Senin, April 18, 2016

Sambal Goreng Kentang,Tahu dan Petai




Assalamu'alaikum.......

I like monday.......Apa kabar semua ? Kiranya ada yang kurang bersemangat hari ini? Oh jangan ya,harus selalu semangat,emmm bolehlah sesekali males-malesan (lakukan kalimat saya yang barusan kala akhir pekan saja ya,hihihi....).

Saya yakin teman-teman pasti punya menu masakan favorit dari kecil dan terbawa hingga kini (menikah dan mempunyai anak),pendek kata everlasting.Saya pribadi mempunyai makanan favorit baik itu,masakan,kue ataupun minuman/dessert dan itu saya bawa hingga kini.Memang ya makanan jaman dulu-dulu itu ngangeni,apalagi kalo itu bikinan ibu atau mbah/nenek.Contohnya menu sambal goreng diatas.Sederhana saja sambal gorengnya,kentang sama tahu dan sedikit petai.Kebetulan lagi musim petai,jadi komplit bahan buat sambel goreng kesukaan.Walaupun saya bukan pengemar petai,tapi aroma petai membuat sambal goreng kentang ini sedep. Sambal goreng ini khas dikeluarga besar saya diKediri.Turun temurun,mungkin mendiang mbah/nenek dapat resepnya dari mendiang buyut saya.Akhirnya ibu saya,budhe dan bulik juga suka membikinnya.Sambal goreng kentang ini tidak pernah ketinggalan dalam acara keluarga besar kami.Apalagi kalo ada acara tasyakuran kelahiran bayi,duetnya sama urap sayur,dan terik tempe.MasyaAlloh nikmat banget,mana nasinya anget dan pulen.Terus makannya pakai alas daun pisang."Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban  " (Maka nikmat Tuhanmu manakah yang kamu dustakan)  QS Ar Rahman : 55

Yang membuat beda sambal goreng kentang made in keluarga besar saya dan tetangga kami diKediri adalah selain size potongan kentang dan tahunya juga rasa dari sambal gorengnya.Sambal goreng buatan keluarga besar kami tidak pelit bumbu.Jadi enak rasanya memang karena berani (baca :bumbunya banyak) bumbu,bukan mengandalkan monosodium glutamat.Karena tidak memakai monosodium glutamat agar rasanya balance,tidak cemplang dipakai gula merah dan sedikit terasi goreng.





SAMBAL GORENG KENTANG,TAHU dan PETAI

Bahan   :

  • 400 gr kentang,kupas potong dadu ukuran 1,5 cm.Goreng hingga matang dan berkulit.Sisihkan.
  • 300 gr tahu putih,potong dadu seukuran kentang,goreng hingga matang dan berkulit.Sisishkan.
  • 20 biji mata petai,potong melintang menjadi 3 bagian,sisihkan.
  • 3 lembar daun salam
  • 4 cm lengkuas,kupas,memarkan
  •  350 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 25 gr gula merah
  • 2 sdm minyak goreng
Bumbu halus   :
  • 9 buah cabai merah
  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1/2 sdt terasi matang/goreng
  • 1 buah tomat
Cara membuat   :
  1. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus hingga harum dan matang,masukkan daun salam,gula merah,petai dan lengkuas.Tumis bumbu hingga benar- benar matang dan berbau harum (gunakan api kecil supaya bumbu tidak lekas gosong).
  2. Masukkan setengah santan (kurang lebih 175 ml) aduk-aduk.Masukkan tahu.Biarkan bumbu meresap selama 3 menit.
  3. Masukkan kembali sisa santan,berikutnya kentang.Aduk rata.
  4. Tambahkan garam dan gula pasir.Cicipi rasanya.Rasa sambal goreng ini,ada semburat manis,pedas dan gurih.Tambahkan jika ada yang kurang.
  5. Tunggu hingga santan sedikit mengental.Angkat.
  6. Sajikan.
Saya biasanya menumis bumbu mengunakan wajan anti lengket,selain meminimalkan pemakaian minyak juga menjaga bumbu tidak lekas gosong.Jangan lupa mengunakan api kecil saat menumisnya.Dan tumis hingga bumbu matang benar.Tandanya bumbu mulai mangering dan hilang bau langunya.
Sambal goreng diatas bisa dibuat tidak pedas,caranya buang biji cabai merah semuanya,jadi hanya warnanya saja yang merah membara tapi tidak pedas.Atau cabai merah diatas kurang pedas bisa ditambahkan beberapa cabai rawit dalam bumbu halus.Supaya keliatan lebih cantik dan menarik sambal gorengnya bisa ditambahkan rajangan/irisan cabai merah halus.Jadi cabai merah dihilangkan bijinya,iris halus,panjang-panjang,goreng sebentar (asal layu).Sesaat sebelum diangkat taburkan cabai merah iris dalam sambal goreng.

Semoga bermanfaat.....

3 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih banyaaak resepnya,kmrn buat sama urap juga,dn beneran mantappp.makasih and nice blog mbak.

Dian

Unknown mengatakan...

Mb Dian,maaf baru balas.Alhamdulillah jika resep saya berkenan dan cocok.Terima kasih sudah berkunjung mb

Unknown mengatakan...

Terima kasih

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...