Rabu, Maret 27, 2013

Brownies Kukus





Booming Brownies kukus sudah lama ya,sudah beberapa tahun yang lalu tapi masih tetap melegenda.Dan bermacam-macam resep juga bersliweran baik me
dia cetak atau elektronik.Mulai dari yang memakai cokelat segambreng sampai less cokelat alias sama sekali tidak memakai cokelat.Baik cokelat batangan ataupun cokelat bubuk.Warna cokelat terkadang di dapat dari pemakaian pasta cokelat atau warna cokelat dari susu kental manis.


Kalau hal itu menurut saya sah-sah saja mau memakai resep yang mana,kembali kepada selera masing-masing.Begitu bronkus,demikian kebanyakan orang menyebut.....ringkas dan tidak panjang-panjang kalimatnya.Brownies kukus ini sendiri di populerkan secara tidak sengaja oleh ibu Sumi Wilujeng.Beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang mempunya iusaha catering,berawal dari sini beliau juga melayani snack box.Dari snack box tersebut beliau kadang-kadang menyisipkan cake cokelat kukus ini(untuk varian snack box beliau).

Ternyata dari sekedar varian banyak yang menyukai kue cokelat kukus buatan beliau ini.Mulailah beliau bereksperimen agar di dapatkan rasa yang pas.Dan mulailah beliau menjual dalam bentuk 1loyang utuh,bukan lagi berupa potongan.Dari hanya beberapa loyang dan akhirnya sampai ratusan loyang...
Resep brownies kukus saya sendiri saya dapat dari sebuah  tabloid SAJI,saya lupa tahun berapa yang jelas sudah lama sekali.Beberapa waktu yang lalu di milis NCC sempat di bicarakan mengenai tekstue dari brownies kukus.Kalau saya brownis kukus cenderung spongi daripada brownies panggang.Lha memang dasar dari brownies kukus sendiri adalah cake kukus.

Berbeda dengan brownies panggang yang cenderung padat.Kalau orang yang fanatik dengan cake spongi di beri brownies panggang pasti bilang ini cake bantet.Padahal bantet dengan padet jelas sekali berbeda.Ya itulah orang Indonesia......^__^

Brownies panggang sendiri kan di adaptasi dari luar,sedangkan mana ada di luar negeri brownies kukus....he...he....orang Indonesia memang hebat-hebat dan kreatif lagi.....Jumlah komposisi cokelat dalam adonan brownies kukus ini tidak sebanyak pada brownies panggang.Kalau mau berkreasi dengan resep juga boleh-boleh saja......

Brownies Kukus
Source      :Tabloid Saji
Modified    Yoevvy

Bahan       :
5 butir telur
150 gr gula pasir halus
80 gr tepung terigu protein sedang
35 gr cokelat bubuk------>saya pakai cokelat bubuk Bensdrop
10 gr susu bubuk full cream
5 gr tepung maizena
75 gr DCC cincang-------->saya pakai dark Collata
100 gr butter/margarin
1 sdt pasta cokelat
50 gr cokelat beras leleh
1sdt emulsifier
1/4 sdt baking powder

Cara Membuat      :
  1. Siapkan loyang ukuran 10x30x4 cm,olesi margarin tipis-tipis alasi dengan kertas roti bagaian bawah dan samping.Olesi lagi kertas roti dengan margarin.Sisihkan.
  2. Ayak bersama,tepung,cokelat bubuk,susu bubuk ,maizena dan baking powder.Sisihkan.
  3. Lelehkan butter/margarin,matikan api.Masukkan cokelat cincang.Tambahkan pasta cokelat.Aduk rata.Sisihkan.
  4. Dalam wadah kocok telur dan gula pasir berserta emulsifier.Kocok hingga kental berjejak.
  5. Masukkan campuran tepung secara bertahap.Bisa pakai speed paling rendah.
  6. Masukkan cokelat leleh,aduk balik jangan sampai ada campuran cokelat leleh yang mengendap di dasar(bisa bantat).
  7. Tuang setengah adonan ke dalam loyang,kukus di dalam dandang yang sudah terlebih dahulu di panaskan.Kukus selama 10 menit dengan api sedang.
  8. Angkat loyang dari dandang taburi dengan cokelat beras leleh.Tuang sisa adonan ke dalam loyang.Kukus kembali selama 20 menit.
  9. Angkat.Biarkan uap panasnya hilang.Setelah agak dingin keluarkan dari dalam  loyang,taruh di wire rak.Biarkan hingga dingin.
  10. Potong.Sajikan.
*Happy    Baking*

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...