Sabtu, November 16, 2013

Buns ala Roti Boy



Assalamu'alaikum......apa kabar semuanya?masak apa hari ini?wah kalo weekend begini tentu waktu untuk memanjakan keluarga tercinta ya....Hemmm beberapa hari terakhir ini hujan terus ya,rupanya sudah memasuki musim penghujan.Kalo didaerah kami musim pancaroba namanya,dimana pergantian antara musim kemarau ke musim hujan.Biasanya kekebalan tubuh mulai mengendur ya kalo memang kesehatan tidak benar-benar kita perhatikan.,terutama anak-anak kita khususnya balita.
Alhamdullilah 3 hari yang lalu saya berkesempatan mencoba resep roti/bread yang sudah lama booming yaitu roti Taiwan atau Mexican bread dan kalo di Indonesia lebih dikenal dengan roti boy.

Curious to know saja sebenarnya dengan water roux atau tang zhoung.Lihat postingan teman-teman sesama blogger baik yang di Indo ataupun sesama blogger luar.Apa sih water roux/tang zhoung?Padahal sudah beberapa tahung yang lalu yaa*duhh kemana saja ya aku selama ini....hehe*
Water roux/tang zhoung adalah semacam starter(atau memang starter ya),yang fungsinya untuk melembutkan atau melembabkan adonan roti.Jadi ketika roti matang teksturnya tetap lembut dan tidak berpori besar.Jika selama ini(atau bahkan dulu ya)kalau liat roti bertekstur lembut dan halus bisa dipastikan itu pake bahan kimia atau yang biasa dikenal dengan bread improver.Tentu jika digunakan tidak sesuai dengan kebutuhan/atau diluar takaran untuk jangka panjangnya pasti akan merugikan kesehatan.

Setelah beberapa kali blog walking,baru ingat kalo saya punya buku Sedap yang khusus membahas tentang ROTI dan VARIASINYA(ada sekitar 64 resep).Nah disitu pas mau akhir-akhir halaman,ada dibahas tentang ROTI TAIWAN ISTIMEWA.Saya kurang ngeh kalo disitu ada step cara bikin water roux/tang zhoung....hehe(jadi buku yang sudah berkali-kali saya baca ini ada resep water rouxnya juga),yaaaa dulu mana ngerti itu namanya water roux.Padahal buku ini saya miliki sudah tahun 2004 yang lalu*ketahuan kaann kalo buku hanya jadi pajangan dirak buku*
Roti ini booming di Indonesia pertama kali tentu di Jakarta ya,sekitar 2006-2007(akhir)hubby masih berkantor di Jakarta.Ketika makan siang suami cerita,kalo makan siang dari kantor adalah roti yang dikemas persatuan(masing-masing 1biji maksud hubby begitu kali ya),rasanya eeeeenaaak banget ma begitu komen hubby(suami jarang memuji suatu makanan kalo memang rasanya tidak istimewa).Kata hubby,ada aroma kopinya trus dibungkus sama kertas.Dalam bayangan saya roti apa lagi ini?hubby bilang enak tentu roti ini istimewa sekali.Pas pulang Surabaya kami dibawakannya beberapa sebagai oleh-oleh.Ooooo....ini yang namanya roti boy....hemmmm enak juga^_^

Untuk resep rotinya saya pakai dari buku sedap yang saya ceritakan tadi diatas dan juga resep water rouxnya.Sedangkan untuk resep toppingnya saya pakai resep dari tabloid Saji.
Bahan:
WATER ROUX/TANG ZHOUNG:
25 gr tepung protein tinggi
125 ml air mendidih
1/8 sdt garam
Cara membuat:
-Seduh tepung terigu dan garam dengan air mendidih,aduk rata.
-Diamkan minimal 2jam atau semalaman dalam lemari pendingin(tutup dengan plastik cling wrap) supaya roti lebih lembut.

BAHAN ROTI:
475 gr tepung protein tinggi------saya pakai 500gr
2 1/2 sdt ragi instan
75gr gula pasir
15gr susu bubuk full cream
25ml susu evaporated
225ml air------saya pakai air mineral biasa/bukan dingin(es)
1/2sdt garam
50gr margarin------saya pakai salted butter

BAHAN FILLING:
85gr salted butter,potong dan bekukan@5gr

BAHAN TOPPING:
200gr margarin------saya pakai salted butter
200gr gula tepung
4btr telur
2sdm kopi instan bubuk------saya pakai NESCAFE original
2sdm air panas untuk melarutkan kopi
250gr tepung terigu protein rendah
50gr susu bubuk full cream

Cara membuat:
ROTI:
  1. Aduk water roux,tepung terigu,ragi instan,gula pasir,susu bubuk,dan susu evaporated.Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis.
  2. Masukkan garam dan margarin/butter lalu uleni lagi sampai adonan elastis.Diamkan adonan selama 30 menit.
  3. Kempiskan adonan,timbang adonan masing-masing 60gr lalu diamkan 10menit
  4. Pipihkan adonan,isi dengan bahan filling.Bentuk bulat.Letakkan diatas loyang yang bersemir margarin.Diamkan 45menit atau sampai memgembang 2x lipat.
TOPPING:
-Kocok butter atau margarin dan gula tepung sampai lembut(kurleb 10 menit dengan speed rendah).Tambahkan telur satu persatu sambil dikocok rata.Masukkan tepung terigu,susu bubuk(sambil diayak ya) dan larutan kopi.Aduk rata.Masukkan plastik segitiga.
-Semprotkan topping melingkar di atas roti,melingkar seperti obat nyamuk(rapat ya)sisakan 1/4 bagaian bawah untuk nanti meleleh ketika dioven.

  5.Oven 12 menit dengan suhu 190 derajat C sampai matang.Jika sampai 12 menit topping belum set/kering pindahkan ke rak atas(kurleb 5 menit).Angkat,pindahkan ke rak kawat/wire rack.


my first water roux




akibat night baker,ini roti mateng sudah jam 19.30


Catatan:
  1. Untuk water roux ayak dulu tepung beserta garamnya,baru tambahkan air panas sedikit demi sedikit agar adonan tidak bergerindil.Saring bila perlu.Atau bisa juga memakai resep water roux yang sudah banyak berseliweran di internet.Jangan lupa kalo membuat water roux dengan cara di masak diatas api,hanya sampai kental saja dan berwarna putih susu.JANGAN SAMPAI MENDIDIH,apalagi sampai meletup-letup.Gunakan api kecil saja.
  2. Saya kemarin pas bikin pakai mikser SIGNORA(maaf bukan salesnya),pakai pengocok yang spiral dengan speed 3(sesuai petunjuk dari manual booknya)sampai elastis kurang lebih 15 menit.Perlu diketahui jika menggunakan mikser dengan pengocok spiral gerakannya jangan memutar layaknya kita membuat cake,.melainkan dengan gerakan seperti menusuk-nusuk dari atas kebawah.
  3. Untuk resep diatas memang tidak mengunakan telur(untuk rotinya)sama sekali,tetapi jangan khawatir rotinya tetep empuk dan berserat halus karena penggunaan water roux.
  4. Roti dengan pengunaan water roux adonannya memang cenderung lebih lembek daripada yang tidak mengunakan water roux.Ketika menambahkan air kira-kira saja,jika dirasa adonan sudah kalis hentikan penambahan air.Untuk resep diatas(saya lupa)air tidak saya gunakan semuanya.Jadi di kira-kira sendiri yaa....
  5. Pengovenan juga tergantung oven masing-masing ya,karena saya pakai otang(dan sudah terbiasa)jadi saya hapal karakter oven saya...kemarin saya oven 12 menit dengan api bawah,lalu saya pindahkan ke rak paling atas selama 5menit.
  6. Ketika roti matang adonan toppingnya memang kering dan rasanya juga enak,tapi setelah saya inapkan semalam adonan topping agak basah.Lalu sebelum dibuat bekal saya oven sebentar di rak paling atas(otang).....so far sih rasa tetap enak tapi topping agak kurang mulus lagi.Apa saya pakai otang ya sehingga panas kurang maksimal.Tapi kalo saya tanya teman-teman itu sih wajar kok.

ini setelah saya oven lagi pakai rak paling atas otang




Selamat mencoba....happy weekend and happy baking^_^very recommended



~idaaryo 2013~

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagus banget roti nya mbak.salam kenal vanya

Unknown mengatakan...

Salam kenal juga mb Vanya,terima kasih atas pujiannya.Ayo mb bikin sendiri,hasil mb Vanya pasti lebih baik lagi.Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan komen manis

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...