Selasa, Februari 09, 2016

Ongol-ongol Labu kuning







Assalamu'alaikum.......
Apa kabar semua ? Alhamdulillah masih musim hujan ya,hampir setiap hari turun hujan.Alhamdulillah udaranya jadi seger dan dingin.Kalo udara dingin begini memang enaknya cemil-cemil ya,tapi kali ini cemilannya yang gluten free.Gluten free pake umbi-umbian.Yaitu labu parang atau labu kuning dan ditempat saya lebih dikenal dengan sebutan waluh.Waluh ini selain mudah didapat harganya pun juga relatif murah meriah.
Kalo kita mau sedikit telaten (kreatif) waluh bisa dijadikan berbagai makanan yang lezat dan variatif,bukan hanya sekedar dikukus ataupun dibuat kolak.Di Bojonegoro ada beberapa sentra industri rumah tangga yang mengolah waluh menjadi egg roll.Karena bahan utamanya waluh egg rollnya jadi kuning cantik.Rasanya pun legit,bukan melulu berasa tepung.Selain egg roll masih ada lagi yaitu jenang waluh atau dodol waluh.Rasanya juga legit khas dodol,tapi pasti tidak akan menyangka kalo bahan dasarnya adalah waluh atau labu kuning.
Honestly saya sendiri lebih suka jika labu kuning diolah menjadi beraneka macam makanan daripada dibuat kolak atapun dikukus.Apa yaaaa.....emmmm kurang suka dengan teksturnya,agak benyek tidak sekesat ubi atau telo.Anak-anak pun juga kurang suka,tapi suami yang pada dasarnya suka yang kukus-kukus ya monggo saja.Tapi daripada sendirian menghabiskan labu kuning kukus akhirnya suami menyerah juga,hehehehe.......Nyerah ngikut kita-kita yang suka labu kuning diolah jadi makanan lain.Seperti "timphan labu kuning" yang pernah saya buat dulu,enaaak sekali malahan kata suami itu adalah timphan labu kuning yang terenak.Tapi kali ini saya mau bikin jajanan tradisional yang lain, yaitu ongol-ongol.Ongol-ongol adalah salah satu makanan tradisional dari Jawa Barat.Teksturnya yang chewy ini bikin nagih,lagi dan lagi,hehehehe.....Resepnya saya ambil dari blognya "mb Luluk Williams"

ONGOL-ONGOL LABU KUNING

Bahan  :

  • 500 gr labu kuning yang sudah dikupas
  • 400 gr tepung tapioka/kanji
  • 300 ml santan kental
  • 500 ml air kelapa
  • 1 bks agar-agar plain/tanpa warna @ 7 gr
  • 250 gr gula pasir-------dengan takaran gula ini manisnya sudah pas menurut saya
  • 1/2  sdt vanili bubuk
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/2 butir kelapa,kupas parut memanjang,beri sedikit garam,kukus selama 15 menit,untuk taburan
Cara membuat   :

  1. Potong dadu labu,kukus sampau matang dan lunak.
  2. Haluskan labu kuning selagi  panas dan dinginkan.Setelah dingin campur rata dengan gula pasir,garam,vanili,tepung tapioka dan agar-agar bubuk. 
  3. Masukkan santan dan air kelapa sedikit-sedikit dan diaduk rata,kemudian disaring,masukkan kedalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng (saya pakai loyang ukuran 28x28x5 cm,dasar loyang saya alasi dengan plastik food grade,olesi juga sisinya loyang).
  4. Kukus selama 1 jam(saya 1 jam 15 menit,supaya ongol-ongol"set"dan tanak benar,kukus dengan api sedang cenderung kecil supaya ketika ongol-ongol matang tidak bergelombang) atau sampai matang.
  5. Dinginkan,potong-potong sesuai selera.
  6. Taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus.
Soal rasa jangan ditanya enaaaaak buanget,MasyaAlloh.Legit,manis samar dan gurih.Anak-anak suka sekali.Dan tentu saja ngk bikin bosan.Ini bisa jadi salah satu alternatif cemilan sehat yang gluten free,selain itu sambil mengenalkan kepada anak-anak jajanan tradisional.Mb Luluk terima kasih sudah berbagi resep jajanan tradisional ini,bakal jadi salah satu jajan favorit anak-anak nie.....





Semoga bermanfaat,happy steaming all.....

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...