Senin, Mei 18, 2015

Bolu Kukus Ketan Hitam with Butter







Tepung ketan hitam adalah salah satu bahan kue niche di kota saya .Sudah begitu mahal pula.Makanya ketika di tbk langganan ada langsung beli sampai 4 kantong ukuran 500 gr.Anak-anak dan suami suka soalnya.Apalagi kalo dibikin getas ketan hitam.Hemmmm ngak perlu lama habisnya.Seperti halnya cake ketan hitam kukus ini.Sukaaaa,itulah komen suami.Dan ngak ngebosenin kata suami lagi.Sebenarnya tepung ketan hitam ini selain beli bisa disiasati bikin sendiri.Cuma disini agak susah,susahnya? Dipasar tradisional rata-rata pasti ada penggilingan yang khusus untuk biji-bijian termasuk untuk ketan.Namun jarang mau kalo mengiling ketan hitam.Alasannya kulit ari ketan hitam lebih tebal dibanding ketang putih.Suka"lari-lari"begitu kata yang punya gilingan.Kalau ketan putih digiling sudah dapat 2 kiloan,eh ketan hitamnya baru dapat 500 gr saja.Biasanya ibu saya ketan hitam sebelum digilin"disosoh"terlebih dahulu.Yaitu dengan mengunakan pelepah pisang yang dipotong-potong dicampur dengan ketan hitam dan ditumbuk-tumbuk pakai lesung agar kulit ari sedikit terkelupas sehingga memudahkan untuk digiling menjadi tepung ketan hitam.Tepung ketan hitam biasa digunakan ibu untuk membuat kue mendut atau kue bugis.


Bolu kukus ketan hitam ini saya pakai resep NCC.Tapi lemaknya saya ganti dengan butter sebanyak 175 gr yang dilelehkan untuk sekedar variasi.Kan aslinya pakai santan dan minyak goreng.Pemakaian emulsifier juga saya skip.Cakenya tetep jadi,asal telur dan gula benar-benar dikocok sampai kental dan berjejak.Tepung saya aduk dengan mikser speed rendah,tapi jangan lama-lama ya...Hasil cakenya wangi dan sedikit lebih padat.


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...