Minggu, Desember 15, 2013

Churros




Churros, sudah tau kan?Churros adalah sejenis snack goreng yang dari negara asalnya yaitu Spanyol yang dimakan sebagai salah satu menu sarapan.Churros sendiri berupa adonan choux pastry(sejenis adonan untuk kue soes),namun jika soes yang seperti kita ketahui setelah adonan jadi, kita spuit diloyang dan dioven tapi jika churros ini kita masukkan piping bag dan langsung dispuit diatas pengorengan.

Jadi pendek kata churros adalah donat goreng ala Spanyol.Churros sendiri selain populer di negara asalnya yaitu Spanyol juga populer di beberapa negara lain khususnya Eropa,Filipina,Portugal dan kepulauan Karibia yang mayoritas penduduknya menggunakan bahasa Spanyol(bekas jajahan negara Spanyol),juga Amerika Latin termasuk Brazil.Churros sendiri bentuknya ada 2 jenis,yaitu yang satu tipis dan terkadang berbentuk simpul layaknya pretzel sedangkan yang satunya berbentuk panjang dan tebal(ini yang sering kita jumpai di Indonesia).Cara penyajian churros cukup dicelupkan/dipped pada cokelat panas atau dengan cafe on leche yang sebelumnya terlebih dahulu ditaburi dengan gula halus dan kayu manis bubuk.

Baru sekarang kesampain bikin churros dan ternyata anak-anak suka sekali,malah mas Atta repeat minta dibikinkan lagi.Setelah googling sana sini sreg dengan resepfemina online.Adonannya set dan mudah dispuit jadi ngak perlu acara masuk kulkas.
hemmm baru mateng masih plain

Bahan:
125 gr mentega tawar
250 ml air
1/2 sdt garam
250 gr tepung terigu serbaguna,ayak
3 btr telur ayam, kocok lepas
1L minyak goreng,untuk menggoreng
Taburan,aduk rata:
50 gr gula bubuk
2 sdt kayu manis bubuk
Saus Cokelat:
250 gr DCC
350 ml susu cair
4 sdm gula pasir (150 gr)
1 sdm tepung maizena,larutkan dalam 2 sdm air matang

Cara Membuat:
  1. Saus Cokelat:Panaskan DCC(yang sudah dipotong kecil-kecil) diatas api sedang hingga meleleh,tambahkan susu cair dan gula pasir aduk rata.Masukkan larutan maizena,masak hingga cairan mengental.Angkat.
  2. Churros:Panaskan mentega bersama air dan garam hingga meleleh.Kecilkan api,masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambik diaduk cepat hingga tercampur rata.Angkat,dinginkan.
  3. Masukkan telur sedikit demi sedikit sambil dikocok perlahan hingga adonan kalis.Masukkan kedalam kantong seprot yang ujungnya sudah diberi spuit bergerigi.
  4. Penyelesaian:Semprotkan adonan sepanjang 6 cm kedalam minyak banyak dan panas,goreng hingga kuning kecokelatan dan matamg,angkat.Tiriskan,dinginkan.Taburi churros dengan bahan taburan hingga rata.Celupkan churros kedalam saus cokelat saat akan disantap.



Catatan:
  • Gunakan api sedang saat mentega,air,dan garam dipanaskan.Begitu meleleh kecilkan api dan masukkan tepung terigu yang sudah terlebih dahulu diayak.Aduk dengan sendok kayu yang agak besar agar lebih mudah handlingnya
  • Saya menggunakan tepung segitiga untuk resep diatas.
  • Tunggu adonan hingga dingin baru masukkan telur kocok lepasnya.Saya menggunakan speed 1 dengan mikser philips.
  • Untuk spuit saya memakai spuit 1M
  • Semprotkan langsung diatas penggorengan dengan posisi spuit tegak lurus dengan panjang yang diinginkan.
  • Gunakan api dengan panas sedang agar tak mudah gosong,dan aduk sesekali supaya kita mengetahui tingkat kematangannya.
  • Telur yang digunakan adalah ukuran sedang.
  • Untuk saus apabila kurang menyukai saus cokelat cukup gunakan 1/2 resep saja.
  • Snack ini highly recommended apalagi saat cuaca dingin seperti sekarang...^_^



Sewaktu bikin churros ini ingat waktu masih gadis dulu,suka bantu ibu kalo pas mau Lebaran bikin salah satu kue khas Lebaran yaitu CIPIRAN(bentuknya mirip dengan sayur kecipir) persis cara pembuatannya cuma kalo kue yang saya sebutkan diatas berbahan dasar tepung ketan dan santan jadi cemilannya benar-benar GF(gluten free)....




~idaaryo 2013~

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...