Selasa, Mei 03, 2016

Sayur Menir Bayam khas Bojonegoro





Assalamu'alaikum.......

Karena masih memiliki seorang balita,maka sayur-sayur model seperti ini yang sering ada dalam daftar menu kami sehari-hari.Sayur bening biasa kami menyebutnya.Dalam keluarga besar saya,Kediri sayur bening identik dengan sayur bayam.Bening bayam namanya.Tapi bagi kebanyakan orang Bojonegoro sayur bening identik dengan sayur tanpa santan dan tanpa cabai.Sayur sop pun juga disebut sayur bening,hehehe.....Makanya ketika ibu penjual sayur menyebut demikian masih suka terdengar janggal ditelinga saya.Sayur menir khas Bojonegoro ini tekstur kuahnya berbeda dengan sayur bening umumnya.Jika sayur bening bayam pada umunya bening ,encer sayur bening bayam khas Bojonegoro kental.Kental karena jagung muda diuleg bersama bawang merah.Dan konon jika jagung muda sulit ditemukan/tidak sedang musim jagung lokal,sebagai penggantinya adalah beras menir.Tentu saja beras menir direndam dulu,baru diuleg bersama bawang merah.Beras menir fungsinya sebagai pengental mengantikan jagung muda.

Untuk kami orang Jawa yang dinamakan menir adalah beras yang bulirnya kecil-kecil,sisa dari beras yang sudah ditampi.Biasanya beras menir ini dipakai untuk makanan ayam.

Dulu ketika pertama kali kami tinggal di Bojonegoro,mendengar kalimat sayur menir saya kira sayur menir seperti a la Kediri atau sayur menir seperti buatan ibu saya dan mendiang mbah.Yang namanya sayur menir kalo di Kediri cukup simpel.Sayur yang terdiri dari bayam dan jagung muda yang disisir ataupun dengan beberapa potongan jagung muda (potongan jagung ini khas sayur menir buatan ibu saya,terlebih karena cucu-cucunya suka makan jagung muda).Apalagi bumbunya juga sederhana dan tanpa uleg-menguleg.Mau orang yang beginner masak seperti saya,insyaAlloh pasti bisa. Bumbunya hanya bawang merah dan temu kunci.Bawang merah dirajang,dan temu kunci tinggal dimemarkan atau digeprek saja.Nah tinggal garam dan gulanya main feeling.Temu kunci adalah salah satu bumbu dapur yang mudah sekali dijumpai dipedagang sayur,atau jika dipasar tradisional dibagian los pasar yang khusus menjual bahan-bahan untuk membuat jamu tradisional.Jika masih bingung apa dan bagaimana rupa temu kunci bisa kesini ya....




SAYUR MENIR BAYAM khas BOJONEGORO
Source   : Ida,Ida's Homemade

Bahan   :

  • 1 ikat bayam,siangi.Cuci bersih.Sisihkan.
  • 100 gr labu kuning muda yang sudah dikupas,dan dipotong-potong
  • Daun kemangi secukupnya
  • 3 ruas temu kunci,cuci bersih.Memarkan
  • 1100 ml air
  • 1 1/2 sdt garam
  • 3 sdt gula pasir
Bumbu halus   :
  • 5 butir bawang merah
  • 1 buah jagung muda lokal,sisir
Cara membuat   :
  1. Panaskan  1100 ml air dalam panci,biarkan sampai mendidih.
  2. Masukkan bumbu halus dan temu kunci yang sudah dimemarkan.Biarkan mendidih selama kurang lebih 2 menit.
  3. Masukkan labu kuning muda,masak hingga labu kuning 1/2 matang.Tambahkan gula pasir.Berikutnya garam.Cicipi rasanya.Tambahkan bila ada yang kurang.
  4. Masukkan bayam,didihkan sekali lagi.Jangan terlalu lama memasak bayam,supaya kandungan zat besinya tidak banyak terbuang karena pemanasan yang berlebih dan warnanya tetap hijau cantik.
  5. Sesaat sebelum diangkat,masukkan beberapa helai daun kemangi.Angkat.
  6. Sajikan dengan sambal tomat dan bothok.
Hemmm nikmat sekali.Khas sayur menir Bojonegoro ini selain pengunaan jagung muda dalam bumbu halusnya,juga labu kuning sebagai isian sayurnya.Jika susah didapatkan labu kuning muda,bisa disubtitusi dengan gambas atau oyong.Sayur ini juga bagus untuk balita,asupan gizi dari sayurannya juga lengkap.Dan jika memungkinkan jangan menganti jagung muda lokal dengan jagung manis.Karena jagung muda lokal lebih banyak mengandung sari pati dibanding jagung manis.Maka dari itu sayur menir ini sedikit kental dibanding sayur menir yang lain,karena pengunaan jagung muda lokal.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sendoknya kok bagus beli dimana ya Mbak Eh Bu

Unknown mengatakan...

Dibelikan suami di Daiso mb,terima kasih sudah mampir

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...