Senin, Januari 19, 2015

Eggless Donat Labu Kuning (Water Roux Method)




Assalamu'alaikum.......
Apa kabar semua?
Musim penghujan begini cocoknya memang makan yang anget-anget.Contohnya ya donat yang saya bikin beberapa hari yang lalu.Karena di freezer masih punya puree labu kuning,jadilah donat labu kuning.Tetapi saya bikinnya tanpa telur alias eggless.Memang bisa?Empuk juga kah? Alhamdulillah bisa dan empuk juga ^_^.....Saya bikin tanpa mengunakan telur karena rasanya snack anak-anak tiap hari selalu ada kandungan telurnya,entah itu hanya berupa cookies,panekuk atau bahkan puding.Inspirasi resepnya dari donat labu kuningnya NCC,pasti semua sudah tau kan penulisnya ibu Fatmah Bahalwan a.k.a FB.....jazakillah ibu atas resep dan inspirasinya.Supaya empuk dan lembut pemakaian telur saya ganti dengan penggunaan water roux.




EGGLESS DONAT LABU KUNING (Water Roux Method)

Water Roux :
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air
- Aduk rata tepung dan air sampai halus dan tidak bergerindil.Panaskan diatas kompor dengan api kecil,aduk-aduk sampai mengental.Matikan api.Sisihkan,biarkan dingin.Siap digunakan.

Bahan :
350 gr tepung terigu protein tinggi
200 gr labu kuning kukus,haluskan
25 gr susu bubuk full cream
100 gr water roux
1sdt+ 1/4 sdt ragi instan
65 gr gula pasir
50 ml air hangat (kurang lebih)
40 gr margarin
1/2 sdt garam
Cara membuat :

  • Campur semua bahan kecuali margarin,garam dan air.Uleni hingga kalis(kalo dirasa adonan sudah kalis penambahan air tidak perlu).Masukkan margarin dan garam.
  • Uleni hingga kalis elastis.Bulatkan dan diamkan adonan ditempat hangat hingga mengembang 2x ukuran semula
  • Buang gas dari adonan dengan cara meninjunya dan uleni sebentar hingga adonan licin kembali.
  • Bagi adonan masing-masing 40 gr,bulatkan hingga licin.Diamkan 10 menit,lubangi(atau bentuk menurut selera).Diamkan 20 menit hingga mengembang.
  • Goreng dalam minyak yang sudah terlebih dahulu dipanaskan dengan api sedang.
  • Taburi gula donat atau hias menurut selera.
Karena mengunakan labu kuning yang lumayan kandungan airnya dan juga water roux hati-hati saat memasukkan air.Lebih mudah air dimasukkan belakangan.Jika dirasa tanpa air adonan sudah kalis,maka penambahn air dalam hal ini tidak diperlukan.Jika terlalu lembek tambahkan tepung sedikit demi sedikit sampai dirasa kalis.Tapi jangan juga terlalu banyak,sekitar 50 gr -65 gr tepung saja.Dan jangan lupa wadah adonan diolesi minyak goreng tipis-tipis.








Selamat mencoba......











Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...