Kamis, Juni 11, 2015

Lumpur Ubi Ungu




Assalamu'alaikum......
Berbicara mengenai pangan lokal memang tak akan pernah ada habisnya.Dan yang pasti rasanya juga tidak akan membosankan.Apalagi untuk jenis umbi yang satu ini.Ubi ungu.Selain merupakan sumber karbohidrat,ubi ungu juga berfungsi sebagai antioksidan.Dari semua jenis ubi,ubi ungulah yang kandungan gizinya paling lengkap.Pun bisa diolah menjadi beragam kudapan.Mulai dari dikukus biasa hingga makanan tradisional dan aneka cake.Saya yakin referensi anda mengenai penganan yang berbahan dasar ubi ungu pasti sangat banyak.Di dunia maya bisa kita temukan banyak resep dengan bahan dasar ubi ungu. Misalnya,begitu kita"search"makanan yang berbahan dasar ubi ungu pasti akan muncul beratus-ratus jenisnya.


Namun tidak ada salahnya kan jika kamus boga anda saya tambah dengan jenis kue tradisional yang sudah tidak asing ini.Kue lumpur.Pasti kue tradisional yang satu ini sangatlah familiar dengan anda dan saya.Yang sering kita jumpai biasanya adalah berbahan dasar umbi kentang.Kita bikin varian lain ya,yaitu ubi ungu.Ubi ungu adalah salah satu snack favorit anak-anak saya,all time favorite.Minimal 1x dalam seminggu ubi ini selalu saya sisipkan diantara snack yang lain.Supaya tubuh mereka tidak terlalu dicekoki dengan makanan yang bergluten.Alhamdulillaah mereka juga sangat suka,meski itu terkadang saya kukus saja.Dan kesukaan mereka adalah ubi yang berwarna ungu.Resep kue lumpur saya ini sebenarnya bahan dasarnya adalah ubi yang berwarna putih.Tapi saya ingin warnanya sedikit eye catching,karena stok puree ubi ungu saya difreezer pas banyak.

KUE LUMPUR UBI UNGU

Bahan :
- 5 00 gr ubi ungu,kukus dan haluskan selagi panas
- 150 gr tepung terigu protein sedang,ayak
- 500 ml santan kental dari 1 butir kelapa parut,rebus hingga mendidih,biarkan dingin~berikan lebihan biasanya setelah santan direbus volumenya akan menyusut
- 180 gr gula pasir berbutir halus
- 3 btr telur ayam
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 1/4 sdt garam
- 1/2 sdt margarin untuk mengoles cetakan
- kismis secukupnya,untuk topping

Cara membuat :
  1. Aduk ubi halus dan terigu hingga rata.Tuangi santan kental yang sudah direbus sedikit demi sedikit sambil diaduk rata,saring.Sisihkan.
  2. Kocok telur,gula pasir,vanili dan garam hingga rata dan gula larut.Masukkan adonan ubinaduk rata.Saring.
  3. Panaskan cetakan kue lumpur di atas api,olesi setiap lubang dengan margarin.Tuang adonan hingga hampir penuh atau 3/4 tinggi cetakan.
  4. Tutup cetakan,panggang hingga kue setengah matang.Taruh kismis di setiap kue lumpur,masak kembali hingga matang.Lepaskan kue dari cetakan.
  5. Sajikan.
Sebenarnya waktu bikin kue lumpur ini sambil nyoba cetakan kue lumpur yang pernah saya beli dan belum sekalipun pernah saya coba.Awalnya males saja karena kan cetakannya terbuat dari baja campuran,terus terang takut lengket.Sudah kadung jatuh cinta dengan sederet cetakan yang non-stick.Padahal dengan cetakkan yang non-stickpun kita harus hati-hati karena alasan kesehatan juga.Alhamdulillaah nga'lengket sama sekali.Mungkin karena saya memang mengunakan santan segar.Pasti beda juga kalo dengan santan instan.Untuk rasa jelassss enaaaak dan ngak ngebosenin.Sampai keesokan harinya masih tetap lembut,meski saya simpan dikulkas.Saran saya setelah cetakan panas,agak kecilkan api supaya didapat bagian permukaan yang flat.


Recommemded......Happy baking semuaa

5 komentar:

resep donat kentang empuk mengatakan...

waaah, variasi kue lumpur nih

Unknown mengatakan...

Bisa dibilang gitu.Tapi sebenarnya ngak juga,kebetulan ada stok puree ubi ungu banyak.Jadi dicoba bikin kue lumpur,maksud hati sekalian nyoba cetakan baru.Dan hasilnya sangat memuaskan baik kue lumpurnya atau cetakannya.Enak pokoknya.Makasih ya sudah berkunjung dan ninggalin komen.

RedCinnamon mengatakan...

Salam kenal mbak ida, baru saja lihat2 blog mbak ida.
Kerennn..
Baru mau akan nyoba lapis manadonya nih, semoga kesampean.. :)
#tertarik juga sama cangkir cantik di photo ini.. klasik banget, bisa nemu dimana ya cangkir2 cantik seperti punya mbak ida ini?

RedCinnamon mengatakan...

Mbak ida, salam kenal yaa.. blog-nya kerennn
tertarik sama cangkir cantiknya nih mbak, dimana itu nemunya.. :P

Unknown mengatakan...

Salam kenal juga dear RedCinnamon,terima kasih atas compliment manisnya.Wah seneng sekali ada yang mau nyoba resep kue lapis manadonya.Kasih feedback ya nanti.Well,kalo cangkir ini sudah lama bangettt.Mungkin sebelum saya lahir sudah ada nih cangkir,hehehe.Cangkir ini sebenarnya adalah milik mendiang mbah(nenek).Begitu mbah meninggal, ada beberapa barang pecah belah yang dibagikan ke anak-anak perempuannya.Tapi sayang,kepunyaan ibu saya sudah pecah(sering dipakai adik saya minum kopi),ada yang dibagikan ke bude dan bulik saya.Nah kalo yang ada dipic saya diatas adalah kepunyaan bulik saya,yaaa hanya sepasang itu,cangkir sama saucer saja.Pertama dikasih bulik wujudnya,ampunnn.Buluk banget,saya telatenin membersihkan.Yaaa sudah mending sekarang.Nah itu sejarah singkat cangkir yang saya miliki,hehe.....Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan compliment manis.Salam,Ida

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...