Senin, Maret 25, 2013

Cara Bikang

 




Beberapa minggu yang lalu anak-anak saya ingin di buatkan kue,saya tanya kue apa.....kue yang seperti Uti bikin Ma.....lha banyak kue yang di bikin oleh ibu saya...ha...ha....ya kebanyakkan memang kue-kue tradisional.Biasanya kalau kita mudik ke rumah orang tua saya sering kali ibu saya,neneknya anak-anak saya membuatkan penganana atau jajanan untuk cucu-cucunya.....ya anak-menantunya juga sihh....he...he
Mulai dari sekedar singkong rebus,kolak singkong,lemet atau bahkan  gethuk .Cucu-cucunya termasuk putra-putra saya senangnya bukan main,sampai-sampai anak saya yang nomer 3  punya kegemaran makan singkong rebus bahkan dia juga talas kukus^__^hebat kan.....
Secara tidak sengaja hari Sabtu kemaren saya buka-buka webnya NCC.....nahhhh kebetulan ada putra saya yang nomer 2,langsung dia menunjuk"nah bikin yang itu Ma"ha..ha...oalah ini namanya bikang (kalo di daerah kelahiran saya,Kediri nyebutnya hanya bikang saja)nak.....wah ketahuan selama ini emaknya jarang mengenalkan dengan makanan tradisional......ah ngak juga kadang beli rasanya ndak karu-karuan atau kalau tidak soal rasa ya ada pemanis buatan...duhhhhh
Setelah baca resepnya,saya sanggupi nanti hari Senin saja ya nak(hari minggu kebetulan kami ada acara).....wah kebeneran sama buat ta'jil buat buka puasa.....
Selepas jemput si mas yang nomer 3 kita  ke pasar.....daaaaannnn parkiran penuh banget banyak mobil pick up bongkar muatan,setelah muter-muter kok ngak ada tanda-tanda pak parkir ngasih tempat parkir.Ya sudah ngak jadi acara ke pasarnya,si kecil juga sedang tidur pulas di sebelah saya.....curcol,saya jadi the transporter^__^

Akhirya,saya janjikan setelah sholat dhuhur aja ya nak bikin tapi beli santan instan saja ya di toko sebelah rumah.Saya,buat air gulanya dulu sambil nunggu dingin saya tinggal sholat dan nyuapi si mas yang nomer 3(mas Rama) dan si bungsu(dd Nuh).....tugas nyuapi selesai,ternyata air gulanya sudah dingin(begitu gula larut saya angkat dari kompor,langsung panci saya taruh di tempat yang lebih besar yang sudah saya isi dengan air dingin terlebih dahulu.Dengan tujuan agar air gula cepat dingin)

Resep yang saya gunakan,resepnya NCC...persis tidak ada yang saya ubah-ubah,ikuti instruksi resep dengan baik.InsyaALLAH hasilnya memuaskan............

Cara Bikang

Bahan      :
450 gr tepung beras------>saya  pakai Rose brand
250 ml air
300 gr gula pasir
600 ml santan panas------>saya pakai 3 buah santan instant 65ml,yang saya encerkan dengan air hangat hingga 650 ml
1 sdt garam
5 lembar daun pandan------>saya tambah sendiri agar wangi

Cara membuat      : 
  1. Masak gula pasir dan air hingga gula larut,dinginkan.
  2. Taruh tepung beras dalam wadah,lalu tuangi air gula,aduk hingga rata(menggunakan mikser speed rendah) .Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil terus di aduk dan di tepuk-tepuk selama kurleb 30 menit(dapat menggunakan mikser kecepatan sedang).
  3. Ambil sedikit adonan,bagi-bagi beri warna sesuka hati.
  4. Panaskan cetakkan,polesi minyak tipis saja.Tuang adonan 3/4 penuh.Beri adonan warna masing-masing 1 sdt.Biarkan matang dan berlubang-lubang,angkat dengan cara mencungkit bagaian bawah sedemikian rupa sehingga cara bikang mekar terbalik.
Alhamdulillah dari resep diatas jadi sekitar 14 biji cara  bikang,sekelian ini saya jadikan untuk laporan event JTIW-NCC.....di terima ya dearest host*TAH*ya fotonya memang alka alias ala kadarnya,kameranya lagi*ngambek-mbek*jadi pakai kamera smart phone....sudah sore jadi ngak begitu dapat cahaya matahari yang bagus.Tapi jujur saya akui cara bikang ini nyerat banget.......


Tips      :
  • Gunakan santan dari kelapa yang sudah tua(kulit ari berwarna kehitaman),parut lalu peras menggunakkan air hangat.Kelapa segar selain memberi aroma gurih yang tak bisa tergantikan juga bisa menghasilkan minyak(dalam arti,kue seperti cara bikang misalnya atau kue pukis pasti tidak akan lengket di cetakkannya karena minyak yang di hasilkan dari santan tadi)
  • Untuk resep di atas saya memang buru-buru akhirnya memakai santan instan,nah waktu sudah matang agak susah juga di lepas dari cetakkanya.
  • Ikuti dengan benar petunjuk dari resep.
 

Untuk pewarna sebenarnya bagus mengunakan pewarna alami,warna hijau bisa di dapatkan dari daun pandan suji yang di tumbuk(di blender) bersama daun pandan wangi.Berhubung di tempat saya sulit mendapatkan daun pandan suji saya mengunakan pasta pandan(saya juga pas tidak punya pewarna makanan hijau)......foto di atas gelap,sudah sore soalnya jadi minim cahaya matahari......nahhh mulai keliatan muncul lubangnya kan^_^



Horeeeeee.........dapat badge yang resmi dipasang diblog.......thank's a lot trio TAH ^_^....mbak Tantri,mbak Agnes dan mbak Hanny......hug...hug.....Walaupun dengan foto yang pas-pasan ya mbak^__^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...