Kamis, Februari 13, 2014

Banana bread





Entah mulai beberapa hari kemaren pingiiin sama cake ini,terlebih mas Rama putra saya yang no.3 merajuk minta dibikinkan cake ini.Ya diniati ke pastrad beli pisang raja.Resep ini berbeda dengan cake pisang yang pernah saya posting disini.Yang ini enaaaak banget pokoknya.Ngak biasanya bikin langsung ludes.Putra saya yang pertama(yang SMP ni)pulang sekolah langsung nyomot beberapa potong.Sore selesai mandi masih juga nyemilin.Trus sengaja saya sisakan beberapa potong buat bekal ke sekolah keesokan harinya.Pagi sudah saya kapling sendiri-sendiri,mana buat si mas dan adek.Masing-masing saya taruh kotak bekal mereka.Yang lucu putra saya yang no.3,mas Thoriq ngak tau rupanya kalo saya bawakan bekal(sudah saya masukan kedalam tasnya duluan).Pulang sekolah protes kok ngak dikasih cake pisangnya.Hemmmmm anak laki-laki apa memang begitu yaaaaa.......taraaaa setelah diliat ternyata masih utuh didalam tas,sambil senyum-senyum dimakan begitu suapan terakhir manu nambah lagi...abis sayaang(baru tau kalo enaaakkk yaaa).
Resepnya dari majalah Femina,dulu sekali saya pernah bikin dan sudah cocok.Cuma kalo diresep aslinya pakai pisang ambon,kali ini saya ganti dengan pisang raja.Dan ada beberapa bahan yang saya modifikasi.Paduan rasa dan harumnya kayu manis serta pisang raja merupakan keistimewaan kue klasik yang sering dianggap roti ini.

Bahan:
200 gr mentega tawar------saya campur:margarin,salted butter dan hollman butter
200 gr gula kastor------aslinya 300 gr
3 btr telur ayam
1/2 sdt vanili bubuk
600 gr pisang raja------aslinya pakai pisang ambon,haluskan
Ayak bersama:
250 gr tepung terigu serbaguna------aslinya 300 gr
50 gr susu bubuk full cream------aslinya gak pakai
1 1/2 sdt baking powder
1 sdt garam------karena sudah pakai salted butter sama margarin saya skip pemakaian garam
1/2 sdt kayu manis bubuk

Cara membuat:
  1. Kocok mentega dan gula pasir hingga lembut.Masukkan telur saty per satu sambil kocok hingga rata.
  2. Masukkan campuran tepung dan vanili bubuk.Aduk rata.Masukkan pisang yang sudah dihaluskan,aduk kembali hingga rata.
  3. Tuang ke dalam 2 buah loyang loaf ukuran 19,5x9x6 cm yang sudah bersemir mentega dan ditaburi tepung terigu.Ratakan.
  4. Panggang dalam oven bersuhu 180'C hingga matang selama 1 jam.Angkat.Dinginkan.Potong-potong 1 1/2 cm.Sajikan.


 

Soal rasa jangan ditanya,wueeeeenak banget.Apalagi setelah keesokan harinya.Ketika semua bahan sudah mengendap dan menyatu.Rasa sama sekali ngak eneg,buttery dan yang jelas rasa pisangnya masih kerasa karena sewaktu menghaluskannya masih ada beberapa yang berupa bongkahan kecil pisang raja.Perfect......

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...