Sabtu, April 16, 2016

Talam Jagung Manis (Gluten Free)




Assalamu'alaikum.......
Apa kabar semua? Semoga sehat selalu dan senantiasa dalam lindungan Allah Subhanahuwata'ala .......Amiin....
Frekuensi saya untuk ngeblog semakin lama semakin berkurang saja.Bukan kena sindrom blogging blue ataupun baking blue,hanya saja sekarang rasanya cari waktu luang masih belum memungkinkan.Pekerjaan domestik ataupun pekerjaan diluar rasanya belum sepenuhnya bisa didelegasikan ke yang namanya mb asisten.Makanya untuk sementara toko kuenya juga tutup dulu.Dan akhirnya merembet ke urusan potret-potret juga.


Kembali ke soal pic diatas.Foto diatas memang gagal fokus tapi saya yakin teman-teman tidak akan gagal paham (endingnya tetep aja maksa ngerti/paham)...hehehe.Atau ahhh abaikan pic yang memang gagal(baca : salah fokes).Talam ini saya buat sudah lama,kalo tidak salah sebulanan yang lalu atau bahkan lebih.Wahhh lama sekali dong ya,masa'masih ingat sama rasa dan resepnya? Hehehe....... kalo untuk urusan rasa emmm masih ingat lahh, kalo untuk resep saya catat dengan rapi dibuku kecil saya.Talam jagung manis ini sengaja saya buat untuk variasi cemilan anak-anak dirumah,supaya cemilan mereka tidak melulu yang bergluten.Selain itu keempat buah hati saya kurang suka dengan namanya jagung manis.Jadi jagung manisnya mesti disulap dalam tampilan lain.Pilihan saya tidak salah,yaitu bikin kue talam. Dan anak-anak Alhamdulillah suka banget.Anak saya yang nomer 3 malahan dibikin bekal kesekolah(saya bikinnya malam hari sudah larut banget,jadi setelah matang saya dinginkan dan agak suam kuku saya masukkan kulkas).Sampai Ayahnya pun bawa 2 slice untuk bekal kekantor.Sebenarnya ketika prepare bahan-bahan untuk kue talam saya ingin mencetaknya secara individual dalam cetakan cucing keramik yang saya miliki.Tapi lupa naruh dikotak yang mana.Gara-gara mau pindahan ada beberapa barang yang memang sudah kami packing rapi,jadi kalo bongkar-bongkar lagi suka males.Akhirnya pakai loyang bulat aja.Sudah lama juga tidak merasakan kue talam.Kangen rasanya.Resep hasil create saya sendiri.Hasil googling dari beberapa resep talam yang pernah saya buat.Untuk warna kuningnya memang samar atau malu-malu.Karena memang saya tidak menambahkan pewarna makanan sedikitpun.Atau penambahan telur dalam adonan talam.Sama sekali tidak.Jadi asli dari warna jagungnya.Kalo teman-teman ingin menambahkan pewarna ataupun telur dan bahkan ingin menambahkan keduanya silahkan saja,boleh.......Monggo...sesuai selera kok.....



TALAM JAGUNG MANIS

Bahan   :
  • 300 gr jagung manis pipil,rebus selama 15 menit.Tiriskan.Sisihkan.
  • 150 gr tepung beras
  • 50 gr tepung tapioka/kanji
  • 170 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 600 ml santan dari 1 butir kelapa parut
Lapisan Santan,campur dan aduk  :
  • 350 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
  • 8 sdm tepung beras
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 1/2 sdt garam
  • 2 sdt gula pasir
Cara membuat   :
  1. Didihkan air dalam dandang,sampai beruap banyak.Kecilkan api.
  2. Olesi loyang bulat diameter 24 cm dengan minyak goreng dasar dan tepinya.Sisihkan.
  3. Blender jagung manis dengan 200 ml santan hingga halus.
  4. Campur jagung yang sudah diblender dengan tepung beras,tepung tapioka,gula pasir dan garam beserta sisa santan.Aduk hingga tercampur rata.Saring jika perlu.
  5. Tuang kedalam loyang bulat yang sudah diolesi dengan minyak goreng,kukus selama 30 menit dalam dandang yang sudah dipanaskan dengan api kecil.
  6. Setelah 30 menit,buka tutup dandang,tuang bahan lapisan.Kukus kembali selama 20 menit atau hingga lapisan santan'set'
  7. Angkat.Dan biarkan dingin.
  8. Potong-potong.Sajikan.
Supaya tidak mudah basi (karena penggunaan santan) setelah kue talam matang buka penutup dandang,biarkan beberapa saat dalam dandang (kompor dalam keadaan menyala) hingga uap panasnya hilang (kurang lebih 3-5 menit).Angkat dan dinginkan seperti biasa.Jika penutup dandang yang dimiliki bulat biasa,jangan lupa tutup dandang dibungkus dengan serbet bersih.Tapi apabila tutup dandang yang dimiliki berbentuk limas tidak perlu dibungkus dengan serbet bersih.Gunakan api sedang cenderung kecil saat mengukus,supaya lapisan talam ataupun lapisan santanya rata/flat.Ini juga berlaku untuk kue kukus yang lain seperti ; brownies kukus ataupun kue lapis.Jika api yang digunakan terlalu besar hasil kue akan bergelombang,dan akhirnya kurang cantik.







Happy steam all......Semoga bermanfaat

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum mba Ida trm ksh resepnya.Kbtlan orang tua musti diet gltn Rafa susah cr2 resep yg gltn free,nemuin blog mba seneng banget.Mana gk pke tlr.Kt Bapak manisnya pas cck dg lapisan santannya yg gurih.Mba request ya,bnyakin menu yg gluten free.Mksih,blognya cantik.Foto2nya bagus2

Anonim mengatakan...

Oh lupa ngenalin diri,saya Karin mb dari Ruteng

Unknown mengatakan...

Wa'alaikumsalam warohmatullohiwabarokatu....Alhamdulillah mb jika cocok dan sesuai dengan selera keluarga.Mengenai menu gluten free akan saya usahakan ya mb,saya juga sedang belajar ilmu yang satu ini....gluten free.Terima kasih mb,saya seorang beginner.Terima kasih sudah mampir.Salam buat keluarga.

Unknown mengatakan...

Salam kenal juga mb Karin

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...