Minggu, Mei 08, 2016

Karipap Pusing a.k.a Pastel Lapis a la Singapura NCC









Assalamu'alaikum.......

Apa kabar teman-teman ? Masih liburan diluar kota ? Semoga tidak terkena traffic jam alias macet.Kami sekeluarga untuk liburan panjang kali ini stand by dirumah saja,tidak kemana-mana.Karena mas yang no 1 yang sudah kelas 3 es em pe,senin tanggal 9 mei akan UN atau UNBK.Jadi memang seharusnya kami sekeluarga beristirahat dirumah.Kalo liburan panjang seperti ini biasanya anak-anak suka ngajak makan diluar.Tapi karena siadek yang bungsu baru saja recovery dari sakit flunya,saya urung juga.Khawatirnya nanti makannya kurang terkontrol,mana adek agak batuk pula.Makan diluar tidak lepas dari menu yang namanya es.Jarang-jarang saya ijinkan minum es,apalagi mas yang no 1 rawan radang tenggorokan.Daripada kenapa-kenapa,dan mau UNBK pula.ya sudah makan dirumah saja.Menunya istimewa,hehehe.....


Suka nonton serial Upin dan Ipin ? Pasti tidak asing dengan kalimat"KARIPAP",yupp tak lain dan tak bukan adalah nama lain untuk snack asin pastel.Nah kalo karipap pusing ini atau pastel lapis atau disebut juga pastel user konon waktu itu juga tengah happening di Malaysia.Gaungnya sampai juga ke tanah air tercinta,Indonesia.Sekitar taun 2013 (duhh telat banget ya saya,hemmm awal-awal saya ngeblog itu,hehe) nih pastel juga happening di Indo.Teman-teman food blogger sudah banyak yang buat juga.Tapi waktu itu saya pikir,ah sama saja kok kan pastel juga.Makin kesana,kok makin ramai dibicarakan digrup masak.Hemmm jadi sooo intimidated juga saya.Tapi saya baru berani nyoba setelah 1 tahun kemudian.Percobaan pertama saya pakai resep punya NCC ,handlingnya agak susah.Tapi rasanya enak,renyah dan gurih.Karena pemakaian margarin dalam doughnya.Sedangkan untuk isiannya saya bikin seperti isian pastel biasa.Tapi rupanya saya kali ini salah alamat,isian saya pakai kentang bumbu kari yang saya mix dengan ubi ungu,maksud hati supaya ada manis-manisnya dikit dari ubi ungu dan ganti isian.Kan yang dulu-dulu bikin sudah pakai isian khas pastel biasa,yang ini ganti deh pikir saya,ternyataaa......Duhh ternyata salah besar.Bumbu kari bubuk yang saya beli dari SPM rupanya beda merk dari yang biasa saya beli.Aroma rempahnya terlalu menyengat,malah mirip jamu seduan(jamu yang disedu dikios jamu tradisional). 
Saya pribadi sih masih doyan,tapi suami dan anak-anak,ohhh nooooo,isiannya disisihkan sedangkan yang dimakan hanya kulitnya saja,hiksssss......Catatan buat saya ini. Bikin karipap pusing ini sedikit tricky tapi kalo sabar dan telaten inysa Alloh jadi dengan syaantiikk.......hehehe.Resepnya dari NCC,berikut saya tulis kembali resepnya.Step by stepnya bisa diliat disini ya.....


KARIPAP PUSING a.k.a PASTEL LAPIS a la SINGAPURA
Source   : NCC

Bahan   :
  • Bahan A   :
  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 150 gr margarin

  • Bahan B   :
  • 750 gr tepung terigu protein sedang
  • 80 gr minyak goreng *ditimbang dulu ya minyak gorengnya*
  • 300 ml air dingin/air es
  • 50 gr gula
  • 1 sdm garam
Cara membuat   :
  1. Campur semua bahan A hingga menjadi adonan yang bisa dipulung.Bagi menjadi 4 bagian,bulatkan.Sisihkan.
  2. Bahan B : Dalam wadah,masukkan tepung,mimyak goreng gula,garam,uleni sambil dituangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kalis.Bagi adonan menjadi 4 bagian,bulatkan.
  3. Pipihkan 1 bagian adonan B,isi 1 bagian dengan adonan A ditengahnya.Bulatkan hingga adonan A rapat terbalut adonan B.Rapikan bulatannya.Lakukan pada semua adonan.Diamkan 15 menit (makin lama didiamkan makin bagus adonan menjadi lebih lentur,digilas ngak'melawan'.Adonan cukup didiamkan selama 30 menit).
  4. Ambil 1 bagian adonan,gilas tipis lalu,lakukan lipatan single yaitu adonan dilipat 3 kearah tengah.
  5. Gilas memanjang hingga adonan sangat tipis.Kemudian digulun dan dipadatkan.Lakukan hal yang sama pada ketiga adonan.
  6. Potong-potong horizontal setebal 1-1,5 cm hingga didapat potongan bulat dan terlihat tekstur pusaran.
  7. Gilas tipis setiap potongan,beri isi kentang bumbu kari/isi sesuai selera,bisa diisi sepertiisian pastel.Dan lipat seperti bentuk pastel.
  8. Goreng dalam minyak panas,hingga kuning kecoklatan.Angkat,sajikan.

Bahan isi   :
Kentang bumbu kari

  • 500 gr kentang
  • 1 buah bawang bombay,cincang
  • 3 sdm bawang putih cincang
  • 3 sdm margarin
  • 2 sdm bumbu kari siap pakai
  • 1 sdt kaldu bubuk-------saya tak pakai
  • 2 sdm saos tomat
  • 1 sdm saos sambal
Cara membuat   :
  1. Kukus kentang hingga matang,kupas,potong dadu kecil.
  2. Panaskan margarin dalam wajan,tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu,masukkan kentang.Aduk rata.
  3. Taburi bumbu kari dan kaldu bubuk (jika pakai,karena saya tidak pakai sebagi gantinya saya pakai gula  pasir.gula pasir menyesuaikan selera),tuangi saos tomat dan saus sambal,aduk hingga rata dan matang.Angkat.Dinginkan,siap dijdikan bahan isian.
Untuk resep karipap diatas saya hanya buat 1/2 resep saja.Hasil jadinya sekitar 20 biji.Meskipun handlingnya lumayan tapi hasilnya worth it lo.......kulitnya awet renyah/empuk dan juga gurih.Karena saya sudah bikin untuk kedua kalinya,saya ada sedikit catatan yang mungkin bermanfaat buat teman-teman, baik yang sudah pernah bikin ataupun akan bikin,terutama buat remaidering saya pribadi.Biasanya lamaaa ngak buat,terus buat lagi lupa bagian-bagian mana mesti harus hati-hati handlingnya.Kalo diingat-ingat saja nanti jadi banyak lupanya,hehehe.....Tapi maaf ya,ini bukan bermaksud menggurui atau saya lebih expert sama sekali tidak.Catatan kecil inipun sebagian juga saya rangkum dari post comment teman-teman di webnya NCC.Jazakumulloh ya teman-teman.....Foto-fotonya saya ambil baru keesokan harinya,karena karipap saya matang saat sudah senja.Matahari sudah beranjak masuk keperaduannya.Mau pakai lampu saya kurang suka,saya lebih suka pakai natural light.Akhirnya karipap saya simpan dalam wadah kedap udara tanpa saya masukkan kulkas.Alhamdulillah awet renyah dan tidak basi.Bu Fat,jazakillah khoiron untuk resepnya.....





CATATAN   :

  • Adonan harus kalis benar.Menggilas adonan juga harus hati-hati.Jaga tekanan adonan saat menggilas agar adonan tidak mudah robek dan margarin keluar.Jangan langsung menekan dengan kuat atau menarik adonan,tipiskan secara bertahap.Jika adonan melawan,istirahatkan sebentar hingga lemas lagi.
  • Jika adonan dirasa terlalu kering,jumlah air bisa ditambahkan sedikit demi sedikit hingga dirasa adonan cukup lembab.Ini disebabkan kadar air yang terdapat didalam tepung terkadang berbeda,dipengaruhi oleh faktor cuaca dan kelembaban udara.Hal ini juga berlaku untuk adonan roti.
  • Adonan yang cukup lama diistirahatkan hasil gulungannya akan menempel dengan baik.
  • Setelah digulung,guling-gulingkan diatas meja sambil dipadatkan supaya hasilnya menjadi lebih padat.Bila perlu istirhatkan 20-30 menit.
  • Setelah diiris dan digilas,tepuk-tepuk perlahan adonan agar lapisan lebih menempel lagi,lalu isi dan rapikan.
  • Supaya teksturnya melingkar-lingkar utuh,pastikan saat menggilas di satu titik lingkaran dan tidak geser ke mana-mana.
  • Jika puserannya terbuka ada beberapa hal penyebabnya   : antara lain,gulungannya kurang padat,irisan terlalu tipis dan adonan yang kurang diistirahatkan.Ideal potongan adalah 1,5-2 cm.
  • Goreng dalam minyak banyak dengan api sedang,dan jangan terlalu banyak memasukkan karipap.
  • Jangan terlalu sering dibolak-balik.
  • Jika minyak kurang banyak,bagian karipap akan menyentuk dasar penggorengan dan lapisan karipap yang seharusnya menggembang/mekar,menjadi rapat kembali.
Alhamdulillaaah,semoga bermaanfaat  ^_^


Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...