Rabu, Juni 03, 2015

Pastel Bulan



Assalamu'alaikum.......
Alhamdulillaah kita sudah memasuki bulan Juni ya,dan sebentar lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan.
Judulnya kok pastel bulan?Seperti namanya pastel bulan,bentuknya pun juga seperti bulan yaitu bundar.Sebenarnya ini sama seperti kue pastel lainya yang bentuknya setengah lingkaran.Sekedar variasi saja biar dikit beda dari pastel pada umumnya.Idenya dari teman NCC juga.Beliau adalah ahlinya pastel.Enaakk banget pastelnya.Kalau pastel biasa dari 1 lembar kulit saja,sedangkan pastel bulan ini terbuat dari 2 lembar adonan kulit yang disatukan,yang sebelumnya diisi dulu baru ditutup dengan kulit satunya baru dikelim.

Honestly saya dulu paling males kalo disuruh bikin pastel,kenapa?Alasannya sangat amat klise,yaitu saya ngak bisa buat keliman bagian tepinya.Norak kan? Tentu saja bagi yang sudah mahir pasti akan tertawa membaca pengakuan saya ini.Boleeeeh tertawa,kan kenyataannya demikian....hehehe....Menurut saya letak keindahan dari pastel adalah terletak pada keliman bagian tepinya.Yang terpilin dengan rapi selalu membuat saya tertarik dengan snack goreng gurih 1 ini.Apalagi dengan bentuk kulit yang mengelembung gendut dan dengan tekstur lembut renyah adalah pastel favorit saya.Alhamdulillaah setelah beberapa kali belajar(dengan serius tentu saja) bisa deh kelim-mengelim meski belum rapi benar,namun sudah melebihi ekspektasi saya,....practice make perfect right?....Dan untuk resep kulit pastel saya memakai resep dari dapur Luisa atau lebih kita kenal beliau dengan nama Brigita Retnaningtyas.Makasih ya mb atas resep kulit pastelnya yang uenaak tenan ini.....benar-benar jempolllll.Meski dalam bahan kulitnya memakai telur,tapi tetap renyah teksture kulitnya.Setuju dengan pendapat mb Brigita Retnaningtyas bila kulit pastel ini lebih cocok diisi dengan isian rasa yang dominan manis(tapi ngak manis-manis banget yaa....)

PASTEL BULAN

Bahan :
Kulit    :
-250 gr tepung terigu protein rendah
-1 btr telur kocok lepas
-50 gr margarin
-50 ml air
-1/2 sdt garam
Cara membuat :
  1. Ayak tepung terigu,masukkan telur dan garam,aduk dengan garpu sampai rata.
  2. Panaskan margarin dan air,sampai margarin larut.Matikan api.Tuang ke terigu,adul dengan garpu.
  3. Uleni sampai kalis dan empuk.Bila masih ada butiran-butiran kecil terigu,tambahkan 1 sdm air panas.
  4. Masukkan adonan kulit ke plastik bersih,diamkan sekitar 15 sampai 30 menit~saya diamkan 30 menit.
  5. Bagi adonan sekitar 20-25 gr.Bentuk bulatan kecil.Lakukan sampai habis.
  6. Tipiskan adonan,oles dengan putih telur.Taruh isian telur rebus ditengah,taruh isian wortel,tutup lagi dengan 1 lembar adonan kulit(untuk pastel bulan seperti punya saya diatas),lipat pinggirannya potong supaya rapi lalu pilin.
  7. Goreng dengan mengunakan tehnik deep frying yaitu bagian dari kulit pastel terendam minyak goreng seluruhnya.Gunakan api kecil saat mengoreng.Goreng hingga berwarna keemasan,angkat dan tiriskan.Sajikan dengan cabai rawit .
Untuk isiannya saya pakai resep dari mb Diah didi,tapi sedikit modif dari saya.Kalo untuk isian seperti pastel ini  ingat ibu saya,beliau selalu menambahkan susu kental manis putih setiap kali bikin ragout.Biasanya sih kalo ibu buat ragout untuk kabis isi.Jadi ngak salah juga kan jika saya menerapkannya pada isian pastel kali ini.Mb Didi terima kasih untuk inspirasinya,isiannya memang mantep....hehehe yah namanya juga komplet...

Isi  :
Bahan  :
-350 gr fillet dada ayam,rebus,lalu potong dadu kecil
-200 gr wortel,potong dadu kecil,rebus sebentar,tiriskan
-2 buah kentang rebus sebentar,potong dadu kecil
-100 gr soun,seduh air panas sampai lemas,potong-potong
-dau seledri secukupnya
-1 batang daun bawang
-1 buah bawang bombay,cincang
-1 buah bawang putih,haluskan
-2 btr bawang merah,haluskan
-4 sdm susu kental manis putih
-2 sdm saus tiram
-1/2 sdt merica bubuk-------bisa ditambah jika suka agak pedas
-1/8 sdt pala bubuk
-gula pasir sesuai selera
-garam secukupnya
-200 ml air kaldu ayam
-2 sdm margarin untuk menumis
Pelengkap lain :
-telur rebus potong membujur
Cara membuat :
Panaskan margarin,tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan sampai harum.Masukkan bawang bombay cincang,tumis kembali hingga layu dan harum.Masukkan daging ayam.Masukkan wortel dan bahan lainnya.Masak hingga matang dan agak mengering,koreksi rasa.Terakhir masukkan daun bawang dan seledri yang sudah dirajang halus.Angkat.Biarkan dingin.Siap dijadikan isi pastel.



Untuk resep isi pastel diatas jadinya banyak.Bisa untuk 2x resep kulit pastel yang saya tulis.Rasa enaaak dan pake banget.Very recommended pokoknya.....



2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mau donk pastelnya, uenak banget

Unknown mengatakan...

Boleeehhhhh....

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...