Minggu, November 03, 2013

Unbaked Strawberry Cheese Cake



Lamaaaa sekali jenis cheese cake ini menjadi waiting list resep untuk saya coba.Sudah diniati beli stroberi seger di SPM tapi mood ngak ada,dan memang jarang banget di SPM di kota saya ada stroberi.Kadang kebetulan pas beli susunya anak-anak pas ada,tapi giliran ke SPM memang niat beli stoknya pas kosong,toh ada biasanya kecil-kecil(seringnya banyak yang busuk).
Tetapi sebenarnya yang bikin saya males-malesan adalah,saya ngak punya loyang bongpas alias bongkar pasang atau loyang spring form.Wahhh nunggu punya loyang alamat ngak bakal dicoba-coba nanti.Padahal stok krimshis dikulkas sudah mau mendekati expired.Wiss nekad saja.....haha.Resep saya pakai adalah resep mb Ria.Hemmm sungguh yummy begitu komentar anak-anak dan suami.Mas Atta putra pertama saya yang kurang suka keju benar-benar ketagihan dengan jenis unbaked cheese cake ini.....yuk bikin sendiri unbaked cheese cakenya....kalo males bisa kok order ke saya....hehe

Bahan alas :
125 gr cream crackers(merk Roma yang warna kuning,rasanya asin)
1sdm gula halus------saya pakai gula tepung yang diayak terlebih dahulu
80 gr unsalted butter,lelehkan
Cara membuat:------alas untuk mousse cheesenya:
-Siapkan loyang bongpas diameter 18cm
-Letakkan loyang pada cake board yang lebih besar daripada loyang
-Pasangkan plastik mika pada sisi bagaian dalam,ke-2 ujungnya disatukan dengan doubel tape
-Hancurkan cream crackers sampai halus
-Campurkan cream crakers.gula halus dan butter leleh,aduk rata
-Tuang ke dalam loyang,ratakan dan padatkan dengan sendok.
-Masukkan kedalam kulkas selama 1jam

Bahan :(Cheese Mousse)
375 gr cream cheese
125 gr gula halus------saya pakai gula yang sudah diblender
250 gr whipcream------saya pakai WhC bubuk
3 sdm air jeruk nipis
1sdm gelatin bubuk
50 cc air

Cara membuat:
  1. Tim gelatin dan air hingga larut,sisihkan.
  2. Kocok cream cheese dan gula hingga lembut,tambahkan air jeruk nipis.Kocok hingga rata.
  3. Kocok WhC hingga kaku.
  4. Tuang sebagaian WhC kaku kedalam adonan cream cheese.Aduk rata.
  5. Tuang lagi sisanya,aduk rata.
  6. Tuang adonan cheese mousse kedalam loyang,ratakan lalu simpan dalam kulkas semalam.
Bahan Garnish:
-3 sdm selai strawberry
-1 sdm air panas
-strawberry segar secukupnya

tuhh kaan stroberinya kurang dan ukurannya juga pada ngak sama...
Catatan:
  1. Sebenarnya waktu bikin UCC(unbaked cheese cake) ini saya modal nekad dan kelewat PD.Bagaimana tidak loyang springform alias bongpasnya aja ngak punya.Sudah keliling semua tbk dikota saya ngak ada yang jual(kata yang punya tbk sih,ngak laku jualan loyang bongpas).Dan sudah berkali-kali setiap ke SPM liat stroberi segar beli dengan niat mau bikin UCC,ngak jadi dan stroberi berakhir jadi selai or dessert gitu aja.Nah pas bikin ini kebetulan habis ada acara gathering kantor hubby di Malang(nahh dibeliin sroberi segambreng sama hubby).Gede-gede buah stroberinya,ada juga yang kecil.Ngak sama gitu deh ukuran besar kecilnya.Ya gitu,bisa liat kan finishingnya*jauhhh dari kata perfect*Tapi saya sudah seneeng banget....anak-anak dan hubby suka.
  2. Cake board persegi yang warna cokelat akhirnya saya potong bentuk bulat mengikuti bentuk loyang bulat saya yang ukuran diameter 20cm.
  3. Untuk cream crackers hanya saya remas-remas dengan tangan sampai halus*tangan harus bersih yaa*
  4. Ratakan cream crackers yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan butter leleh beserta gula halus pada cake board yang sudah dipotong mengikuti pola loyang.Ratakan sambil sedikit ditekan-tekan sampai seluruh cake board tertutup rata.Simpan dikulkas 1jam(2-3 jam lebih bagus lagi).
  5. Saya mengunakan WhC bubuk sebanyak 150gr,kemudian dicampur dengan susu cair dingin sesuai dengan instruksi pada kemasan------dicampur dengan air es juga boleh(sesuaikan dengan bahan yang ada dirumah).Tapi kalo pakai susu cair  dari sisi rasa tentu lebih rich.
  6. Gelatin bubuk saya campur dengan 50cc air hangat,campur dan aduk hingga semua gelatin bubuk larut dan ditim sampai berwarna bening.
  7. Biarkan gelatin agak hangat menjelang dingin baru campur pada kocokan WhC,lalu kocok kembali sampai tercampur rata.
  8. Keluarkan cream crackers dari kulkas,alasi dengan loyang persegi atau bulat dengan ukuran yang lebih besar.Lingkarkan plastik mika yang sudah dipotong mengikuti pola cake board(lingkaran dengan tinggi kurang lebih 6-7cm).Rekatkan dengan doubel tape.
  9. Isikan dengan cheese mousse sedikit demi sedikit sambil diratakan.Lakukan hingga cheese mouse habis.
  10. Simpan dikulkas selama semalam.Agar ketika dipotong rapi dan bagus.



Itulah sependek yang saya ketahui dari step by step UCC yang saya bikin.Alhamdulillah anak saya yang ngak suka dengan keju jadi ketagihan.Rasanya wuuuuueeeenak banget,seperti makan es krim rasa keju^_^Buah stroberinya kurang banyak yaa....itupun sudah dipilih yang kira-kira ukurannya sama tapi tetep aja ngak bisa....ngak papa kan dikonsumsi sendiri^_^

Kalo pada resep yang untuk garnish menurut saya takaran selainya masih kurang,harud dikali 2 atau 3.Sesuaikan saja dengan kebutuhan.Yukkk dicoba bikin....highly recommended

~idaaryo 2013~

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...