Rabu, Oktober 15, 2014

Dulce de Leche



Assalamu'alaikum.......
Sebenarnya punya niat bikin dulce de leche ini sudah lama sekali.Berkali-kali liat dulce de leche homemade bersliweran di blog teman-teman food blogger.Tapi dari beberapa yang saya baca rata-rata mereka mengunakan pressure cooker untuk membuat dulce de leche ini.Sebenarnya apa sih dulce de leche ini?Dari beberapa artikel yang pernah saya baca,saya mengambil sebuah kesimpulan kalo dulce de leche ini bahasa awamnya adalah selai karamel.Atau lebih jelasnya meluncur ke WIKIPEDIA yaaa.....
Secara pribadi saya belum pernah merasakan bagaimana aslinya rasa dulce de leche itu sendiri.Saya hanya membayangkan dari beberapa deskripsi teman-teman sesama blogger.Bahwa rasanya hampir mirip atau bahkan sama dengan permen alpenliebe(maaf sebut merk ya)kurang lebih seperti itu.Yaaa walaupun setelah saya buat sendiri rasanya bukan seperti itu.Beda menurut saya.Dan dari beberapa review semakin lama susu"direbus"maka kekentalannya juga semakin pekat.Bahkan ada yang merebusnya sampai sekitar 5-6 jam diatas api kecil.Jika anda tetap menginginkan efek mengalir pada dulce de leche anda rebus susu kental manis dalam kaleng sekitar 3 jam lebih 15 menit saja.Berikut resep dulce de leche berdasar pengalaman saya.




DULCE de LECHE

Bahan :
1 kaleng susu kental manis
air secukupnya untuk merebus

Cara membuat :

  1. Kupas label(kertas) yang ada pada kemasan kaleng susu kental manis.
  2. Masukkan susu kental manis yang masih tertutup rapat pada kaleng ke dalam panci.
  3. Taruh panci yang berisi susu kental manis kaleng diatas kompor.Isi panci dengan air sampai seluruh permukaan kaleng terendam.Nyalakan api(gunakan api besar).Panci tidak perlu ditutup.
  4. Ketika air mendidih/bergolak untuk pertama kalinya kecilkan api.
  5. Rebus sampai 3 jam dengan api kecil
  6. Setelah 3 jam matikan api.Biarkab hingga dingin.Hati-hati jangan sampai membuka kaleng ketika masih panas.
  7. Dulce de leche siap dinikmati.
Jika air mulai berkurang,tuang air panas lagi.Jangan air dingin ya.Usahakan kaleng dalam keadaan terendam seluruhnya.Untuk lebih menghemat bahan bakar(gas) jangan rebus 1 kaleng saja,bisa 2 atau bahkan 4 kaleng susu kental manis.Apabila menginginkan dulce de leche dengan bentuk lebih padat(bisa dispread) waktu perebusan bisa ditambah menjadi 5 jam atau lebih.Tapi kalo saya pribadi lebih suka dengan waktu 3 jam lebih 15 menit tadi.Dulce de lechenya masih bisa mengalir.Tapi selera kan beda-beda yaa.....Setelah dingin betul segera pindahkan ke dalam botol selai yang sudah disterilkan.Dulce de leche bisa juga dinikmati dengan roti.





Semoga bermanfaat yaa.......

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Hallo mba..salam kenal
Mau nanya, biasa pake merk SKM apa ya buat dulcenya..
Makasih

Unknown mengatakan...

Salam kenal juga mb Merry....
Sebenarnya susu kental manis apa saja bisa.Tapi menurut saya tidak semua susu kentalmanis bisa menghasilkan dulce de leche yang enak.Menurut saya lo mb Merry.Dan sekali lagi ini menurut saya,SKM yang produk sekarang lebih encer daripada produk SKM yang lama,memang demikian atau perasaan saya saja.Hal ini saya buktikan ketika mencampur SKM dan mentega putih untuk butter cream.Harus ditambahkan lebih banyak SKM untuk tingkat kemanisan yang saya inginkan,padahal untuk resep butter cream tidak pernah saya rubah masih seperti dulu-dulu juga.Kalo untuk dulche de leche saya pakai benderan yang gold mb,menurut saya pas kekentalannya.Pesan saya jangan pakai SKM yang untuk krimer ya mb,hasil beda banget.Semoga membantu ya mb,dan terima kasih sudah berkunjung.Regards~ Ida

Unknown mengatakan...

Salam kenal juga mb Merry....
Sebenarnya susu kental manis apa saja bisa.Tapi menurut saya tidak semua susu kentalmanis bisa menghasilkan dulce de leche yang enak.Menurut saya lo mb Merry.Dan sekali lagi ini menurut saya,SKM yang produk sekarang lebih encer daripada produk SKM yang lama,memang demikian atau perasaan saya saja.Hal ini saya buktikan ketika mencampur SKM dan mentega putih untuk butter cream.Harus ditambahkan lebih banyak SKM untuk tingkat kemanisan yang saya inginkan,padahal untuk resep butter cream tidak pernah saya rubah masih seperti dulu-dulu juga.Kalo untuk dulche de leche saya pakai benderan yang gold mb,menurut saya pas kekentalannya.Pesan saya jangan pakai SKM yang untuk krimer ya mb,hasil beda banget.Semoga membantu ya mb,dan terima kasih sudah berkunjung.Regards~ Ida

9 September 2015 08.08 Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...