Jumat, September 06, 2013

Sayur Asem Jakarta


Sayur asem ini paling jarang hadir diantara sayur-sayur yang menjadi menu keluarga kami.Kenapa?saya kalau masak sayur ini suka aneh rasanya.....hehe....iya sih saya ngak pernah pakai penyedap apapun dalam memasak,ya alasan kesehatan juga.Makanya jarang banget saya bikin sayur asem.Kalau bikin sayur asem sebenarnya saya masih suka sayur asem ala ibu saya.Bening kuahnya,bumbunya cuma bawang putih yang dirajang tipis-tipis,laos digeprek,gula,garam,asem(hehe ibu seringnya pakai asem Jawa yang sudah mateng) trus sama beberapa cabai rawit utuh(supaya kalau kita pingin pedes tinggal digerus aja).....

Sukaaaa sekali dengan sayur asem yang seperti itu,beneran asli seger.Hehe tapi suami dan anak-anak kurang suka,tapi kalau pas kita dirumah ibu kenapa ya ngak suami,ngak anak-anak jadi lahap banget makan dengan sayur asem buatan ibu,padahal lauknya tempe goreng......

Back to sayur asem.....beberapa waktu yang lalu pas bongkar-bongkar(lebih tepatnya bersih-bersih)buku and majalah anak-anak ada keselip resep dari tabloid Nova(udah udzur banget nih,kertasnya aja sudah menguning).Cuma selembar pula kertasnya,ada resep sayur asemnya.

Bahan:
1 1/2 liter air
200 gr tetelan daging sapi------kalau kurang suka ada lemaknya bisa pakai daging
2 bonggol jagung,potong-potong
200 gr nangka muda,potong-potong------saya rebus dahulu
100 gr kacang tanah------saya rebus dahulu
7 helai kacang panjang,potong 3 cm
50 gr daun melinjo------saya tak pakai
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas,memarkan
5 buah belimbing sayur------saya tak pakai
2 buah asam buah------saya pakai 2 dengan ukuran sepanjang telunjuk
Haluskan:
 6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah
4 butir kemiri
1 sdt garam
gula pasir secukupnya
gula jawa secukupnya
Cara membuat:
  1.  Rebus air bersama tetelan daging sampai empuk.
  2. Masukkan bumbu halus,jagung,nangka,dan kacang tanah,masak sampai matang,masukkan daun salam,belimbing sayur(jika pakai),dan asam.
  3. Masukkan kacang panjang dan daun melinjo,aduk dan masak sampai matang.Angkat dan hidangkan.
Catatan :
  • Kalau saya tetelan saya rebus dahulu bersama jagung(saya pakai jagung biasa bukan jagung manis),saya rebus kurang lebih 1jam dengan api keciiiil.
  • Kemiri bisa digoreng atau disangrai lebih dahulu agar sayur asem tidak langu.
  • Jika suka rasa asem sekali bisa ditambahkan asam atau belimbing wuluh.
  • Sayur asem ini bener-bener recomended*2 thumb*



~idaaryo 2013~

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...