Selasa, Februari 11, 2014

Pie susu a.k.a Egg taarts





Wah bikin pie susu ini juga sudah lama banget.Honestly saya pribadi belum pernah makan pie susu ini.Sebenarnya ketika pie ini booming sebagai oleh-oleh dari Bali saya pikir wahh pasti bau telur banget secara kan untuk fillingnya hanya terdiri dari susu(skm) sama kuning telur atau bahkan kuning telur dan putihnya sekalian.

Tapi ketika lihat postingan mb Hesti....wahhh jadi mupeng.Baking like a virus,gampang nular.Entah kenapa jadi pengeenn bikin(padahal siapa yang mau makan juga belum tau).Padahal beberapa kali blog walking liat beberapa pie susu ngak pernah tertarik.Tapi begitu ketemu resep pie susu dari blog mb Hesti jadi latah.Resep aslinya dari blognya Heimama,maka itulah kenapa dinamakan Heimama egg taarts
Tapi kemudian dipopulerkan oleh Small Small baker.Kalo untuk resep aslinya....hohoho pakai huruf kanji,ampunnnn.

Bahan:
300 gr tepung terigu
2 sdm tepung custard
2 sdm susu bubuk
1 sdm gula halus
1 btr telur
200 gr salted butter

Filling:
120 gr gula pasir
350 gr air
5 btr telur,kocok lepas
100 gr susu evaporated
beberapa tetes vanila ekstrak------saya pakai vanili bubuk

Cara membuat:
  1.  Potong mentega kecil-kecil.Campur terigu,tepung custard,susu bubuk dan gula.Aduk rata.Masukkan mentega dan telur lalu gosok dengan telapak tangan(rub in method)sampai menjadi adonan yang lembut(jangan diuleni).Bungkus dengan cling wrap dan simpan dalam lemari es selama 15 menit.
  2. Filling:Panaskan air dan gula asal larut.Dinginkan.Kocok lepas telur,susu evaporated,vanila.Tambahkan ke dalam larutan gula.Saring 3x.
  3. Siapkan bahan kulit,gilas tipis lalu potong-potong menggunakan cutter(ring cutter)bulat.Tuangi bahan filling hingga 90% penuh.
  4. Panggang selama 20 menit dengan suhu 180'C  atau tergantung besar kecilnya pie.Semakin kecil semakin cepat matangnya.


 


Pie ini sebenarnya ngak terlalutricky cara pembuatannya cumaaaa......ada beberapa hal yang harus diperhatikan(duhhh kayak pakar aja saya ngomong kayak gini).Yaaaaa ngak lah,ini kan sesuai dengan pengalaman saya sewaktu bikin tempo hari.Karena perlakuan adonan pie yang tepat akan menghasilkan pie yang lezat pula.Ini berlaku untuk segala jenis pie,baik dengan resep luar atau resep dari Indonesia.
  • JANGAN SALAH ADUK:Tak perlu mikser untuk membuat adonan pie.Jangan mengadon dengan tangan karena suhu tangan akan melelehkan mentega dan membuat adonan menjadi berminyak.Ini juga yang menjadi alasan kenapa resep kulit pie mengunakan air es.Tak perlu  mengaduk terlalu lama,cukup hingga adonan berpasir.Mengaduk terlalu lama akan membuat kulit pie bantat dan keras.
  •  METODE RUB IN:Metode ini seperti yang digunakan pada resep diatas,yaitu terigu dan mentega digosok-gosokan dengan kedua telapak tangan hingga membentuk butiran-butiran halus(seperti pasir),lalu tambahkan air es dan diaduk sebentar saja.
  • METODE BLENDING:Adonan dicampur dengan FP(food processor),hanya dalam waktu 45 detik saja.
  • TEPUNG:Gunakan tepung serbaguna,hindari mengunakan tepung protein tinggi(khusus untuk roti)karena akan menyebabkan terbentuknya gluten.
  • MENTEGA:Gunakan mentega dingin saat mencampur adonan.Aduk rata,hingga cukup berbutir.
  • Setelah adonan tercampur rata bungkus adonan dengan plastik wrap,lalu simpan dilemari es sekitar 30 menit.Waktu istirahat bertujuan agar adonan lebih menyatu.
  • Siapkan area penggilingan yang bersih dengan sedikit taburan tepung terigu.Giling adonan mencapai ketebalan yang dinginkan dengan rolling pin.
  • Agar kulit pie renyah jumlah keseluruhan dari mentega bisa 1/4nya disubtitusi dengan mentega putih.
  • Tusuk adonan kulit pie yang sudah ada dalam cetakan,dengan mengunakan garpu atau tusuk gigi agar tidak menggembung sewaktu dipanggang.Olesi dengan putih telur agar bahan isi tidak terlalu meresap kedalam kulit pie.
  • Untuk pie susu diatas gunakan api keciiiilll(otang)agar sewaktu pemanggangan tidak mengelembung(isinya).Kenali oven masing-masing,karena tiap oven beda karakter.


 
Jika isi pie mulai menggelembung segera turunkan  suhu/kecilkan api.Karena isi yang menggelembung tadi apabila sudah dingin akan terlihat seperti cekungan...nahh gak cantik lagi kan penampilannya....



Untuk rasa sih kalo menurut saya biasa,dannn sudah bisa ditebak anak-anak kurang menyukainya.Cuma crustnya saya setuju ama mb Hesti,renyah.



Wahhh dari yang saya tulis diatas semoga bermanfaat.Makasih banyak buat mb Hesti*hugs*

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...