Kamis, Oktober 02, 2014

Kue Lapis Beras Ubi Ungu .......not so pretty kueh lapis but sure is delicious



Assalamu'alaikum.......
Apa kabar semua.......
Postingan yang sebetulnya saya ngak pd.Entah kenapa kue lapis ubi saya kali ini ada titik-titiknya atau kalo bahasa medisnya ada petchienya.Mungkin saja saya yang terlalu bersemangat bikin tanpa liat timing yang tepat.Ya malam hari,ketika anak-anak sudah lelap dalam mimpi indahnya.Itulah saat yang bener-bener menjadi me time untuk saya. Sebelumnya bikin kue lapis pas hari libur.Sore sudah matang,sikecil keukuh minta dipotong.Ya mau gimana lagi kue lapis yang masih anget dan cenderung panas saya potong,ya mliyut-mliyut kue lapisnya karena belum sepenuhnya kokoh lapisannya.Karena beberapa hari yang lalu beli ubi ungu,tapi kecil-kecil banget ubinya.Cuman ada satu yang gede.Alhamdulillah warnanya ubi yang paling gede tadi ungu banget malah cenderung kebiruan.Setelah saya kupas,saya kukus dan ternyata setelah saya haluskan beratnya lebih sedikit dari takaran diresep.Lumayan gede kan ubinya.Rasanya sih ngak terlalu manis seperti ubi yang kecil-kecil tadi.Tapi saya suka sekali dengan warnanya.Penambahan warna sih sebenarnya ngak perlu ya kalo menurut saya karena warnanya sendiri sudah cantik.Ungu.Penglihatan mata antara malam dan siang memang beda ketajamannya.Apalagi kalo soal warna seperti ini.Kebetulan warna yang saya miliki adalah electric purple,pewarna yang biasa saya pakai untuk mewarnai fondant.Itulah kesalahan saya,nyesel se nyesel-nyeselnya.Saya sih ngak mau posting ini sebenarnya tapi mb Hesti kasih semangat*WINK*.......Ya untuk pembelajaran saya supaya saya ngak sotoy yaa


LAPIS UBI UNGU
Source :Majalah Sedap edisi 9 via mb Hesti

Bahan :
250 gr tepung beras
100 gr tepung sagu
1000 ml santan dari 1 1/2 butir kelapa
2 lembar daun pandan
1 sdt garam
250 gr ubi ungu,kukus,haluskan
300 gr gula pasir
1/8 sdt vanili bubuk
10 tetes pewarna ungu (saya pakai 2 tetes pewarna merk Americolor)
5 tetes pewarna merah muda (saya tak pakai)
1/4 sdt cokelat pasta (saya pakai seperti resep mb Hesti y.i ;1 sdm cokelat bubuk ditambahkan 2 sdm air hangat)

Cara membuat :
  1. Didihkan santan,daun pandan dan garam.Diamkan hingga hangat.Tambahkan ubi kukus.Blender sampai lembut.
  2. Aduk tepung beras,tepung sagu,gula pasir dan vanili.Tuang campuran santan dan ubi sedikit demi sedikitsambil diaduk hingga rata.
  3. Ambil 1/3 bagian.Tambahkan pasta cokelat.Aduk rata.Sisanya tambahkan pewarna ungu.Aduk rata.
  4. Tuang 1 sendok sayur (150 gr) adonan ungu (saya adonan cokelat) ke dalam loyang 24x10x7 (saya loyang ukuran :18x18x7 cm) yang telah dioles minyak.
  5. Kukus 5 menit dengan api sedang.Tuang 1/2 sendok sayur (75 ml) adonan cokelat/ungu .Kukus dengan api sedang selama 5 menit.
  6. Ulangi melapisi adonan sampai adonan habis.Terakhir kukus dengan api sedang selama 30 menit(saya 25 menit).
  7. Biarkan dingin lalu potong-potong menggunakan pisau yang dioles minyak.









Kalo rasa sih ngak usah ditanya pasti enak.Seperti halnya lapis beras,namun ini ada jejak rasa dari khasnya ubi jalar walau tipis.Gara-gara liat penampilannya kurang menarik saya jadi malas mau poto-poto.Lagian sudah sore dan ada tugas menanti.Tapi kalo ngak di ambil gambarnya kok sayang juga,kapan lagi bikin kue lapis ubi seperti ini.Yaaaa seperti yang anda liat.....Tapi ini yummy lo.....

6 komentar:

Anonim mengatakan...

hei sis,nice blog and nice pic too

Unknown mengatakan...

thank's for visiting.....

Anonim mengatakan...

siapa bilang not pretty tetep cantik kok mbak Ida.Seneng liat pic2nya.Walau newbie dalam foodie blogger pic2nya berkualitas.Salam kenal-Della

Unknown mengatakan...

wah kacau mb ini.Tapi wuenakkk.Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komen manis....Salam

Hesti HH. mengatakan...

Cantik gitu kok mbak Ida.....unyu unyuuuuu

Unknown mengatakan...

hahaha,unyu dari mananya mb Hesti?*wink*Untung aja anak-anak suka mb.Ah lain kali ngak usah pake warna sintetis.Btw makasih resepnya.Dann terima kasih sudah mau mampir#hugss#

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...