Senin, Mei 02, 2016

Cake Durian




Assalamu'alaikum.......

Bagaimana kabarnya hari ini ? Hari ini tepatnya tanggal 2 mei,diperingati sebagai hari pendidikan nasional.Masih ingat akan pahlawan tanda jasa kita ? Semoga wajah pendidikan di tanah air kita dari hari ke hari semakin baik dan berkualitas.Amiin.....Berbicara mengenai pendidikan,apapun itu namanya entah pendidikan formal atau informal rasanya seumur hidup kita adalah belajar dan belajar.Belajar tidak mengenal usia.Dan betapa bahagianya jika apa yang kita pelajari,akhirnya bisa kita bagi dengan orang lain,bermanfaat bagi orang lain.....


Beberapa waktu yang lalu saya lama tidak aktif ngeblog,bahasa kerenya hiatus gitu.Ada sesuatu pelajaran baru yang menarik perhatian saya.Sedikit bocoran deh ya,saya lagi belajar dari nol not balok,partitur..Ada sesuatu yang saya pengeeeen banget bisa.Resolusi jangka pendeknya pengen mainin moonlight sonatanya Beethoven,didepan suami,hehehe....
Kembali ke soal pic diatas.Yaitu cake durian.Seperti yang pernah saya ceritakan dalam resep saya sebelumnya,saya bukanlah penggemar durian.Apalagi sampai jadi penggemar fanatik,yang kalo liat durian langsung exited.Bagi saya yang namanya makan durian cukup lewat aromanya saja atau makan buah durian yang sudah diolah menjadi sesuatu.Dulu sewaktu saya masih duduk dibangku sekolah dasar ada salah satu roti yang sangat saya sukai.Bukan karena rotinya,melainkan krim yang ada ditengah roti tersebut adalah krim dengan aroma durian.Krimnya berwarna putih,sedangkan tekstur krimnya agak kasar,karena memang gula yang digunakan untuk krim tersebut adalah gula pasir yang dihaluskan.Mungkin ada teman-teman yang ingat atau pernah merasakan roti yang saya maksud ? Pengen juga bikin roti jadul yang seperti itu.......

Sudah lama saya ingin bikin cake durian ini.Resepnya dari femina primarasa.Kebetulan suami dan anak saya yang no 1 adalah penggemar durian.Sewaktu beli durian,saya minta kesuami untuk disisakan beberapa mata durian.

CAKE DURIAN
Source  : Femina Primarasa Seri Cake,Roti dan Kue Kering

Bahan  :
  • 125 gr tepung terigu protein sedang
  • 25 gr tepung maizena
  • 1/2 sdt baking powder------- saya tidak pakai
  • 250 gr daging buah durian,haluskan
  • 100 ml santan kental
  • 1/4 sdt garam
  • 7 kuning telur
  • 3 putih telur
  • 150 gr gula pasir
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 50 gr kismis,rendam air panas hingga mengembang,tiriskan
Cara membuat   :
  1. Siapkan loyang ukuran 20x20x5 cm,olesi dasar dan pinggirannya dengan margarin,lalu taburi dengan tepung terigu.Panaskan oven pada suhu 180'C.
  2. Ayak tepung terigu,tepung maizena dan baking powder (jika pakai) ,sisihkan.Campur daging buah durian dengan santan dan garam,aduk rata.
  3. Kocok telur,gula pasir,dan vanili hingga putih dan kental.Masukkan campuran tepung terigu,aduk dengan spatula hingga rata.Tambahkan campuran durian dan setengah bagian kismis,aduk kembali hingga rata.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang,taburi atasnya dengan sisa kismis.Masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan.Panggang hingga matang (kurang lebih 35 menit).
  5. Keluarkan kue dari oven,biarkan sebentar supaya agak dingin.Keluarkan kue dari loyang,potong-potong ukuran 4x4 cm,sajikan.
Rasa cake durian ini lumayan enak,rasa duriannya juga lumayan menonjol.Manisnya juga pas.Suami dan anak-anak pun menyukainya.Tapi kalo untuk ukuran lidah saya kurang"nendang".Maksudnya karena lemak cair dalam hal ini hanya mengunakan santan,bukan butter atau margarin (atau bisa kombinasi antara santan dan butter/margarin) jadi kurang rasanya kurang rich.Cocok disajikan dengan secangkir teh manis,karena cakenya tidak manis-manis banget.Karena pemakaian baking powder dalam resep saya skip dan juga dalam resep tidak ada pengunaan emulsifier mungkin sedikit catatan kecil dari saya ada gunanya ya,......






Catatan   :

  • Kocok telur dan gula hingga benar-benar kental dan berjejak.Untuk saya,adonan saya tambahkan 1 butir kuning telur sebagai penganti emulsifier,meskipun akan beda hasil jika memakai emulsifier sintetis.
  • Karena pemakaian baking powder saya skip,cake saya tidak bisa mengembang'maksimal'
  • Selama ini untuk pembuatan cake dengan metode sponge cake dan dengan pemakaian buah kering didalamnya,buah kering saya selalu sukses "tenggelam"kedasar cetakan.Kecuali jika pembuatan cake dengan metode butter cake,buah keringnya bisa menyebar dengan cantiknya.Untuk metode sponge cake ini saya siasati ,jika permukaan cake sudah"set"(kurang lebih 20-25 menit),loyang saya keluarkan dan dengan gerak cepat,buah kering saya taburkan dengan sedikit ditekan.Cara ini lumayan berhasil.Dan hasilnya seperti pada pic .
  • Untuk cairan lemak bisa dicombaine,antara santan dan butter.Tapi tentu saja butter dimasukkan paling akhir.




Semoga Bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...