Sabtu, Februari 27, 2016

Lumpur Kacang Hijau







Assalamu'alaikum.......
Mungkin ini adalah salah satu bad habit saya,yaitu suka beli bahan-bahan kue tapi entah kapan makainya belum tau.Apakah anda ada yang seperti saya...(haduh wong bad habit kok bangga ya!!)...hehehe

Sebenarnya saya bukannya suka menumpuk bahan-bahan makanan,maklumlah saya tinggal dikota kecil jadi kalo pas kebetulan ke tbk ada bahan yang sudah lama ingin saya beli lagi restok saya langsung beli dalam jumlah lumayan banyak.Maksud hati kalo pas bebikinan kue dengan bahan yang dimaksud ngak usah ngider kemana-mana.Bahan sudah siap,gitu maksudnya.Tapi yang gitu deh,list dibuku saya sudah panjang berderet bikin ini dan itu yang ingin saya publish diblog,tapi apa daya tenaga saya juga punya limit.Apalagi disela-sela nerima orderan.Makin tersisihlah yang namanya bahan kue yang sudah saya beli sebelumnya.Seperti kacang hijau kupas yang sudah saya beli beberapa waktu yang lalu.Dia duduk manis bersama tepung terigu dan beberapa bahan kue yang lain,yang saya simpan disebuah box plastik besar.Yang salah satunya adalah biji kacang hijau kupas tadi.Tujuannya supaya tepungnya lebih awet dan tidak gampang kutuan.
Jumlahnya masih lumayan banyak,kurang lebih satu setengah kiloan.Alhamdulillah kondisinya masih bagus dan tidak ada kutunya sama sekali.Akhirnya salah satunya saya bikin kue lumpur ini.Jadi jangan bosan ya nanti jika beberapa waktu kedepan postingan saya bakal penuh dengan makanan yang berbahan dasar kacang hijau kupas,hehehe......Kue lumpur kacang hijau ini memang sudah lama sekali ingin saya buat,namun memang belum ada waktu yang longgar.Resepnya saya dapat dari majalah kliping saya yaitu majalah femina.Hanya saya modifikasi sedikit saja.

LUMPUR KACANG HIJAU


Bahan  :

  • 200 gr kacang hijau kupas,rendam 30 menit,tiriskan,kukus hingga matang
  • 200 gr tepung terigu serbaguna
  • 160 gr gula pasir-------aslinya 150 gr dan menurut saya kurang manis
  • 50 gr jahe,rebus bersama 250 ml air hingga air rebusan tersisa 100 ml
  • 3 butir telur ayam
  • 75 gr margarin,lelehkan
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa parut
  • 100 gr daging kelapa muda, keruk-------saya tak pakai
Cara membuat  :

  1. Ambil 50 gr kacang hijau kukus,sisishkan untuk taburan.
  2. Haluskan sisa kacang hijau,campur bersama tepung terigu,gula, air jahe,telur dan margarin.Uleni hingga rata-------bisa pakai hand whisk atau mikser dengan kecepatan rendah.
  3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga adonan licin.
  4. Panaskan cetakan kue lumpur,olesi mimyak goreng tipis-tipis.Tuang adonan hingga penuh,taburi dengan kacang hijau dan kelapa muda (jika pakai ),tutup.Masak hingga matang,angkat.
  5. Sajikan.
Hasil jadi untuk 1 resep ini kurang lebih 20 biji kue lumpur dengan ukuran sedang.Untuk warna cokelat diatas kue lumpur hanya variasi saja dari saya.Bisa dibuat dari pasta cokelat yang dicampur dengan sedikit adonan kue lumpur atau dari cokelat bubuk yang dicampur dengan sedikit air panas hingga konsistensinya seperti pasta cokelat.Dan tentunya yang terbuat dari cokelat bubuk pasti lebih pas karena ada rasa asli cokelat.

kelupaan menaburkan kacang hijau kukus




Untuk rasa lumayan enak, ada rasa khas  semriwing dari rebusan jahe.Bisa jadi alternatif kue lumpur disamping kue lumpur yang terbuat dari campuran umbi-umbian.
Selamat mencoba,semoga cocok dan bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...