Selasa, Februari 11, 2014

Pizza....Meat Lover Pizza




Salah satu kesukaan anak-anak,sukaaaaaaa....^_^,anak-anak kalo sudah makan pizza suka kalap(saya dan ayahnya juga,tapi setelah kami berumur seperti ini juga rada berhati-hati).Biasanya dulu kami beli pizza di PH,pasti pilihan kami ngak pernah berubah yaitu simeat lover.Pernah sih coba pakai topping yang ada mushroomnya(biar ada rasa lain dikit gitu maksudnya)ehh ternyata anak-anak ngak suka....

 Sebenarnya untuk membuat pizza tak perlu mengunakan tepung protein tinggi(cakra) yang biasa digunakan untuk membuat roti.Tepung dengan protein sedang justru menghasilkan pizza yang empuk.Di luar negeri orang tak hanya menggunakan tepung terigu biasa,tetapi kadang juga menggunakan whole wheat flour atau tepung semolina.Kedua tepung tadi membuat rasa pizza berbeda,lebih harum,dan tentu saja lebih berserat.(dok.majalah Sedap edisi tahun 2002)

Tomat adalah bahan dasar saus.Gunakan selalu tomat segar,bukan saus tomat(lebih sehat kan).Saus tomat boleh digunakan hanya sebagai bahan tambahan.Begitu juga dengan pasta tomat(bisa dibeli dalam kemasan kaleng di SPM).
Pizza asli dibuat dengan memakai minyak zaitun.Ditempat asal pizza,Itali orang-orang memakai minyak zaitun ekstra virgin.Minyak ini diambil dari eksrak buah zaitun(olive) pada penyaringan pertama tanpa menambahkan bahan-bahan kimia.Konon minyak zaitun ini memiliki keharuman buah zaitun yang segar.Dengan minyak zaitun ini tentu membuat saus kita lebih lezat.Toh meski tak memakai minyak zaitun anda bisa tetap membuat pizza dengan subtitute dengan minyak goreng biasa.Tapi dari aroma dan rasa akan sedikit berbeda.
Pizza tanpa keju rasanya pasti tidak mirip pizza.Banyak jenis keju yang pas digunakan untuk membuat pizza,tetapi orang Indonesia lebih suka keju mozarella.Pizza klasik selalu menggunakan keju jenis ini.Istimewanya,keju akan meleleh begitu dipanaskan.Tetapi akibatnya,pizza harus disantap sepanas mungkin supaya keju tidak kembali mengeras.Bila keju dipotong akan elastis seperti karet,membentuk benang-benang panjang.
Daging untuk topping pizza bisa dipilih sesuai dengan selera,mulai dari daging sapi giling,ayam giling,udang,ikan,atau daging olahan seperti sosis atau daging asap.Kecuali daging banyak bahan ditambahkan sebagai topping pizza.Misalnya paprika,terong dan buah zaitun.

Berikut adalah resep dasar SAUS TOMAT atau CONCASE
Bahan:
1 buah bawang bombay cincang halus
1 siung bawang putih,cincang halus
2 sdm minyak zaitun
200 gr tomat matang,diparut
5 buah tomat matang,direbus lalu diparut
50 gr pasta tomat
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
1 sdt basil
2 sdt oregano
2 sdm minyak zaitun
Cara membuat:
  1. Panaskan minyak zaitun.Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu.
  2. Masukkan tomat yang sudah diparut,pasta tomat.Masak sampai kental sambil diaduk sampai meletup-letup.
  3. Masukkan garam,gula,oregano,dan basil.Aduk sebentar lalu angkat dan dinginkan.
  Saus diatas awet untuk beberapa hari dengan penyimpanan di lemari es.Jika ingin memakainya thawing dulu di suhu ruang.Gampang kan kalo mau buat pizza sudah ada stok sausnya.


Resep KULIT PIZZA:
Bahan:
500 gr tepung terigu protein sedang(segitiga biru)
1/2 sdt garam
1 sdm ragi instant(fermipan)
250 ml air hangat
50 gr gula pasir
50 ml minyak zaitun------bisa diganti dengan minyak goreng

Cara membuat:
  1. Ayak tepung,lalu campur dengan gula dan ragi instant.
  2. Masukkan air hangat dan minyak zaitun sedikit demi sedikit sambil diuleni,masukkan garam uleni lagi sampai kalis.
  3. Diamkan adonan selama 15 menit.Giling lalu masukkan dalam 2 buah loyang bulat diameter 24 cm tinggi 3 cm yang telah dioles dengan minyak zaitun atau margarin.
  4. Adonan siap ditutup topping,sebelumnya tusuk-tusuk dengan garpu.
TOPPING:
100 gr daging cincang,dibentuk bulat kecil
100 gr daging ayam cincang,dibentuk bulat kecil
1/2 buah bawang bombay,iris bulat tipis
1/2 buah paprika hijau,potong kotak
1/2 buah paprika merah,dipotong kotak
100 gr daging asap,potong kotak
50 gr jamur kancing iris tipis
1 sdt oregano
100 gr keju mozarella,diparut kasar
75 gr keju cheddar,diparut
mayonaise secukupnya
2 sdm minyak zaitun

Cara membuat:
  1. Panaskan minyak zaitun,tumis daging cincang dan ayam cincang sampai barubah warna angkat.Campur dengan CONCASE.Aduk rata.
  2. Olesi kulit pizza dengan minyak zaitun dan concase.
  3. Olesi lagi dengan sedikit mayonaise.
  4. Taburkan bawang bombay,paprika hijau,paprika merah,daging asap,jamur,oregano,sedikit mayonaise lagi,parutan keju cheddar dan keju mozarella.
  5. Oven selama 20 menit dalam suhu 200'C.
Heeemmmmm pizza lezat siap dihidangkan.Resep ini bener-bener highly recomended.......atau malas dan ribet call me ya....081330097765



Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...