Kamis, Maret 21, 2013

Nastar


NASTAR
Siapa sih yang tidak kenal dengan kelezatan cookies satu ini,aroma rempah dari cengkih yang digunakan sebagai garnis atau center dari cookiesnya sendiri  terlebih aroma dari batang kayu manis yang berasal dari selai nanasnya sendiri.....Cookies seperti ini sering hadir pada moment Lebaran Iedul Fitri(itu keluarga saya ya.....).....Tapi kalau di keluarga besar saya jarang sekali membuat cookies ini walau Lebaran sekalipun,alasan ibu saya terlalu njlimet kata beliau....yang gampang-gampang saja...he...he...ini kan juga gampang ibu'...Berhubung saya sudah menikah ingin cookies ini saya hadirkan ditengah keluarga kecil kami...ya memang agak ribet juga....tapi sebanding dengan rasa lezaaat dari cookies nastar ini^  ^
Dibawah ini adalah resep nastar yang biasa saya pakai....dan Alhamdulillah sudah berkali-kali saya menerima order nastar memakai resep ini.....
Nastar Keju
Source:Resep-resep KUE KERING TERBAIK FEMINA
Bahan
Selai
900 gr nanas kupas
150 gr gula pasir
4 butir cengkih-------bisa di skip jika tidak suka aroma cengkih
7 cm kayu manis

Kulit
150 gr mentega tawar
100 gr margarin
75 gr gula bubuk
1 kuning telur
1/4 sdt vanili bubuk
350 gr tepung terigu
50 gr keju edam/parmesan/cheddar,parut halus
1 kuning telur, untuk olesan
Selai :
  Parut nanas,masak bersama gula,cengkih dan kayu manis hingga mengental dan airnya habis,angkat dan dinginkan.
Kulit :
Kocok mentega,margarin dan gula dengan mikser berkecepatan sedang hingga putih,lembut dan menggembang.Tambahkan kuning telur(dengan speed rendah ya)dan vanili,kocok hingga rata.Matikan mikser.Masukkan tepung terigu secara bertahap,tambahkan keju,aduk rata dengan spatula.
Panaskan oven pada suhu 160 derajad C,olesi loyang kue kering dengan margarin.Siapkan cetakkan cookies kembang diameter 3 cm.Ambil sedikit adonan gilas diantara 2 lembar plastik hingga setebal 3mm.Cetak adonan dengan cetakkan yang sudah di siapkan.
Ambil 1 lembar adonan yang sudah dicetak,taruh 1/2 sdt selai ditengahnya secara memanjang.Lipat kedua sisi adonan hingga bertemu di tengah,rapatkan ujungnya agar berbentuk mirip terompet.Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.
Taruh adonan yang sudah dibentuk di atas loyang beri jarak 2 cm agar tidak saling melekat waktu kue dipanggang.Olesi permukaannya dengan kuning telur.
Masukkan loyang ke dalam oven,panggang hingga kuning kecoklatan(kurleb 20 menit)
Keluarkan kue dari oven,pindahkan ke atas rak kawat,biarkan dingin.
Untuk selai jika tidak menyukai aroma cengkih atau kayu manis bisa di skip dan bisa di ganti dengan daun pandan.
Untuk olesan,saya lebih suka hanya menggunakan kuning telur.....kue di masukkan ke dalam oven sampai kulit atasnya berminyak keluarkan lagi dari oven oles dengan bahan olesan,oven lagi sampai berwarna kuning keemasan.Di foto nastarnya kok bulat-bulat....he...he...iya soalnya saya ngak punya cetakkan bentuk bunga,jadi bisa di bentuk menurut selera......so Happy Baking ^_  ^
                                                                                                                                 


sukaaaaa dengan bentuk siluetnya.....so much^__^
Saya sukaaaaa.....dengan hasil fotonya(kameranya juga...muuuuahhh)foto ini di cetak pada tahun 2002
masih ingat bener di ajari suami'take picture'pakai kamera ini....ya seperti ini hasilnya jauh banget dari kata
bagus apalagi sempurna(in my dreammmm^_^).....so far saya suka,hasil jepretan sendiri.Nastar yang saya bikin diatas full butter.Baru pertama-tama belajar bikin cookies(maksud hati buat di cemil sendiri).
Ehhhhhhhh......trus ada yang mau pesen,ya hajar bleh aja..ha..ha....kan kesempatan tidak akan datang 2x......
Rasanya enaaak banget.....iya baru pertama bikin nastar buatan sendiri,eh ngak juga di bantu suami dong.....

Begitu masuk mulut langsung lumer....masih ingat juga teman-teman kantor suami pada indent semua pesennya......Ahhhh sweet memori bener dahhhh.....


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...