Jumat, September 06, 2013

Sagu Keju a.k.a Sake....

Ini kali ketiga saya bikin sagu keju,yang pertama sudah lamaaaa buanget....hehe....dan yang paling saya inget gatot alias gagal total.Dengan PD tingkat tinggi(waktu itu),saya langsung beli tepung sagu ditbk langganan(kiloan)langsung saja beli banyak(PD kalo langsung bikin dan pasti jadi...haha).Ternyata dan ternyata heuheuheu.....sagu keju saya mleber kemana-mana,dan parahnya ngak bisa dispuit sama sekali*nangis kenceeeng ceritanya....lebay dot com*

Teruuusss lama(ah ngak ingat sudah berapa tahun),kenal ama NCC and gabung ama milisnya....heuheuheu barulah disitu ketahuan dimana letak sotoynya saya.....ternyata kata bu Fat jangan pakai tepung sagu yang kiloan,pakai tepung sagu yang sudah dikemas.Tapi jangan sampai keliru dengan tepung tapioka ya...secara bentuk kemasan sih memang beti alias beda tipis.....kalau tepung sagu memang dihasilkan dari pohon sagu,jadi ingat pelajaran IPS waktu SD nih.Kan sagu makanan pokok saudara kita di Indonesia bagaian timur(Maluku paling banyak),sedangkan kalo tepung tapioka dihasilkan dari pohon singkong atau cassava.
Nah dari situ saya baru ngeh,o ternyata selama ini saya dodol banget(baru tau....haha)......Tepung sagu jangan lupa disangrai lebih dahulu agar kadar airnya berkurang,gunakan api kecil saat menyangrainya,beri beberapa lembar daun pandan,tunggu sampai daun pandan mengering.Angkat dan dinginkan (kurang lebih 15 menit).
Resep yang saya pakai adalah resepnya mbak Femmy(lupa nyatet URLnya)makasih ya mbak Femmy,resepnya cocok banget sama aku*hugs*

Bahan:
140gr butter------saya pakai yang salted
40 gr margarin
120gr gula halus------saya pakai gula pasir yang sudah dblender
2 btr kuning telur
3 sdm susu bubuk
130gr keju edam,parut halus(bila tidak mau nyangkut dispuit,blender kasar)
300gr sagu tani(ini sudah disangrai yaaaa....saya pakai merk ALINI)tambahkan 2-3 lembar daun pandan saat menyangrainya.
50-75ml santan instant +susu cair secukupnya------saya hanya pakai beberapa sdm,asal adonan bisa dengan mudah dispuit hentikan.

Cara membuat:
  1. Mikser butter,margarin dan gula halus kurang lebih 3-5 menit dengan speed rendah.
  2. Tambahkan kuning telur,kocok rata.
  3. Masukkan susu bubuk dan keju edam,aduk rata.
  4. Masukkan tepung sagu,aduk rata.
  5. Tambahkan campuran santan dan susu sampai adonan bisa dispuit.
  6. Cetak dengan spuit bintang.
  7. Panggang dengan api kecil 20-30 menit(suhu 130-150 derajat C)
Kan baru ketahuan letak salahnya,hehe...dan yang begitu pingin bikin sagu keju ini adalah review teman-teman dimilis pada bilang highly recommended dehhh.....tapi summpe sarummmpeee(istilah bu Fat ni)wuuuenak.....






~idaaryo 2013~

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...