Kamis, November 27, 2014

Brownies Kukus Ketan Hitam








Assalamu'alaikum.......
Saya kembali lagi,hehehe.......Sudahkah ada agenda apa acara akhir pekan anda? Atau mungkin sudah ada agenda acara akhir pekan yang akan anda isi dengan baking bersama keluarga tercinta.....^-^.Nah brownies kukus ini bisa menjadi salah satu resep yang bisa anda coba.Sekaligus mengenalkan pada anak atau keluarga cemilan yang gluten free.Yang namanya brownies kukus anak-anak saya tidak pernah ada bosannya.Sebenarnya lama sekali resep ini tersimpan rapi dalam catatan buku resep yang saya miliki.Resepnya adalah milik mb Ricke-Ordinary kitchen.Sebelumnya saya sudah pernah mencoba resep brownies kukus ketan hitam dari tabloid Sajitapi yang dari tabloid tepung ketannya sedikit karena sudah ada campuran tepung terigunya.Dannn yang bikin anak-anak saya suka karena DCCnya lumayan banyak.Dan selain itu rasanya manisss.Untuk resep dari mb Ricke ini rasa manisnya pas.Kebetulan suami juga suka dengan brownies kukus ketan hitam ini,karena tekstur"berpasirnya".

BROWNIES KUKUS KETAN HITAM

Bahan :
6 butir telur
200 gr gula pasir
1 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla-------saya pakai 1/2 sdt vanili bubuk
2 sdm susu kental manis 
Ayak :
250 gr tepung ketan hitam
20 gr cokelat bubuk
100 gr DCC,cincang
200 gr minyak atau mentega lelehkan-------saya pakai 100ml minyak goreng+50 gr margarin+ 50 gr butter
Cokelat meises secukupnya untuk filling

Cara membuat :
  1. Panaskan kukusan
  2. Lelehkan DCC.Masukkan minyak,margarin beserta butter
  3. Kocok telur,gula,emulsifier dan garam dengan mikser kecepatan tinggi sampai mengembang,kental dan berjejak.Masukkan vanili.Kocok rata.Masukkan susu kental manis.Kocok rata.
  4. Masukkan campuran tepung.
  5. Masukkan campuran cokelat.
  6. Bagi 2 adonan,tuang 1/2 bagian ke dalam loyang 20x20x7 cm yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti.Kukus dengan api sedang selama 10 menit.
  7. Taburi cokelat meises.Tuang kembali 1/2 bagian sisa adonan.Kukus kembali selama 20-25 menit hingga matang.
  8. Angkat dan langsung keluarkan dari loyang,biarkan dingin.Potong-potong dan sajikan.





Hemmmm enaakkknya,pasti sepotong tak akan pernah cukup.Nah mudah bukan?Atau jika anda malas mengeluarkan mikser silahkan sms disini ya untuk pemesanan 081330097765.....but 4 day in advance yaaa ^-^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...