Selasa, Desember 17, 2013

Sticky rice mango aka dessert ala Thai









Sekarang lagi musim mangga ya....di Indonesia mangga banyak sekali jenisnya.Bahkan tiap daerah di Indonesia pun jenis mangga tidaklah sama.Hemmmm I love Indonesia so much....^_^mulai yang soft fragrance sampai yang strong seperti mangga kweni ada semua.Mangga yang sudah matang selain mau dikudap biasa(dikudap aja sudah enak) bisa diolah terlebih dahulu menjadi dessert yang mengoda layaknya tampilan ala hotel berbintang.

Beberapa hari kemarin beli mangga kebetulan dapat yang masak pohon(duhh kasian kalo disini mangga aja harus beli).Kalo dirumah ibu atau rumah mertua tinggal petik dan tinggal pilih mau jenis mangga harum manis/gadung,golek,manalagi atau mangga podang(mangga jenis ini enaak banget aroma dan rasanya tapi kayaknya adanya didaerah tertentu saja).

Curious sama resep dessert khas negara Thailand ini makanya dibela-belain beli mangga dan disisihkan beberapa(hubby mangoes lover)....resepnya dapat dari nasilemaklover aka Sonia yang sudah saya translate ala bahasa saya*smoga tidak bingung ya,bahasa inggris saya pas-pasan*


Bahan:
3 buah mangga matang

Sticky rice:
350 gr ketan putih,rendam selama 4 jam
220 ml santan------saya dapat dari 1/4 butir kelapa parut dan dijadikan santan
1 1/4 sdt garam------saya hanya pakai 1 sdt saja(takut keasinan)
2 sdm gula pasir
5 lembar daun pandan,sobek-sobek simpulkan
Cara membuat:
  1. Campur semua bahan sticky rice jadi satu dan kukus selama 45 menit.
  2. Sisihkan daun pandan angkat ketan yang sudah matang,sisihkan dan biarkan dingin.
Taburan:
40 gr kacang ijo kupas
3 sdm minyak goreng
1/4 sdt garam
1 sdm gula
Cara membuat:
  1. Cuci kacang ijo kupas beberpa kali hingga airnya terlihat jernih(air cucian kacang ijo) dan rendam selama 1 jam atau lebih(saya rendam 2 jam)
  2. Panaskan minyak goreng dalam penggorengan,masukkan kacang ijo kupas yang sudah ditiriskan terlebih dahulu.Goreng dengan api kecil hingga kering dan renyah.
  3. Tambahkan garam dan gula,campur rata.Tiriskan.
Saus:
120 ml santan kental------saya dapatkan dari 1/4 butir kelapa parut
1 sdt gula
1/4 sdt garam
Cara membuat:
Campur semua bahan saus,masak dengan api kecil(jika ingin saus lebih kental tambahkan 1/2 sdm tepung tapioka dan 1 sdm air)

Penyajian:
  1. Kupas mangga dan potong-potong menurut selera.Letakkan diatas ketan kukus yang sudah dibentuk atau dicetak menurut selera.
  2. Siram dengan beberapa sendok saus dan taburi dengan kacang hijau kupas yang sudah digoreng.



Kombinasi yang unik menurut saya.Enak juga ternyata.Lebih enak lagi kalo ma-muangnya/mangganya dalam keadaan dingin.

Catatan:
  • Ketan kukus diatas kalo menurut pengertian saya memasaknya pakai rice cooker atau magic com.Makanya instruksi pada resep aslinya adalah mix all.Berhubung saya hanya punya 1 penanak nasi otomatis/rice cooker makanya saya pakai tehnik seperti memasak ketan untuk bikin lemper,yaitu ketan setelah direndam kemudian ditiriskan dan dikukus selama lebih kurang 20 menit.Ditempat lain didihkan santan bersama garam,gula,dan daun pandan masukkan ketan yang sudah dikukus tadi aduk sampai tercampur rata.Biarkan beberapa saat agar santannya terserap rata.Kukus kembali ketan yang sudah bercampur santan selama 30 menit....ahayyy rempong.
  • Mangga yang saya gunakan adalah mangga harum manis/gadung.Silahkan kalo mau menganti dengan jenis mangga lain,sesuai selera.
Beberapa foto mangga pada postingan kali ini adalah foto beberapa taon yang lalu yang memang capturingnya pake kamera beneran ya.Diambil sebelum kameranya kolaps....so i'm sorry it;s just ordinary pic because i'm just a begginer....





2 komentar:

dila rosmita mengatakan...

izin copas ya :)

Unknown mengatakan...

Monggo mb Dilla,semoga berkenan.Terima kasih sudah berkunjung.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...