Sabtu, Maret 23, 2013

Brownies Roll

BROWNIES ROLL



Sebenarnya sudah lama ingin buat menu baru.....menu jualan maksudnys...he..he...he...duhh kapan ya trial and errornya....kan namanya resep baru harus di coba bakule dulu......saya sih jualan apa yang anak-anak saya suka......niatan dulu ingin buat jajanan home made buat anak-anak agar tidak suka jajan sembarangan,terlebih putra sulung saya tenggorokannya agak sensitif terhadap jajanan yang mengandung msg.......Nah berangkat dari hal tersebut saya coba mereka-reka makanan apa yang kira-kira dia suka.......dan kebetualan dia sudah memasuki usia pra-sekolah.....dan karena ada peraturan juga dari sekolah bahwa di larang  hmembawa uang saku.....bekal dari rumah yang saya bawakan untuk dia sekolah ya hasil dari trial and error....Alhamdulilah banyak suksesnya dari pada errornya....he..he.....
Menunya tiap hari saya ganti,supaya dia tidak gampang bosan ...mulai dari koleksi resep majalah,tabloid sampai buku resep dari toko buku bahkan hasil nanya ke neneknya anak-anak.....mulai dari menu yang sederhana sampai menu yang agak ribet......biasanya malamnya saya tanya,besok mau bawa bekal apa ke sekolah......kadang kalo dia nyebutin kue A misalnya,ya mama ngak punya bahannya mas(panggilan saya untuk dia karena dia anak sulung)......bargaining dulu ama dia,soalnya kalo udah A ya maunya tetep A.....ha...ha...ha....kalo ternyata dia suka besoknya biasanya menunya dia minta di ulang lagi......Ya mungkin daari situ juga gurunya di sekolah sering melihat isi kotak bekal sulung saya jadi pingin nyicipi kue buatan saya.......Alhamdulillah rezeki ngak ke mana.......mulai lah ada customer....Karena waktu itu saya masih kerja kantoran,biasanya kalo ada pesanan saya minta pas weekend aja......ya kalo memang terpaksa ngak bisa weekend saya minta maksimal 3hari sebelumnya sudah order.......kan bahan-bahannya saya tidak selalu ada(nyetok)jadi bahan yang ada di rumah ya sesuai order yang saya terima.......Dan resep brownies roll berikut juga salah satu kegemaran putra-putra saya........pertama mau nyoba resep ini antara ya dan tidak.....males gitu pake nggulung-nggulung....he...he......ribet.......akhirnya saya niati juga.....gimana mau tau hasilnya bagus apa ngak kalo ngak di coba dulu......ya ngaaakkkk

Resep ini adalah hasil googling,lupa di blognya siapa tapi yang jelas saya terima kasih sama beliau......dari resep ini Alhamdulillah sudah berkali-kali dapat order datang bahkan sampai repeat order...
Berikut resepnya........

BROWNIES ROLL
Bahan    :
6butir telur ukuran besar
225 gr gula pasir
1/2 sdt emulsifier
1/4 sdt garam
1 sdt vanili
125 gr tepung terigu protein sedang
50 gr cokelat bubuk
125 ml minyak goreng
50 gr margarin/butter
100 gr DCC,cincang
1/4 sdt baking powder----saya tambah sendiri
Filling   :
Selai blueberry
Loyang   :
2 buah  loyang ukuran 28x28x3 cm atau 30x30x3 cm
Cara membuat      :
  1. Lelehkan margarin/butter,matikan api.Masukkan DCC cincang berikut minyak goreng.Sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu,cokelat bubuk,baking powder.Sisihkan.
  3. Kocok telur,gula dan garam hingga naik tambahkan emulsifier,kocok sampai kental berjejak.
  4. Masukkan campuran tepung terigu(speed rendah dengan mikser)sampai habis.
  5. Masukkan campuran DCC leleh,aduk balik.
  6. Tuang dalam loyang yang sudah diolesi dengan margarin,alasi dengan kertas roti olesi lagi dengan margarin.
  7. Kukus dalam dandang yang sudah di panaskan terlebih dahulu selama 12 menit
  8. Keluarkan dari dalam dandang,segera lepaskan dari loyang taruh dalam rak kawat yang sudah di alasi dengan kertas roti gulung dalam keadaan panas.Biarkan hingga beberapa saat,buka kertas gulungan agar cake agak dingin.
  9. Buka gulungan cake pelan-pelan,olesi dengan selai gulung lagi dan kencangkan agar cake memadat.
Kalau saya pada foto di atas untuk fillingnya memakai butter cream(sesuai permintaan customer),karena itu cake harus ditunggu benar-benar sampai agak dingin.Nanti kalau panas-panas diisi butter cream kan leleh....
Filling selai blueberry bisa juga diisikan ketika cake masih panas.Tidak hanya selai blueberry saja yang bisa digunakan,selai apa saja juga bisa tergantung dengan selera kita.



Gulung cake ketika masih dalam keadaan panas,ketika cake keadaannya masih lentur dan elastis.Gunakan api sedang agar hasil cake tidak bergelombang.Hal ini juga berlaku untuk jenis cake kukus lainnya.^_^


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...