Selasa, Juli 01, 2014

Buttery Chocolate Chip Cookies






Anak-anak saya suka sekali nyemil.Ngak bisa liat toples kosong dirumah.Kebetulan mereka juga penggemar salah satu merk cookies G*****me.Cuma saya rasa bicarbonate of sodanya terlalu banyak.Maka jarang sekali saya membelikan biscuit yang satu ini.Atau memang kalo pas kebetulan anak-anak ikut belanja saya ijinkan ambil 1 bungkus saja dimakan rame-rame supaya anak-anak tidak terlalu banyak mengkonsumsi bahan aditif.
Resep yang saya pakai ini adalah hasil googling saya.Sudah beberapa kali saya bikinnya dan baru kali ini sempat ke poto.Selalu sold out setiap kali bikin.Resep aslinya dari Betty Crocker


BUTTERY CHOCOLATE CHIP COOKIES
Bahan :
1 1/2 cup butter atau margarin------saya combaine keduanya
1 1/4 cup gula halus
1 1/4 cup brown sugar-------saya pakai gula palem.
1 sdm vanilla-------saya vanili bubuk 2 sdt
2 butir telur-------saya pakai ukuran sedang
4 cup tepung serbaguna
2 sdt baking soda
1 sdt garam
4 cup chocolate chip

Cara membuat :

  1. Panaskan oven dengan suhu 175'C.Campur butter,gula,vanilla dan telur dimangkuk besar mengunakan sendok kayu.Tambahkan tepung,baking soda dan garam sambil diayak.Tambahkan cokelat chip.Aduk rata.
  2. Sendokkan adonan dengan mengunakan sendok makan,betuk bulat .Taruh diloyang yang sudah bersemir margarin atau dialasi dengan silpat.Beri jarak  diantaranya.karena cookies akan mengembang sewaktu dipanggang.
  3. Oven 12-15 menit atau hingga cokelat terang.Biarkan dingin.Pindahkan ke rak kawat.


beri jarak diantaranya sekitar 5 cm,karena cookie akan mengembang




Ciri dari drop cookies(cookies yang dicetak memakai sendok) ketika sudah matang adalah bagian tepi-tepinya berwarna kecoklatan atau mengering.Segera keluarkan dari oven dan dinginkan.Memang sewaktu dikeluarkan bagian tengah mungkin belum mengeras tetapi nanti ketika sudah dingin akan mengeras dengan sendirinya.Untuk mencetaknya kemaren saya pakai scoop es krim.Besar-besar jadinya.Cocok buat bekal ataupun goodie bag yang dikemas individual.Jika menginginkan ukuran kecil bisa pakai sendok teh.



Masih ada sisa almond panggang,sisa dari orderan.Jadi saya tambahkan saja.Kira-kira 40 gr.Enakk banget cookies ini.Cocok buat lebaran juga.......Untuk 1/2 resep diatas hasil jadi sekitar 20-22 dengan memakai scoop es krim.Selamat menunaikan ibadah puasa......

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Halo mbak, saya fitri salam Kenal ya.
Woow cookies cantik bngettt.lembut smpi ngiler bangt ni bolak balik melototin fotonnya . Pengen sgera nyobain bener dech. Tp sebelumnya saya Tanya dulu ya mba, cookies ini buatnya mmang ga dikocok pake mixer sama skali ya mba?..ckup diaduk2 pake sendok kayu aja?..
Pake baking soda 2 sdt bikin trasa pahit dan bau sabun gitu ga ya mba pd kuenya?..
Klu boleh tau ini jenis cookies yg renyah dan garing atau yg chew/lembut didalam?.. trima kasih sebelumnya

Unknown mengatakan...

Hallo juga dan salam kenal mb Fitri.Alhamdulillah sudah bikin mb Fitri ngiler,hehehe.Berarti mau nyoba bikin doong.Iya mb Fitri cara bikinnya memang cuma diaduk-aduk saja pakai sendok kayu.Asal nyampur ya mb.Kalo ingin resep aslinya silakan meluncur ke link diatas.Resep-resep cookies dari luar yang sering saya baca memang seringnya cuma diaduk pake sendok kayu saja berbeda dengan resep cookies dari Indo.Fungsi baking soda disini untuk membuat cookies renyah mb.Jadi kalo takaran dikurangi atau dihilangkan sama sekali tidak akan mempengaruhi rasa dari cookies itu sendiri.InshaAlloh cookiesnya tidak pahit ataupun bau sabun.Kalo mb Fitri ragu pakai saja 1 sendok teh peres.Jenis cookiesnya renyah tapi tidak garing dan sedikit chew.Enaak sekali menurut kami.Favorit anak-anak saya dan suami.Semoga berkenan dengan penjelasan saya ya mb Fitri.Terima kasih sudah berkunjung.Ditunggu ya hasilnya.....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...