak tumpul).Dengan spatula campur 1/2 bagian meringue(putih telur) kedalam campuran kuning telur.Aduk lipat hingga tercampur rata.kemudian tambahkan sisa meringue.Aduk lipat kembali sampai tercampur rata.
  3. Tuang ke dalam loyang persegi 22cm yang sudah dialasi kertas roti dibagian bawah loyang saja(saya lapisi juga sisi-sisinya tanpa dioles margarin).Hentakkan pelan loyang supaya adonan tersebar merata.
  4. Oven dengan cara steam bake dengan suhu 160'C pada 10 menit pertama.Lalu turunkan suhu menjadi 150'C dan panggang kurang lebih 55-60 menit(saya 60 menit).
  5. Angkat.Setelah agak dingin balikkan dirak kawat.
  6. Potong-potong.Sajikan.





Bagi yang sudah pernah bikin cotton cake ataupun cheese cake,inshaALLOH pasti bisa dan tentu saja tidak asing dengan metode diatas.Mudah kok,asaalllll taat resep ya.Sebenarnya yang bikin penasaran adalah embel-embel lembut dan juga moist.Dan ternyata memang lembut dan moist.Mungkin kesalahan saya kurang rata ketika mencampur adonan meringue dan putih telur,jadi ada beberapa bagian yang keropeng.Untuk takaran keju jangan dikurangi ya,karena cake sejenis ini menurut saya terlalu eggy.Malahan kalo bisa(baca:ada)tambah saja dengan keju parmesan sekitar 1 sdm atau 2 sdm.Seperti makan cheese cake tapi dengan rasa yang mild.Kalo menurut saya cake ini recommended untuk dicoba,terutama bagi cheese lovers.......

5 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya coba ya mba,,ngiler banget liat pic nya

Unknown mengatakan...

Saya coba ya mba,ngiler abis liat pic nya. Semoga berhasiil

Unknown mengatakan...

Silahkan mba Neni,sukses ya.Terima kasih sudah berkunjung

Unknown mengatakan...

Mba mau nanya. Saya pernah liat ada yg make creamchesee dan minyak pake mentega cair. Kira2 bisa naik ga ya mba?

Unknown mengatakan...

Hai mb Andina,
Sependek yang saya ketahui ,jika memakai cream cheese dan minyak atau mentega adalah untuk pembuatan cheese cake mb Andina.Tapi resep cheese cake yang biasa saya pakai tidak mengunakan minyak melainkan butter atau mentega.Minyak dan mentega memang bisa saling mengantikan tapi tentu saja rasa dan aromanya lebih enak mentega.Kelebihan minyak adalah menjaga adonan/cake tetap lembab setelah matang.Terlebih jika kita membuat cake dengan cara tehnik kukus,mimyak sangat membantu sekali.Sedangkan pada resep OGURA saya ini adalah bukan cheese cake melainkan COTTON CAKE dengan rasa keju.Kecuali diresep mb Andina memang dicantumkan bahan seperti yang mb tanyakan.Kalo mb Andina menanyakan bisa naik apa tidak,saya rasa bisa mb.Asal sesuai dengan resep yang mb Andina miliki.Pembuatan COTTON Cake dan Cheese Cake memang sama TRICKYnya mb,tapi saya yakin mb Andina pasti bisa.Patuhi resepnya saja dulu mb,jika mb sudah menemukan"selanya"baru deh bereksperimen.Semoga jawaban saya tadi membantu ya mb,terima kasih sudah berkunjung dan meningalkan komen.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...