Minggu, Maret 31, 2013

Bolen Pisang




Siapa sih yang tidak kenal dengan kelezatan kue yang satu ini.Ya Bolen Bandung....dengan kulit yang berlapis-lapis dan dengan rasa yang gurih khas butter tiada yang sanggup menolaknya^_^
Dough atau adonan kulit bolen ini ada 2 versi yang satu memakai lemak lipat atau lebih di kenal dengan korsvet atau dengan tehnik adonan A dan adonan B(masing-masing adonan terbuat dari terigu)hanya tingkat kelembekkan adonan saja yang membedakannya........

Kalau saya sendiri lebih suka dengan cara yang pertama yaitu memakai lemak lipat,walau harus*big effort*bikinnya.Pilih lemak lipat kwalitas bagus supaya tidak ngendal dimulut ketika dimakan.Membuat pastry memang di perlukan kesabaran dan ketelatenan.Gilas adonan jangan terlalu di tekan,satu arah saja dan jangan bolak-balik.Istirahatkan adonan agar korsvet bisa menyatu dengan adonan.Diistirahatkan juga agar korsvet tidak pecah/bocor.Jika hal ini terjadi segera'tambal'dengan adonan,supaya hasil pastry tidak keras/seperti bantat.

Loyang untuk pastry tidak perlu dioles dengan margarin/mentega,karena nanti saat adonan di oven sudah banyak sekali minyak yang keluar dari adonan(istilahnya seperti di goreng)
Cukup olesi loyang dengan air dengan cara di kuas.Gunakan tepung protein tinggi agar saat adonan di oven bisa mekar sempurna.Panas oven kurang lebih antara 190-200 derajad celcius(jika mengunakan otang,kenali
oven dulu)karena semakin sering kita baking pasti kita akan mengetahui berapa saja temperatur yang diinginkan resep.

Di banding dengan pastry jadi(ada di SPM)jadi kita tinggal gilas,bentuk oven jadi dehh.Kalau bikin sendiri doughnya memang repot tapi selama ini saya puas dengan hasilnya.

Berikut resep yang biasa saya pakai,entah ini sudah patokkan(ngak tau dari mana???)tapi setiap ada yang share resep pastry selalu resep yang seperti ini yang di berikan.Tapi resep yang saya share ini dari Femina magazine.......


ADONAN DASAR PUFF PASTRY
Untuk  1,50 kg


BAHAN      :
500 gr tepung terigu protein tinggi
11/2 sdm gula pasir
1 sdm garam------>peres
50 gr mentega/margarin
250 ml air es
250 gr pastry margarin------>saya pakai GOLD BULLION

CARA MEMBUAT      :
  • Aduk tepung,gula,garam,dan mentega hingga rata.Tuangi air es,adukhingga rata dan lembut(3/4 kalis).Tutup plastik,simpan dalam lemari pendingin selama 30 menit.Sisihkan.
  • Gilas pastry margarine hingga pipih.Sisihkan.
  • Gilas adonan membentuk segi empat panjang dengan tebal 1 cm.Letakkan pastry margarine yang sudah digilas di tengah adonan.Lipat adonan hingga pastry margarine terbungkus rapat oleh adonan.
  • Gilas hingga setebal 1 cm,lakukan lipatan tunggal**Adonan dilipat dari arah kiri dan kanan ke bagaian tengah sehingga terbentuk 3 lapisan.Gilas kembali adonan hingga ketebalan 1 cm.Ulangi lipatan tunggal.Bungkus dengan plastik,simpan selama 15 menit dalam lemari pendingin.
  • Gilas kembali adonan hingga ketebalan 1 cm,lakukan lipatan tunggal sebanyak 2 kali.Bungkus adonan dengan plastik.Simpan dalam lemari pendingin selama 30 menit.
  • Gilas adonan setebal 2 mm.Cetak sesuai resep.
Untuk bolen pisang diatas resep kulit pastrynya saya juga memakai dari femina seperti yang saya resepkan barusan......untuk resep diatas jadi kurleb 30 buah bolen pisang.

Pisang yang saya pakai adalah pisang raja,yang terlebih dahulu di kukus.Setelah dingin potong jadi 2.Setelah di gilas dengan ketebalan 2 mm,potong-potong kulit pastry dengan ukuran 8x8 cm.Tata potongan pisang,lipat rapi di bagaian bawah.Susun di loyang 24x24x4 cm.Oles dengan kuning telur ulangi 2x lagi olesannya.Oven dengan suhu kurleb 30 menit sampai matang.



 
Ada beberapa hal yang perlu diingat dalam pembuatan pastry home made antara lain 
  • Mengaduk adonan tidak bleh sampai elastis.Cukup sampai kalis saja.
  • Saat menggiling adonan,jangan lakukan terlalu keras.Agar korsvet tidak pecah.
  • Pukul-puku korsvet sebelum digunakan agar lembut hingga kita tidak perlu menggilingnya keras-keras.
  • Kekerasan adonan dan kekerasan korsvet harus sama supaya kalau digiling mudah menyatu.
  • Loyang untuk puff pastry tidak perlu dioles margarin.
  • Mengoles kuning telur cukup di permukaan kue.Jaga agar jangan sampai mengenai pinggir kue supaya kue merekah sempurna.
  • Mengoven puff pastry harus betul-betul panas.Karena itu jangan sering-sering membuka tutup pintu oven.
 Resep kulit pastry diatas selain di buat bolen pisang,bisa juga di buat pastry dengan aneka isi.Jadi silahkan berkreasi dengan aneka jenis isi pastry yang manis maupun yang gurih menurut selera masing-masing^_^

3 komentar:

Unknown mengatakan...

ijin copy bund

Unknown mengatakan...

sangat membantu saya yg lagi belajar membuat bolen,ijin copy ya bun

Unknown mengatakan...

Silahkan mb Wirya Mandala,maaf baru bisa balas.Dengan senang hati.Semoga bermanfaat ya mb

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...