Selasa, Juli 01, 2014

Arsik Ikan Kerapu




Arsik adalah salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer. Masakan ini dikenal pula sebagai ikan mas bumbu kuning. Ikan mas adalah bahan utama, yang dalam penyiapannya tidak dibuang sisiknya.
Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang), selain bumbu khas Nusantara yang umum, seperti lengkuas danserai. Bumbu-bumbu yang dihaluskan dilumuri pada tubuh ikan beberapa saat. Ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.(wikipedia)
Arsik ini saya masak beberapa minggu yang lalu sebelum memasuki bulan puasa.Kali kedua saya memasaknya.Yang pertama sudah lama sekali.Tetapi resep arsik kali ini saya memakai ikan laut,bukan ikan air tawar.Resep sebenarnya dari Femina seri hidangan klasik.Cuma kalo di Femina memakai fillet ikan kakap.Tetapi untuk beberapa bahan bumbu saya skip,karena memang bumbu-bumbu tersebut memang sulit ditemui ditempat saya tinggal.Antara lain andaliman(seperti merica tapi masih muda dan berwarna hijau) dan asam cikala.

ARSIK KERAPU
Bahan:
600gr ikan kerapu
1 sdt garam
2 sdm air jeruk nipis
10 batang serai memarkan
2 buah kecombrang iris tipis-------saya tak pakai
6 potong asam gelugur------saya subtitute dengan 2 buah asam kandis
10 buah lokio-------saya tak pakai
Bumbu,haluskan:
10 buah cabai merah
1 sdm andaliman-------saya tak pakai
5 buah kemiri sangrai
2 sdt jahe cincang
2 sdt kunyit cincang-------bakar terlebih dahulu
1 sdm lengkuas cincang
8 buah bawang merah
5 siung bawang putih
1 1/2 sdt garam
500 ml air-------tambahan dari saya
sedikit gula pasir-------tambahan dari saya

Cara membuat:
  • Lumuri ikan dengan garam dan air jeruk nipis.Biarkan selama 15 menit.Sisihkan.
  • Masukkan semua sisa bahan dan bumbu halus ke dalam wajan,aduk rata dan didihkan dengan api kecil.
  • Setelah kira-kira air meyusut,masukkan ikan,aduk kembali hingga rata.
  • Masak hingga bumbu mengental dan kuah menyusut.Cicipi,pas kan rasanya.Angkat.Sajikan.




Rasa dari arsik diatas adalah asin sedikit manis(karena saya tambahkan gula pasir),asam/kecut dan sedikit pedas(karena saya hanya pakai cabai merah besar).Kalo mau mengganti ikannya dengan ikan air tawar bisa,memang resep arsik yang sebenarnya adalah dengan memakai ikan mas.Anak-anak suka sekali,karena mendapatkan ikan dengan daging tebal dan terlebih rasanya tidak terlalu pedas.Tapi tentu saja 2 balita saya menunya sendiri.Recommended untuk dicoba......

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...