Selasa, Juli 01, 2014

Tim Ikan





Tim ikan adalah menu andalan saya ketika balita saya sudah mulai bisa makan nasi lembek.Mulai dari anak saya yang pertama sampai sekarang bungsu saya,anak ke-4.Simpel tapi kaya akan protein terutama omega 3.Asal ikannya di kukus proteinnya tidak akan terbuang percuma.Makanya kalo liat ikan laut digoreng rasanya eman.Resepnya dari majalah ayahbunda jaman baheula.

TIM IKAN

Bahan:
1 ekor ikan kerapu,kerat-kerat kedua sisinya-------bisa juga pakai kakap 
1 buah jeruk nipis,peras airnya
1/2 sdt garam halus
2 cm jahe cincang
1 sdm arak cina-------saya tidak pakai
sedikit merica bubuk
1/2 bawang bombay,cincang,remas-remas
10 cm bawang daun,iris 2 cm
1 sdt minyak wijen

Cara membuat:
  • Lumuri ikan dengan air jeruk nipis,biarkan selama 10 menit.Cuci,tiriskan.
  • Lumuri pula dengan garam,jahe,arak cina(jika pakai),merica dan bawang bombay.Biarkan selama 15 menit.
  • Sediakan piring tahan panas dan letakkan ikan di atasnya.
  • Panaskan dandang dan kukus ikan selama 15 menit.
  • Taburi bawang daun dan lumuri dengan minyak wijen.Kukus kembali selama 15 menit .Sajikan segera dengan nasi hangat.




Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...