Selasa, November 19, 2013

Sayur Gulai Pepaya Muda



Hemmmm asli sudah luama banget bikin sayur pepaya muda ini.Mau posting gak jadi-jadi.Sudah ketik sana-sini ehh si dd rewel minta pangku,.kalo ngak gitu ngantuk dan malesnya datang melanda.Sayur ini adalah salah satu kegemaran saya dan suami.Pun kedua orang tua saya,biasanya ibu'kalo bikin seringnya dibuat sayur lodeh atau pakai bumbu sambal goreng......enak deh apalagi kalau pake kacang tolo dan sayurnya sudah menginap beberapa hari(lupa dehh sama siradikal bebas)

Bikin sayur ini keinginan saya supaya sayurnya bisa menginap atau kalo bahasa ditempat saya(Kediri) jadi blendrang(sebutan untuk sayur yang sudah menginap beberapa hari).Ternyata tandas juga saat makan malam......hehe....psssssttt anak laki-laki saya yang mulai beranjak remaja sukaaaa......^_^
Resep saya dapat dari buklet lebaran majalah Femina,tahunnya sudah lama juga(lupa)...>_<

Bahan:
3sdm minyak,untuk menumis
3 lembar daun salam
1 cm lengkuas,memarkan
1 batang serai,ambil bagaian yang putih memarkan
300gr udang kupas segar berukuran kecil
5 buah ampela ayam,buang lemaknya,cuci bersih,rebus empuk,iris melintang tipis
10 mata petai,kupas kulit arinya,iris membujur tipis------saya tak pakai(karena waktu itu belum musim petai)
200gr pepaya muda,potong bentuk korek api,remas-remas dengan 1/2sdt garam hingga lemas,cuci bersih,tiriskan
250gr rebung kalengan,tiriskan,potong bentuk korek api------saya ganti dengan pepaya(jadi total pepaya 450gr)
250ml santan kental dan 1L santan encer dari 1 butir kelapa
1/2sdm gula pasir
2 buah asam kandis
Bumbu,haluskan:
8 butir bawang merah
2 siung bawang putih
3 buah cabai merah
5 butir kemiri sangrai
3 cm kunyit sangrai------kunyit saya bakar
2 sdt garam
Pelengkap:
Lontong siap pakai,potong melintang
Cara membuat:
  • Panaskan minyak,tumis bumbu halus,daun salam,lengkuas,dan serai hingga matang dan harum.Masukkan udang,ampela,dan petai(jika pakai),aduk-aduk hingga udang matang dan petai berubah warna.
  • Tambahkan pepaya muda dan rebung(jika pakai),aduk-aduk hingga pepaya matang.Tuangkan santan encer,gula pasir dan asam kandis.Didihkan diatas api sedang sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.Masak hingga harum dan santan agak berkurang.
  • Tuangi santan kental,aduk rata dan didihkan sekali lagi.Angkat.Sajikan bersama pelengkap.




Sayur ini memang sederhana,tapi jangan tanya soal rasanya.....eeenaaakkk,gurihhhh gimanaaa gitu.Kalo sudah bikin pasti pingin nyobain lagi.Coba bikin yukkk....^_^




~idaaryo 2013~

2 komentar:

Unknown mengatakan...

hai mba copas resep yaa

Unknown mengatakan...

ok om,makasih sudah mampir

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...