Jumat, Mei 23, 2014

Keik(cake) tempo dulu





Assalamu'alaikum.......apa kabar?Ndak terasa sudah week end lagi yaaa^_^.Alhamdulillah senantiasa diberi kesehatan oleh ALLAH SWT.......Amiin.Posting kali ini adalah cake.Bakingnya sih sudah 1minggu yang lalu,pas week end juga.Bikin cake untuk cemilan minum teh sore hari.Pilihannya jatuh pada koleksi resep saya.Judul aslinya adalah cake marmer(cake marmer pernah booming beberapa waktu yang lalu dimilis tercinta,NCC).Tapi saya lupa dari blognya siapa.Yang kalo ndak salah resep ini Unilever punya.Enaaaak rasanya,gurih khas margarin kwalitas bagus.Cake ini juga mengingatkan saya akan ibu.Pertama diajari baking ibu ya bikin cake ini.Masih kelas 1 SMP waktu itu.Mengingatkan juga pada cake buatan beliau.Sedikit bernostalgia jadinya.
Untuk resep diatas sengaja saya tidak pakai bubuk cokelat untuk memberi kesan bahwa cake tsb adalah cake marmer.Supaya bener-bener plain warnanya.Kalau anda menginginkan motif marmer bisa dengan mengunakan bubuk cokelat yang ditambahkan sedikit air panas atau mau lebih mudah pakai pasta cokelat.Optional saja.......Berikut adalah resepnya,dan how to-nya versi saya.......Judul aslinya adalah Cake Marmer.Kenapa saya ganti dengan judul diatas?Karena cake ini benar-benar mengingatkan saya akan cake buatan ibu.Sungguh sama persis.Mungkin karena waktu itu merk margarin yang terkenal hanya 1,yaitu Blue band.Dan siapa pun yang telah berbagi resep ini saya ingin mengucapakan terima kasih.

KEIK TEMPO DULU

Bahan:
 3btr telur utuh
6 btr kuning telur
150 gr tepung terigu 
4 1/2 sdt susu bubuk full cream
175 gr gula pasir-------aslinya 200 gr,terlalu manis menurut saya
150 gr blue band margarin,cairkan
1/2 sdt tbm------saya pakai sp

Cara membuat:
  1. Panaskan oven dengan suhu 175'C.Olesi loyang tulban diameter 22cm,tinggi 5cm dengan margarin.Taburi dengan sedikit tepung terigu.Sisihkan.
  2. Dalam wadah kocok telur dan gula pasir hingga setengah mengembang,masukkan emulsifier(tbm).Kocok lagi sampai kental berjejak.
  3. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama susu bubuk sedikit demi sedikit dan diaduk rata.Atau bisa pakai mikser,gunakan speed paling rendah.
  4. Tuang margarin cair,aduk balik sampai benar-benar tercampur dan pastikan tidak ada margarin yang mengendap.
  5. Masukkan ke dalam loyang.Hentakkan pelan loyang supaya gelembung udara yang terperangkap hilang.
  6. Oven selama kurang lebih 30menit atau sampai matang.
  7. Setelah matang,hangat-hangat pindahkan ke wire rack tunggu sampai dingin dan potong-potong.Sajikan.
Pas bikin kebetulan loyang 22 saya entah saya simpan dimana*lupa*akhirnya saya pakai loyang tulban ukuran 24 cm.Agak pendek memang.Untuk penyajian bagian atas cake bisa diolesi butter atau buttercream dan taburi dengan meisis cokelat.



Untuk ukuran telur saran saya,gunakan ukuran kecil.Kira-kira berat 50 gr dengan kulitnya.Jika terlalu besar hasil cakenya bisa meluber dan kempis ketika matang.


Sore akan terasa lebih indah dengan menikmati cake ini dengan secangkir teh sambil bercengkraman bersama keluarga tercinta.....Cobain ya enaaakkkkk banget

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...