Senin, Maret 07, 2016

Soto Bandung





Assalamu'alaikum.......
Menu soto Bandung ini sebenarnya adalah menu makan siang kami sekeluarga hari minggu kemarin.Saya suka gemes kalo pas kepasar tradisional menjumpai pedagang sayur yang menjual sayur yang berupa lobak ini.Kulitnya putih bersih, ada sedikit semburat warna hijau ,dan ada beberapa tangkai daun yang sengaja disisakan dibagian pangkalnya.Selain itu bentuknya juga gendut-gendut,karena itu saya tertarik dan membuat saya lapar mata.,hehehe.....

Sebenarnya semenjak kami masih tinggal di Surabaya saya ingin sekali mencoba bikin soto Bandung ini,karena rata-rata pedagang sayur yang lewat depan rumah suka bawa lobak.Tapi waktu itu saya belum ketemu resep soto Bandung yang pas.Memang ya kalo masih mempunyai anak balita menu soto-sotoan yang begini ini selalu jadi alternatif.Tentunya selain sayur sop ataupun bening bayam.



Soto khas nusantara kan banyak sekali jumlahnya.Jika kita mau mencobanya satu persatu pasti kita akan mengetahui keunikan soto masing-masing daerah.Resep soto Bandung ini saya ambil dari femina online.Rasa kaldu sotonya mild dan seger.Mengapa saya sebut mild ? Karena penggunaan bumbu yang simpel.Suka deh kalo nemu resep yang soto yang begini.Simpel dan cepet masaknya,serta rasanya pun tak mengecewakan.




SOTO BANDUNG
Source  : Femina online

Bahan  :

  • 500 gr daing sapi has dalam dengan sedikit lemak
  • Air untuk merebus
  • 2 sdm minyak goreng untuk menumis
  • 7 siung bawang putih,tumbuk kasar
  • 2 liter air kaldu sapi-----sisa dari merebus daging,tambahkan air panas hingga mencapi 2 liter
  • 200 gr lobak,kupas,iris tipis
  • 1 batang serai ambil bagian putihnya,memarkan
  • 2 cm jahe memarkan
  • 2 1/2 sampai 3 sdt garam
  • 1 1/2 sdt gula pasir-----tambahan dari saya
  • 1/2 sdt merica bubuk
Pelengkap  :

  • Kacang kedelai goreng(rendam kacang kedelai semalam lalu tiriskan dan goreng.)
  • Daun seledri iris halus
  • Bawang merah goreng
  • Sambal rawit merah
  • Jeruk nipis
  • Emping
Cara membuat  :
  1. Rebus daging sapi bersama air diatas api besar.Didihkan.Buang kotoran diatas kaldu.Masak kembali daging sapi dengan api kecil(tujuannya supaya kaldu daging sapi bening) hingga daging matang dan empuk.Angkat.Ambil daging sapi,sisihkan kaldunya.
  2. Potong-potong daging sapi bentuk dadu ukuran 2x2 cm.Sisihkan.
  3. Ukur kaldu,tambahkan air panas hingga mencapi 2 liter.Didihkan dengan api sedang.
  4. Panaskan minyak,tumis bawang putih hingga harum.Tuang kedalam rebusan kaldu.Tambahkan jahe dan serai.Didihkan kembali.
  5. Masukkan daging sapi,merica,garam dan gula.Koreksi rasa.
  6. Menjelang diangkat masukkan lobak.
  7. Sajikan soto dengan pelengkapnya.




MasyaAlloh makan siang yang nikmat banget.Apalagi diluar mendung.Cocok deh,hehehe......
Saya kira anak-anak tidak akan suka sama lobaknya,ternyata pada suka,Alhamdulillah.Saya suka sekali denga kaldunya,bening tapi berasa ngaldu bangettt,enak pokoknya.Recommended.......


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...