Selasa, April 19, 2016

Telur Bumbu Bali





Assalamu'alaikum.......

Pendapat teman-teman mungkin akan sama dengan saya.Bahwa menu simpel kala pagi hari yang memenuhi asupan gizi salah satunya adalah telur.Dimasak apa ? Pasti jawabanya adalah diceplok sama didadar.Berarti jawabannya idem dengan saya.Selain sangat simpel juga umur simpan telur relatif lebih lama jika dibandingkan dengan tahu maupun tempe.Tetapi meskipun demikian tetap saja konsumsi telur harus dibatasi.Terutama yang intoleransi terhadap jenis protein hewani satu ini.Anak saya yang bungsu pengemar berat menu telur.Sampai-sampai harus main petak umpet menyembunyikan si telur.Maunya tiap hari makan dengan lauk telur.Kegemarannya cuma satu,telur ceplok.

Sampai dia hafal dimana pos-pos saya menyembunyikan telur,hehehe.....Untungnya saja dia bukan anak dengan picky eater type.Selain telur kegemaran salah satu lauknya lagi adalah tahu.Sebenarnya dia gampang banget maemnya,tapi ya itu maunya ceplok telur dan ceplok telur lagi.Seperti halnya menu telur bumbu bali ini.Atau lebih familiar dengan sebutan bali telur.Eh bumbu bali ini sebenarnya dari mana ya asalnya? Bali ? Bukaaan,ada yang bilang diBali sana ngak ada yang disebut bumbu bali.Yaaa ngehitssnya di Jawa saja yang namanya bumbu bali ini.Mau ikan,telur ataupun daging bisa dibumbu bali semua.Rasa yang dominan dari bumbu bali ini adalah,pedes (hal ini bisa disesuaikan dengan selera) ,manis samar (seperti umunya masakan khas Jawa).

Yang paling saya sukai,masakan bumbu bali ini bisa disiapkan/dimasak malam hari.Jadi paginya siap dibuat sarapan,karena tinggal diangetin saja,Atau kalo tidak habis hari itu juga,bisa disimpan dan diangetin buat keesokan harinya lagi.Yaaaa meskipun pada akhirnya berurusan dengan yang namanya radikal bebas (karena masakan dipanasi berulang kali),.....hehehehe.....Bali telur yang saya buat paling sering saya beri campuran tahu yang saya goreng setengah matang.Lebih afdol rasanya jika pakai tahu setengah matang.Rasanya memang itulah jodohnya,telur dan tahu.Bali telur ini juga salah satu favorit suami dan anak saya yang sulung.Makannya bisa nambah-nambah terus,hehehe.....


TELUR BUMBU BALI

Bahan    :

  • 6 butir telur ayam,rebus,kupas
  • 10 buah tahu putih,ukuran 4x4 cm
  • 2 lembar dau jeruk,buang tulang daunnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 1/2 sdm bawang putih goreng
  • 100 ml air kaldu
Bumbu halus   :
  • 15 buah cabai merah
  • 7 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi matang/goreng
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm gula merah sisir
Cara membuat   :
  1. Panaskan minyak goreng,goreng telur hingga permukaanya kecokelatan.
  2. Goreng tahu hingga sedikit berkulit/setengah matang,sisihkan.
  3. Panaskan 2 sdm minyak sisa menggoreng telur dan tahu,tumis bumbu halus hingga harum,masukkan daun jeruk,bawang merah goreng dan bawang putih goreng.Tumis bumbu hingga benar-benar matang dan berbau harum (bumbu agak mengering).
  4. Masukkan 50 ml air kaldu,tunggu sampai mendidih,masukkan tahu dan telur.Aduk-aduk hingga tahu dan telur tersalut rata oleh bumbu. 
  5. Tuangkan kecap manis dan sisa air kaldu.Tes rasa (pedas dan sedikit/semburat manis serta sedikit gurih)
  6. Biarkan hingga kuah mengental.
  7. Angkat.Sajikan.
Lauk simpel dan lezat.Bumbu bali diatas bisa diganti sesuai selera mengenai isianya.Bisa ayam,daging sapi,ikan (jika pakai ikan tambahkan 4 cm jahe kupas dan geprek) ataupun jerohan ayam.Hemmm enak banget kalo jerohan ayam (kampung )




Happy cooking all,semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...