Senin, Maret 07, 2016

Kue Cubit Green Tea with Oreo Crumble






Assalamu'alaikum.......
Akhirnya hati saya luluh juga.Mengikuti permintaan sikecil,bikin kue cubit.Salah satu jajanan khas ibukota yang lagi happening.Saking happeningnya sampai ke daerah.Tak terkecuali hingga kota kecil kami,Bojonegoro.Belum pernah sekalipun saya beli atau anak-anak saya beli jajanan kue cubit ini diluar.Karena anak-anak memang saya biasakan membawa bekal sendiri dari rumah.
Hingga beberapa minggu kemaren  mereka merengek minta dibikinkan kue cubit.Hemmmm mama nyari (beli) dulu cetakannya sayang.Soalnya dirumah adanya cetakan kue lumpur yang gede-gede.Kebetulan pas ke Tbk adanya cetakan yang mirip kue lumpur,yang bagian bawahnya flat bukan seperti cetakan kue cubit yang bagian bawahnya cekung.Beli aja wis,daripada muter-muter ngak dapat cetakan.Akhirnya dengan uang 60 ribu rupiah bawa pulang cetakan kue cubit.1 pan cetakan kue cubit ini berisi 19 biji kue cubit,banyak kan.......
Cetakan sudah dapat,tinggal googling resepnya.Dann kebanyakan resep kue cubit pakai baking powder sama soda kue.Jangan deh pikir saya,sebagai gantinya saya pakai ragi instan.Kayak kue pukis dong?Dibilang mirip yaaa miriplah,hehehe.......Sssst tapi tak sama,hihi.....*ngelesss dehhh*^Ketika saya nulis ini entah sudah ketiga kalinya atau keberapa kali saya bikin kue cubit"LUPA"saking seringnya.Kue Cubit weeks lah.....Padahal lagi ngatur menu yang namanya bebas gluten.Kue cubit saya kali ini adalah yang versi green tea.Karena yang kemaren-kemaren sudah yang versi ori-nya.Resepnya asli ada diblognya mb Lia~Camelia at home.Seneng dapat resep ini karena mb Lia dapatnya dari majalah femina.Tapi sedikit saya modifikasi karena adonannya menurut saya terlalu kental.Dan untuk toppingnya saya pakai biscuit oreo ,sisihkan krimnya dan blender halus serta beberapa keping biscuit oreo yang dicacah kasar.

KUE CUBIT GREEN TEA with OREO CRUMBLE


Bahan   :

  • 3 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 75 gr margarin,lelehkan
  • 250 ml susu cair
  • 300 gr tepung terigu protein sedang,kurangi 3 sdm dan tambahkan 3 sdm green tea bubuk---jangan lupa tepung dan greean tea bubuk diayak dahulu
  • 1 sdt ragi instan
  • 1/2 sdt garam
Topping  :
  • 4 keping oreo tanpa krimmblender halus
  • 3 keping oreo beserta krimnya,cacah kasar
Cara membuat  :
  1. Kocok telur dan gula pasir hingga kental,mengembang dan berwarna putih(tidak perlu sampai berjejak)
  2. Turunkan speed hingga paling rendah,masukkan tepung sedikit demi sedikit selingi dengan susu cair.
  3. Masukkan ragi instan,kocok rata.
  4. Tambahkan garam.Terakhir masukkan margarin cair,kocok rata.
  5. Tutup dengan lap bersih.Diamkan selama 20-25 menit.
  6. Panaskan cetakan kue cubit,oles tipis dengan margarin.
  7. Aduk adonan kue cubit,tuang ke dalam cetakan hingga 3/4 tinggi cetakan.
  8. Biarkan 1/2 matang,taburi dengan topping.Tutup sebentar,angkat kue cubit dari cetakan.Lakukan hingga adonan habis.
  9. Sajikan hangat.



Toppingnya terasa crunchy saat masih hangat saja,dan ketika dingin melempem.Tetep enak sih,hanya saja kurang crunchy.Memang enaknya dimakan saat masih hangat. Walaupun dingin kue cubit ini tetep empuk kok.Untuk 1resep jadi 60-an biji,buanyak kann....Hanya saja anak-anak kurang suka dengan yang green tea ini.Mereka lebih suka yang original.Tapi ya dihabiskan juga yang ini,hehehe......


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...