Senin, Maret 25, 2013

Cheese Cake





Say it with cheese cake..........halah kok jadi lebay^_^...ha....ha....ha....ya ngak apa-apa kan emang cheese lover......Sudah sekian lamanya siCheese cake ini booming baru sekarang-sekarang ini aja bikin,itu pun gara-gara ada customer minta di buatkan cheese cake.....hasil googling akhirnya ketemu resep Japanese Cheese Cakenya"Diana's Dessert",setelah klik di google kebetulan lihat di blog Ordinary Kitchen sama juga......sebenarnya saya juga ada resep Japanese Cheese Cake punya Yasaboga.Tapi saya tidak ingin ada bagaian kuning telur atau putih telurnya tersisa.Terlebih lagi kalau memakai resep dari Yasaboga memakai whip cream cair,nah itu yang sulit sekali di temukan di kota tempat saya tinggal.Maklum kota kecil....ada sih whip cream bubuk,tapi eman mau buka kemasan whip cream bubuk kan perlunya hanya sedikit.....uhhhh dasar pemalas...pelit lagi....ha....ha....ha
Sebelumnya juga beliau yang minta di buatkan cheese cake ini"wanti-wanti"jangan terlalu manteg kejunya.....wah cocok dengan si Japanese ini^__^
 Kebetulan juga persediaan cream cheesenya juga ada.Type Japanese Cheese Cake ini memang beda dengan New York Cheese Cake yang cenderung manteg rasa kejunya,saya punya resepnya yang kebetulan bukunya terbitan luar.Di situ ada resep NY CC......ck....ck...ck CCnya bener-bener 1kg.Wuuuuuuihhhh....pasti ketendang dengan rasa kejunya dan super eneg rasanya(menurut saya).Beliau juga ingin kalo si JCCnya di kemas secara individual(cup).....liat-liat stok,kebetulan(kok pas ya..he..he) juga ada....wis langsung mulai kerja....sret-sret ^__^ini dia resepnya,sama kok dengan punya ordinary kitchen


Bahan    :
60 gr tepung terigu
20 gr tepung maizena
50 gr butter----saya pakai salted butter
250 gr cream cheese suhu ruang
100 ml susu cair----saya pakai Ultra
6 kuning telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon----saya pakai 1 jeruk lemon besar
6 putih telur
140 gr gula pasir halus
1/4 sdt garam
1 sdm air jeruk lemon

Cara membuat    :
  1. Siapkan loyang bulat ukuran 20 cm atau 22 cm.Alasi dengan kertas roti.Olesi dengan mentega.Sisihkan.Panaskan oven dengan suhu 150 derajat C.
  2. Campur dan ayak terigu dan maizena.Sisihkan.
  3. Campur butter,cream cheese dan susu cair.Panaskan diatas api kecil(kecil sekali ya) sambil diaduk rata,sampai leleh.Gak usah terlalu lama ya,asal sudah leleh dan tercampur rata.Angkat.
  4. Masukkan campuran terigu dan maizena(dengan whisk).Aduk rata.Masukkan kuning telur.Aduk rata.Masukkan parutan kulit jeruk lemon.Aduk rata.Sisihkan.
  5. Kocok putih telur hingga berbusa,masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus di kocok sampai putih telur mengembang dan membentuk kerucut tumpul ketika mikser di angkat(soft peak)----kocok dengan speed 2 ya
  6. Tuang 1/3 adonan putih telur ke dalam adonan cream cheese,aduk rata.Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur(tehnik pancingan),aduk rata sampai homogen.Tuang adonan ke loyang,panggang dengan cara au bain marie(stem bake/memanggan dengan menggunakan loyang yang berisi air)selama kurleb 75 menit atau sampai permukaan cake menjadi kuning atau cokelat keemasan(tergantung oven masing-masing).Keluarkan dari oven.
  7. Setelah benar-benar dingin,lepaskan cake dari loyang.Kelupas perlahan kertas rotinya.Siap disajikan dengan olesan glaze di atasnya atau di beri topping sesuai selera. 
Glaze    :
  • 2 sdm selai apricot/strawberry/blueberry
  • 2 sdm air matang
Panaskan selai dan air,aduk rata.Oles keatas cake.
Untuk cetakan seperti saya sebutkan di atas saya memakai cetakan individual dari aluminium foil,1 resep di atas jadi 10 cups....lama memanggang 90 menit(saya pakai otang) trus untuk glaze beliau minta blueberry jam.....Alhamdulillah beliau sukaaaa dengan JCCnya dan nanti akan order lagi^_^....
            Lha yang untuk customer lupa di foto,udah keburu di ambil(beliau ke rumah lebih awal 30 menit dari janji beliau)....agak kelabakan juga.Mana si mas yang nomer 3 ngak rela cakenya di bawa(saya janji,besok mama bikinin dehh)akhirnya dia ngak jadi ngambek...he...he...besoknya beneran saya bikinkan,nah fotonya sederhana saja ngak macem-macem kan untuk di makan sendiri......si mas seneeeengnya......he is cheese lover^_^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...