Selasa, Juli 01, 2014

Cumi Renyah Salut Bumbu




Salah satu menu kegemaran anak-anak.Ngak pedes dan masaknya juga ngak pake lama.Kalo pas anak-anak agak sulit makan menu ini adalah salah satu obat mujarabnya.Pilih cumi -cumi yang segar ukuran sedang supaya saat digoreng lebih cepat matang dan kering.Bersihkan cumi-cumi,termasuk kulit ari bagian isi,dan tintanya.Cuci dibawah air mengalir.

CUMI RENYAH SALUT BUMBU

Bahan :
500 gr cumi-cumi ukuran sedang,buang isinya,cuci bersih,potong-potong 2cm
2 sdt air jeruk nipis
1/2 sdt garam
Minyak,untuk menggoreng
Bumbu :
1 buah bawang bombay ukuran sedang,kupas cincang halus
3 sdm kecap manis
5 sdm air
1/4 sdt merica bubuk putih

Cara membuat :
  1. Lumuri cumi-cumi dengan air jeruk nipis dan garam hingga rata.Simpan dalam lemari pendingin hingga jeruk nipis meresap(kurang lebih 30 menit).Sisihkan.
  2. Panaskan minyak diatas api sedang hingga panas.Masukkan cumi-cumi yang sudah ditiriskan,aduk rata dan goreng hingga kering dan renyah.Angkat,tiriskan.Sisihkan.
  3. Panaskan 2 sdm minyak goreng sisa menggoreng cumi-cumi.Tumis bawang bombay hingga harum.Masukkan kecap manis,air,dan merica bubuk,aduk rata hingga agak mengering.
  4. Kecilkan api,masukkan cumi-cumi.Masak sambil diaduk rata hingga bumbu meresap,angkat.Sajikan segera.




Proses pencampuran cumi-cumi dengan air jeruk nipis dan garam sebelum dimasak bertujuan untuk membantu mengeluarkan air dari daging cumi-cumi sehingga teksturnya lebih renyah setelah digoreng.Cocok buat menu sahur,disajikan dengan nasi hangat.Happy Cooking.......O iya ini juga menjadi salah satu entry saya dalam rangka NCC Culinary Weeks.Dan senengnya dapat badge dari trio kupat.Makasih untuk badge dan appresiasinya.






Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...