Jumat, September 06, 2013

Wedang Ronde


Minuman hangat dengan kuah air jahe ini adalah must item kuliner kalau kami pulang mudik ke Kediri,apalagi pas dingin cuacanya seperti sekarang ini.Isinya bulatan sebesar kelereng yang terbuat dari tepung ketan putih diisi dengan kacang tanah sangrai yang sudah ditumbuk halus dan dicampur dengan gula pasir,kolang-kaling yang diiris tipis,agar-agar yang dipotong dadu dan ditaburi kacang tanah sangrai....enak sekali.

Kalau disini tempat tinggal kami baru aja ada yang jual wedang ronde,tapi isinya cuma bulatan ketan aja.Gede-gede pula,ya cuma itu aja.Hehe dan yang penting lebih mahal dari yang di Kediri....hemmm mending bikin aja sendiri.Resep dari Sedap edisi kue tradisional.


Bahan:
 200 gr tepung ketan putih
25 gr tepung kanji
2 sdm air kapur sirih
2 sdm gula pasir
100 ml air hangat
pewarna merah dan hijau------saya tak pakai
Bahan isi:
100 gr ting-ting gepuk siap pakai
Bahan wedang:
1 liter air
225 gr gula pasir
150 gr jahe dikupas,memarkan------saya pakai 250 gr,supaya lebih'pedas'
5 lembar daun jeruk purut------saya subtitusi dengan 5lembar daun pandan
Cara membuat: 
  1. Rebus bahan wedang hingga mendidih,saring.Sisihkan.
  2. Aduk tepung ketan,tepung kanji,air kapur sirih,gula pasir,dan air hangat hingga kalis.
  3. Bagi menjadi 3 bagaian.Satu bagaian dibiarkan tanpa warna.Dua bagaian sisanya,masing-masing diberi warna merah dan hijau.
  4. Ambil sedikit adonan lalu bulatkan,isi dengan ting-ting gepuk.
  5. Rebus dalam air mendidih hingga terapung.Angkat bulatan yang sudah terapung lalu masukkan dalam larutan gula(wedang).

 
 Catatan:
  •  Ronde juga bisa disajikan dengan sirup gula merah,dapat dibuat dari campuran 1 liter air,200 gr gula merah,200gr jahe,dikupas dan dimemarkan,serta 2 lembar daun pandan.
  • Sengaja bulatan diatas tidak saya beri warna biar sesuai dengan aslinya,yaitu kalo di Kediri juga dibiarkan tanpa warna alias putih saja.
  • Untuk jahe sengaja saya tambahkan,karena jahe ditempat saya ukurannya besar-besar(kebanyakan jahe impor,rasanya kurang pedas).Kalau di Kediri ada jahe dengan ukuran kecil-kecil(lokal),lebih dikenal dengan sebutan jahe'emprit'rasanya pedes banget,jadi pakenya ngak usah banyak-banyak sudah pedas(aroma khas jahe).
  • Kalau susah mendapatkan ting-ting,bisa bikin sendiri isiannya.Yaitu dari kacang tanah kupas yang sudah disangrai dan dihaluskan dan dicampur dengan gula pasir.
  • Untuk pelengkap:kacang tanah sangrai untuk taburan,kolang-kaling rebus siap pakai yang dipotong tipis-tipis dan agar-agar warna merah dipotong dadu.



~idaaryo 2013~

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...