Senin, November 03, 2014

Cake Puding Karamel




Sebenarnya ngak ada niatan untuk bikin puding ini.Entahlah waktu itu pinjam gadget anak-anak,biasa browsing resep.Nyantol diblognya mb Hesti.Nah liatlah sipuding caramel cake ini.Baca aja sudah bikin kepala mbliyeng apalagi kalo disuruh bikin.Ehhh tapi tantangan juga kalo bikin kan ya.Mumpung hari masih pagi,itung-itung waktunya juga cukup.Bahan-bahan Alhamdulillah ada semua.Let's go bikin.......Untuk resep aslinya dan step by stepnya bisa liat diblog kak ITA.

CAKE PUDING CARAMEL

Bahan karamel :
3 sdm munjung gula pasir

Bahan Puding :
300 ml susu cair
90 gr gula pasir
3 kuning telur
1 butir telur utuh
1/2 sdt vanili

Bahan cake :
70 gr gula pasir
3 kuning telur
135 ml susu cair
45 ml minyak goreng
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
140 gr tepung terigu
1 sdt baking powder


6 putih telur
70 gr gula pasir

Cara membuat :
  1. Tuang gula pasir untuk karamel ke dalam loyang.Panaskan diatas api kecil sampai semua gula meleleh dan menjadi karamel(jangan terlalu lama nanti pahit).Goyang- goyangkan agar merata.Sisihkan sampai mengeras.
  2. Aduk semua bahan puding sampai gula larut(jangan dikocok). Tuang ke atas bahan karamel sambil disaring.Sisihkan.
  3. Cake : Kocok kuning telur,minyak,susu cair,garam dan vanili sampai berubah warna jadi putih.Tambahkan gula,kocok lagi sampai mengembang.Tambahkan campuran terigu dan baking powder yang sudah diayak.Aduk balik perlahan sampai rata.
  4. Dalam wadah yang lain kocok putih telur sampai berbusa.Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai soft peak.Matikan mikser.Tambahkan 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur.Aduk balik perlahan sampai rata.Masukkan sisa putih telur dan aduk balik perlahan hingga rata.
  5. Bagi 3 adonan sama banyak.Beri warna ungu,merah muda dan hijau tosca.
  6. Tuang adonan ke atas adonan puding karamel tadi.Lakukan secara bergantian dimulai dari ungu,merah muda dan hijau.Tuang adonan ungu sebanyak 3 sdm penuh lalu 3 sdm adonan merah muda lalu 3 sdm adonan hijau.Ulangi sekali lagi.Setelah itu tuang 2 sdm adonan ungu,2 sdm adonan merah dan 2 sdm adonan hijau.Ulangi sekali lagi.Berikut tuang adonan sesendok sesendok sampai habis.Buat garis dengan tusuk sate sebanyak 3 kali untuk membantuk motif.
  7. Panggang dengan cara au bain marie dengan panas oven 160'C atau 325 F selama 1 jam atau sampai ditusuk keluar dalam keadaan kering.
  8. Angkat kue.Biarkan pinggirannya lepas dari loyang .Bantu lepaskan puding dengan cara mengikis dengan pisau pinggirannya.Lakukan perlahan agar puding tetap bulat sempurna.Tuang dalam piring saji.
  9. Hilangkan uap panas dan simpan dalam kulkas.Siap disajikan dalam keadaan dingin.




Ini puding sengaja ngadepnya kesana.Karena sebelum dingin bener siade'yang bungsu sudah tidak sabaran minta dipotong.Dan happp 1 potong besar sudah meluncur ke perutnya.Untuk loyang saya pakai loyang bulat diameter 20 cm.Setelah karamel agak dingin loyang saya bungkus dobel dengan aluminium foil.







Proses pembuatannya juga unik.Adonan cake dituang diatas bahan puding yang sangat cair.Jangan khawatir keduanya tidak akan bercampur karena berat jenisnya juga berbeda.Untuk warna bisa disesuaikan dengan selera,saya hanya ingin mengikuti pakemnya saja.Tapppppi warna ungunya kurang keluar.Dan penuangan adonannya pun saya ada yang terlewat baca.Yaitu pada step no.6,yang seharusnya 3 sdm untuk 2 kali tuang saya seterusnya sampai adonan habis 3 sdm terus.Memang untuk baca resep mata tidak boleh meleng sedikit pun.Untunglah kesalahannya tidak fatal.Dan yang bikin hati legaaaa,ternyata anak-anak suka bangetttt.







Yaaaaa walau hasilnya belum secantik punya mb Hesti dan kak Ita saya sudah seneng banget.Paling tidak untuk percobaan pertama sukses dan tidak ada bahan yang berakhir ditempat sampah mengingat betapa trickynya puding ini.Rasa puding ini enak,balance antara lapisan karamel dan cakenya.Lapisan karamel yang manis berpadu dengan cake yang rasanya tidak terlalu manis.Toppp dehhh.......mb Hesti dan kak Ita makasih untuk inspirasinya.Recommended......

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Pudingnya enakkah mb?

Unknown mengatakan...

Kalau menurut saya dan keluarga enak mba,ayo dicoba bikin

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...