Minggu, Mei 18, 2014

Cupcake selai kacang





Assalamu'alaikum......apa kabar?masak apa weekend ini?Pasti masak enak untuk keluarga tercinta.Hasil blog walking,cari ide yang simpel untuk segera menghabiskan selai kacang(kalo ditunda keburu lupa nanti dan eman selai kacangnya keburu expired).Maunya buat cake atau cupcake yang ngak terlalu manis tapi creamy dimulut.Emmmm apa yaaaa?Akhirnya nyangkut di blognya ci Shirley.Resep aslinya dari NCC.Sebenarnya selai kacang yang saya miliki ini sudah lama,kebetulan yang beli suami tercinta dalam rangka mbeliin si mas yang no.1.Putra saya yang sulung ini penggemar berat selai kacang merk"S*k**y.Ternyata selai yang disukai si mas stoknya lagi kosong di SPM langganan,daripada pulang dengan tangan kosong maka sama Ayahnya dibelikan merk lain.Dannnn ternyata rasanya tidak sesuai dengan selera dia.Untung saja cuma sebotol kecil selai seberat 150gr.Untuk sementara si selai kacang saya simpan di lemari khusus tempat saya menyimpan bahan makanan kering.Baru tadi pagi pas mau mengeluarkan bubuk nutmeg keingat botol selai kacang dirak sebelah.Aslinya berjudul peanut butter cake,berhubung saya cetak dalam cups jadilah namanya cupcake selai kacang(hehe biar nama Indonesia).Kalau diresep aslinya cetakkanya pakai cetakan loyang loaf.Monggo mau pakai cetakan yang mana sesuai selera.

PEANUT BUTTER CAKE(CUPCAKE SELAI KACANG)

Bahan:
75 gr selai kacang
75 gr margarin------saya pakai 25 gr butter dan 50 gr margarin(blue band)
1/2 sdt vanili
250 gr gula pasir------saya pakai 200 gr gula yang saya blender dahulu(sudah manis sekali menurut saya)
2 butir telur utuh
200 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
150 ml susu cair

Cara membuat:
  • Campur tepung terigu dan baking powder.Sisihkan.
  • Kocok selai kacang,margarin,gula,vanili hingga menggembang dan pucat.Masukkan telur satu per satu,kocok lagi hingga tercampur rata.
  • Masukkan tepung(ayak dulu ya) dan susu secara bergantian sambil diaduk hingga rata.
  • Tuang dalam loyang ukuran 22x10x7 yang telah diolesi mentega dan dialasi kertas roti.
  • Panggang dalam oven(yang sudah terlebih dahulu dipanaskan)bersuhu 180'C selama 45 menit atau hingga matang.
  • Angkat,dinginkan.Potong-potong.




 

Rasanya enak,tapi menurut saya masih terlalu manis.Padahal takaran gulanya sudah saya kurangi sebesar 50 gr dari resep aslinya yang 250 gr.O iya berhubung selai saya bukan type yang chunky maka saya tambahkan kacang tanah sangrai yang saya blender kasar sebanyak 50 gr.Jadi ada sensasi krenyes-krenyesnya.Ngambil picnya pas malam jadi warnanya buram gitu.....


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...