Minggu, Juni 01, 2014

Dorayaki



Dorayaki......ya makanan favorit kucing gendut yang bernama doraemon diserial kartun anak-anak yang ditayangkan salah satu teve swasta setiap hari minggu ini ternyata sekarang jadi booming juga di Indo.Terutama anak-anak sekolah.Tak terkecuali anak saya yang no.2.Hampir tiap hari pulang sekolah bawa bungkusan kecil bundar berisi kue hampir mirip dengan kue pukis cuma ini rada padat.Kalo ditanya soal rasa sih biasa.
Cenderung hambar menurut saya,fillingnya saja yang memberi rasa.Kebetulan pas anak saya bawa yang rasa cokelat.Ternyata ada beberapa abang penjual yang mangkal disebuah pintu masuk perumahan.Yang kebetulan pula dilewati anak saya ketika berangkat dan pulang sekolah.Sempat juga resep kue dorayaki ini ditulis resepnya oleh ibu Fat dimilis.Waktu itu saya ngak perhatian saja.Jadi ketika anak saya lagi seneng-senengnya sama dorayaki baru deh kepikiran nyari resep.Sejarah kue dorayaki ini panjang juga ternyata.Dari negeri asalnya sana,Jepang. Kue ini filling aslinya adalah berupa pasta kacang merah.Tapi pada perkembangannya isiannya sangat variatif,tergantung selera kita juga.Mengenai sejarah kue dorayaki silakan saja searching di wikipedia.......heheheh.....
Dari sekian banyak browsing pilihan saya jatuh pada resepnya mba Irene-Banyuwangi.Liat rievewnya yang panjang.Saya pribadi sudah pas dengan resep mba Irene ini.

DORAYAKI
Bahan:
375gr tepung terigu protein sedang
60gr gula pasir
2sdt ragi instant-------saya pakai fermipan
4btr telur-------saya pakai ukuran sedang
600ml susu cair-------saya pakai susu ultra plain
90gr mentega,lelehkan-------saya pakai salted Anchor
meises untuk isian-------saya pakai paletta raspberry

Cara membuat:
  • Aduk tepung terigu,gula dan ragi instant.Masukkan telur dan susu(telur dan susu cair dikocok lepas bersamaan)sedikit demi sedikit hingga habis,aduk rata hingga adonan kental.Diamkan selama 30 menit.
  • Tuangi mentega leleh.Aduk rata.
  • Panaskan cetakan dorayaki.
  • Tuang adonan hingga setengah tinggi cetakan.Biarkan terlihat bersarang.Tutup,masak hingga matang.
  • Angkat,masukkan lagi adonan,tunggu hingga setengah matang,taburi meises/selai sesuai selera,lalu tangkupkan dengan adonan pertama yang sudah matang tadi.
  • Dibalik sekali lalu angkat.
  • Siap disajikan.
  • Hasil 30-35 buah(sekitar 15 pasang)





Hasilnya menul-menul mirip seperti kue pukis.Enak bikin sendiri,dan yang pasti lebih sehat karena kita jaga kebersihannya.Dan ada tambahan proteinnya.Beda dengan beli,mungkin hanya air biasa saja,bukan susu.Kalau anda tidak memiliki cetakan yang dimaksud bisa pakai pan dadar atau teflon.memang sih dari bentuk ngak mirip dorayaki,tapi lebih mirip sama pancake tapi rasanya tetep enak.......




Mengenai isian bisa diganti tergantung selera kita.Kebetulan yang ada dirumah paletta raspberry,dan anak-anak lebih prefer sama yang ini daripada cokelat meises.Atau bisa juga setelah adonan setengah matang beri irisan pisang raja dan sedikit meises dan sedikit SKM.Tebal tipisnya irisan pisang tergantung selera.


Yukkk dicoba bikin sendiri untuk keluarga tercinta.......happy baking alll^_^

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...