Minggu, September 08, 2013

Putri Salju Kc.Mete


Saya paling jarang makan jenis cookies yang satu ini,hehe belum kenal aja dulu.Kan yang sering hadir kalo pas lebaran adalah cookies semprit(yang berbentuk seperti bunga mawar)....ya itu yang paling sering dibuat ibu kalo menjelang Lebaran.Itupun dulu sudah paling kereeeenn didesa kami....hehe

Nah ketika sudah mulai mengenal dunia perbakingan jadi banyak deh(ehh agak maksudnya...hehe) mengetahui jenis-jenis dan macam cookies.Salah satunya putri salju,tapi kalau dulu putri salju hanya terbuat dari campuran tepung terigu saja.Tapi sekarang banyak variasinya,mau pakai almond ground atau dari campuran kacang mete sangrai yang sudah dihaluskan pun juga sama-sama enaknya.
Sejak pertama kali saya coba bikin putri salju dengan campuran kacang mete sangrai yang sudah dihaluskan,ya ngak bisa pindah kelain hati(lain resep maksudnya).Takaran resep benar-benar pas.Terus terang ketika mencoba resep(for the 1st time)saya jarang sekali mengutak-atik yang namanya pakemnya resep,baru dehh kalo sudah beberapa kali bikin dan kira-kira ada yang kurang sesui dengan lidah keluarga saya baru saya utak-atik....hehe

Tapi untuk resep ini saya sudah tidak pernah eksperimen lagi,yaa karena sejak pertama kali saya launching(halah guayane haha*guaya is bussines*) untuk item jualan cookies saya, cust langsung cocok dan jatuh cinta.Resep dari buklet Lebaran majalah Femina(nahhh tahunnya juga sekitar 90-an gtu).

Bahan:
200 gr mentega tawar,bekukan,potong-potong
100 gr gula pasir halus------jika tidak ada bisa dari gula pasir yang dblender dahulu
200 gr kacang mete,sangrai,haluskan
250 gr tepung terigu
Taburan:
150 gr gula bubuk
1/2 sdt vanili bubuk------saya tak pakai
Cara membuat:
  • Kocok mentega dan gula sampai pucat.
  • Masukkan kacang mete halus dan tepung sedikit demi sedikit sambil aduk rata.
  • Bulatkan adonan dan simpan dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  • Bentuk setiap 1 atau 2 sdt adonan seperti bulan sabit.
  • Taruh diatas loyang datar beroles margarin.
  • Panggang dalam oven panas dengan suhu 160 derajat C selama 20 menit hingga matang.Angkat,biarkan dingin.
  • Gulingkan kue ke dalam taburan.

 

  Catatan:
  • Jika adonan masih sulit dibentuk,simpan lagi dilemari es kurang lebih 45 menit.
  • Jika merasa kesulitan membentuk dengan tangan bisa memakai cookies cutter yang berbentuk bulan sabit,dengan terlebih dahulu  adonan ditaburi dengan sedikit tepung terigu dan digilas diantara dua buah plastik.
  • Untuk penyajian didalam toples setelah digulingkan dibahan taburan dan ditata di dalam toples bisa diayak diatasnya dengan gula donat tipis-tipis.
  • Untuk variasi diatas bisa memakai almond bubuk ataupun kacang tanah dan kenari yang sudah disangrai terlebih dahulu dan dihaluskan.
 
 



~idaaryo 2013~

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...