Senin, September 16, 2013

Donat Kentang

Lama banget ngak pernah bikin donat.Apalagi yang namanya donat kentang.Dulu sekali pernah bikin,eh adonannya benyek banget.Padahal waktu itu yang namanya donat kentang sedang naik pamornya,naik daun gitu deh ceritanya.Ahh wakti itu pikir saya,pake tepung aja sudah enak kenapa sih harus pakai kentang segala...*dasar orang kuper ya*
Terus bikin lagi ternyata saya salah perlakuan....hehe kentang saya haluskan ketika sudah dingin,nah sudah ketebak kan gimana hasilnya"puree kentang saya"salah lagi.Belajar dari kesalahan akhirnya tau kalau kentang begitu selesai dikukus(panas-panas) langsung dihaluskan.Nahhh setelah itu tunggu dingin,baru siap dipakai.

Berhubung heavy dutynya agak rewel jadi sekarang-sekarang ini bawaanya males kalo bikin makanan yang berbau ragi instant(infact ngadonnya bisa lebih mudah pakai mikser roti).Jadi yaaa libur dulu.Ini pun bikin donatnya juga dalam rangka kangen ama homemade donat mama,begitu kata anak-anak.Untuk resep saya pakai(nyoba resep)mbak Widya Hidayat.Siapa sih yang ngak kenal ama beliau yang selalu bertangan dingin dengan karya-karyanya........

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang kukus,haluskan,dinginkan
100 gr gula pasir
75 gr mentega
1/2 sdt garam
4 btr kuning telur(widya:pakai 5 kuning telur karena kecil-kecil)
100 ml air dingin(widya:pakai 150 ml air)

Cara membuat:
  • Dalam wadah:Campur terigu,gula,susu bubuk,ragi,aduk rata.Masukkan kentang halus,tuang kuning telur dan air dingin,uleni hingga rata dan setengah kalis.
  • Beri mentega dan garam,uleni hingga elastis.Istirahatkan 15 menit.Bagi adonan masing-masing 50 gr(widya:40 gr) bulatkan.Diamkan 20 menit hingga mengembang.
  • Lubangi tengahnya,menjadi bentuk donat.
  • Segera goreng hingga kuning kecokelatan.



Untuk variasi topping bisa disesuaikan dengan selera,atau mengikuti saran mbak Widya:
  • Dusting gula(nahh kalo yang ini kesukaan kami,hehe selain sudah mati gaya)
  • DCC+Meises
  • Honey glaze
  • DCC+WCC
  • DCC
Catatan:
  • Biasanya sih kalo saya pakai heavy duty tinggal semua dimasukkan kecuali garam.Untuk air biasanya saya beri separuh dulu dari resep yang disarankan.
  • Karena ini ngadoninya pakai LG alias lengan gue stepnya saya ikuti sesuai resep.Cuma saya nguleninya tidak sampai elastis,cukup sampai kalis saja.Kan ini donat tidak perlu adonan harus elastis(jika ditarik/dibentangkan akan membentuk membran tipis yang tidak akan sobek apabila ditarik).Tapi juga jangan terlalu sebentar menguleninnya,karena adonan akan bantat kalau terlalu sebentar menguleninya.
  • Pemberian cairan bisa menyesuikan dengan kondisi tepung.Jika dirasa sudah kalis/tidak lengket ditangan,hentikan penambahan cairan.
  • Agar adonan tidak lengket dalam wadah/baskom,wadah tempat adonan bisa diolesi dulu dengan minyak goreng tipis-tipis.
  • Tutup adonan mengunakan lap bersih yang lembab supaya adonan tidak kering.
  • Waktu adoanan fermentasi sesuikan suhu dengan yang ada ditempat anda.Semakin hangat suhu sekitarnya semakin cepat pula waktu fermentasi.Karena tempat saya panaaasss(Bojonegoro kota minyak)jadi ya lebih singkat waktu fermentasinya.Dan jangan pula terlalu lama karena donat yang dihasilkan nanti akan terasa asam.
  • Kalo saya setelah adonan mengembang 2x lipat,tinju-tinju adonan agar udaranya keluar,kalau perlu keluarkan dari wadahnya dan tekan sampai tipis betul dengan rolling pin.
  • Setelah adonan dibagi-bagi saya diamkan 10 menit,lubangi tengahnya diamkan lagi 20 menit sampai mengembang dan siap di goreng.
  • Taburi loyang dengan tepung agar adonan setelah dibentuk tidak lengket.
  • Cara mengambil adonan yang siap digoreng adalah dengan cara mengangkat donat dibagaian salah satu sisi yang sudah dilubangi dengan mengunakan supit yang sudah terlebih dahulu dicelupkan diminyak goreng.
  • Untuk mengorengnya saya pakai minyak padat(deep frying).Jika anda sulit menemukan minyak padat dikota anda bisa pakai minyak goreng biasa atau minyak goreng biasa yang dicampur dengan mentega putih(shortening).Dengan perbandingan 1000 ml minyak goreng,mentega putih 100 gr.
  • Donatnya empukkk dan wangi.....^_^





~idaaryo 2013~

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...