Minggu, April 17, 2016

Kue Cubit








Assalamu'alaikum.......

Cemilan akhir pekan kembali ke gluten dan gluten .Ini karena si bungsu merengek minta kue cubit (lagi).Setiap kali lihat cetakan yang tercentel ditembok dapur selalu merayu saya untuk membikinkanya.Sambil membuat mimik yang lucu mengemaskan sibungsu merajuk ke saya.Tapi 2 minggu terakhir ini perhatiannya bisa saya alihkan.Hemmm.....tapi tidak untuk pagi ini.Rupanya dia sudah kangen dengan kue mungil kesukaannya.Ya sudahlah akhirnya saya bikinkan juga.Apalagi dia sudah terprovokasi oleh ke tiga masnya.....

Berbeda dengan kue cubit yang pernah saya buat sebelumnya.Kali ini cairan lemaknya saya memakai butter dan margarin.Dan jumlah gramnya pun saya tambah.Tapi untuk komposisi gulanya saya biarkan tetap seperti resep aslinya.Supaya rasa kue cubitnya cenderung plain,karena untuk toppinya sendiri sudah manis.Memang ada beberapa yang sengaja tidak diberi topping,kalo yang ini rekwest suami.Kalo boleh diberi judul sebenarnya kue cubit kali ini bergenre ASSORTED,alias kue cubit dengan aneka topping.Ada yang bertopping cokelat beras,keju,durian dan ada juga yang tanpa topping.Dan yang bertopping durian ini sengaja coba-coba saja,karena saya pribadi bukan pengemar durian,aromanya sih suka banget tapi kalo disuruh makan ngak doyan. Dengan penambahan jumlah lemak (cair) adonan menjadi lebih encer.Hal ini berpengaruh pada hasil akhir kue cubit.Kue cubit jadi lebih bervolume dan puffy.Untuk rasa saya pribadi suka yang ini karena selain tidak terlalu manis,kue cubitnya juga lebih wangi karena penggunaan mentega atau butter.Butter atau mentega dapat dipilih sesuai selera,mau yang salted ataupun unsalted.Pemakaian butter atau mentega yang salted/asin akan memberikan rasa sedikit gurih pada kue cubit.Dan yang jelas kue cubitnya jadi naik kelas.....Enaaak pokoknya.....






KUE CUBIT
Taken Lia Camelia
Modified by Ida~Ida's Homemade

Bahan   :

  • 3 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 100 gr margarin, lelehkan-------supaya lebih wangi pakai 50 gr butter/mentega dan 50 gr margarin
  • 300 ml susu cair
  • 300 gr tepung serbaguna
  • 1 sdt ragi instan,misal fermipan
  • 1/2 sdt garam
  • Margarin secukupnya ,untuk mengoles cetakan
Topping (optional/pilih salah satu,sesuikan dengan selera)  :
  • Keju cheddar parut
  • Cokelat beras/Meises cokelat
  • Durian
Cara membuat   :
  1. Ayak tepung terigu.Sisihkan.
  2. Kocok telur dan gula pasir dalam baskom hingga kental mengembang dan berwarna putih (tidak perlu sampai berjejak).
  3. Turunkan speed mikser hingga kecepatan paling rendah.Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit diselingi dengan susu cair (awali dengan memasukkan tepung terigu dan akhiri pula dengan tepung terigu).
  4. Masukkan ragi instan,kocok rata.
  5. Tambahkan garam,kocok rata.
  6. Terakhir masukkan margarin/butter yang sudah dilelehkan,kocok sampai rata supaya tidak ada margarin/butter yang mengendap didasar baskom.
  7. Tutup baskom dengan lap bersih.Diamkan 25-30 menit (sampai timbul gelembung kecil-kecil dalam adonan).
  8. Panaskan cetakkan kue cubit,oles tipis dengan margarin.
  9. Aduk adonan dengan mengunakan spatula,tuang kedalam cetakan hingga 3/4 tinggi cetakan.Biarkan 1/2 matang,taburi dengan topping.Tutup sebentar,angkat kue cubit dari cetakan mengunakan tusuk sate atau sutil kecil.Lakukan hingga adonan habis.
  10. Sajikan hangat.
Cetakan kue cubit dipanaskan dengan api sedang,jika dirasa cetakan sudah cukup panas (beri sedikit adonan kue cubit,jika berbunyi"cesss"berarti cetakan sudah cukup panas,kecilkan api/kecilll sekali supaya kue cubit tidak lekas gosong).Jumlah susu cair yang saya pakai diatas adalah 300 ml dan margarin/butter 100 gr membuat adonan lebih encer dari pada kue cubit versi green tea.Adonan kue cubit green tea saya lebih kental,padahal jumlah cairan sudah saya tambahkan.Nah untuk kali ini cairan saya modif lagi.Jika ingin lebih harum lagi bisa ditambahkan vanili bubuk.Untuk resep diatas cukup menambahkan vanili bubuk sebanyak 1/4 sendok teh saja (caranya ayak bersama tepung terigu).
Dengan penambahan jumlah margarin/butter dan susu cair rasa dari kue cubit masih lumayan manis meski takaran gula tidak saya tambah lagi.Jika kue cubit masih tersisa,artinya tidak langsung habis hari itu juga,simpan kue cubit yang sudah dingin didalam wadah kedap udara.Simpan dikulkas.Sampai keesokan harinya masih enak dan empuk.






Semoga bermanfaat.......

2 komentar:

Monica Rampo mengatakan...

Salamm kenal mba Ida,

Saya baru beberapa hari yang lalu terdampar di blognya mba Ida, wah ternyata banyak banget resep-resep ciamik di sini, mana foto-fotonya keren lagi, saya paling suka foto-foto kue lapisnya, semua...lapisannya rapi2 cantik
kapan-kapan aku contek resepnya ya...mau dipilihin dulu yang mana, he he he..
thanks ya...

btw, kue cubitnya kliatan menggoda, imut2 dan banyak, he he he..

Unknown mengatakan...

Haiii mb Monica,salam kenal juga....
Alhamdulillah jika resep-resep yang sederhana dari dapur saya menginspirasi mb Monic.Terima kasih mb Monic,itu lapis saya suka dan kebetulan suami dan anak-anak saya juga suka.Kan juga gluten free ya mb,meski saat bikinnya butuh kesabaran dan ketelatenan tersendiri,hehehe..
Wah dengan senang hati dicontek,monggo mb Monic silahkan.Saya tunggu berita baiknya.Hehehe,ini sudah lama mb mb ngk bikin kue cubit.Makasih mb Monica atas compliment dan kunjungannya,hugss Ida

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...