Jumat, Januari 22, 2016

Soto Padang



Assalamu'alaikum.......
Apa kabar akhir pekan ini.Alhamdulillah sudah tahun 2016 ya,masih awal bulan tapi  sudah mendekati minggu terakhir bulan Januari.Saya yakin yang selesai liburan panjang energinya sudah full lagi setelah dicharge dengan istirahat yang cukup lama karena liburannya dobel (tanggal merahnya berderet).....hehehe

Untuk menambah semangat lagi,makan yang seger-seger yuk,kali ini saya akan berbagi resep soto dengan kuah bening.Seger rasanya,apalagi dengan tambahan kondimen perkedel kentang.Dan tak ketinggalan sambal rawit serta kucuran air jeruk nipis,heemmm seger dan nikmat.Resepnya merujuk pada majalah kliping saya yaitu majalah Femina.Tapi tentu saja ada beberapa bahan yang saya sesuaikan dengan ketersediaan bahan yang saya miliki didapur.Misal,untuk bahan utama adalah kombinasi antara daging sapi dan paru.Karena kami sekeluarga kurang menyukai paru terutama suami,maka paru saya ganti semua dengan daging sapi.Dan seperti dapur Sumatera pada umumnya,disetiap masakannya memakai daun kunyit,ini juga saya skip.Karena memang ditempat kami tidak ada.Sebenarnya salah satu kunci sedap dari kuah soto ini adalah dari daun kunyit.Tapi jika memang tidak ada skip saja.


SOTO PADANG

Bahan  :
Kuah    :
- 3 sdm minyak goreng,untuk menumis
- 3 batang serai ambil bagian putihnya,memarkan
- 5 lembar daun jeruk 
- 3 lembar daun salam
- 1 lembar daun kunyit---------jika pakai
- 2 L kaldu sapi
- 3 sdm kecap manis
- 2 sdm air jeruk nipis
- 2 sdt garam
- 1 sdt merica bubuk
Bumbu,haluskan  :
- 10 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 3 butir kemiri sangrai
- 5 cm kunyit,kupas 
- 8 cm jahe,kupas
- 8 cm lengkuas,kupas
Daging sapi  :
- 1kg daging sapi gandik,rebus iris tipis
- 5 siung bawang putih
- 1 sdt garam
- 1 sdt merica bubuk
- 2 sdm air
- Minyak untuk menggoreng

Pelengkap  :
- 1 batang bawang daun,iris tipis
- 2 buah jeruk nipis,potong membujur
- 50 gr suun,seduh
- Perkedel kentang
- Bawang merah goreng,siap santap
- Kerupuk merah,siap santap
- Sambal rawit merahmsiap santap

Cara membuat  :
  1. Kuah  : Panaskan minyak,tumis bumbu halus hingga harum.Tambahkan serai,daun jeruk,daun salam,dan daun kunyit (bila pakai ).Masak hingga matang.
  2. Tuang air kaldu sapi,didihkan.Tambahkan kecap manis,air jeruk nipis,garam dan merica bubuk.Masak diatas api kecil selama 20 menit,angkat.Sisihkan.
  3. Daging sapi  : Lumuri irisan daging sapi rebus dengan bawang putih,garam, merica,dan air hingga rata.Diamkan selama 30 menit.
  4. Goreng daging sapi berbumbu secara bertahap hingga kering.Angkat,tiriskan.Penyajian : Tata suun,perkedel,dan daging sapi goreng dalam mangkuk saji.Siram dengan kuah,sajikan panas bersama pelengkap lainnya.
Sungguh-sungguh nikmat disajikan saat musim hujan begini,diluar hujan turun rintik,dan kami sekeluarga menikmati soto Padang yang hangat.Rasa soto menjadi semakin creamy kala kuah bercampur dengan perkedel,sambal dan kucuran air jeruk nipis.MasyaAlloh,nikmattt banget.Jika ingin cita rasa soto Padang yang lebih ringan,ganti perkedel dengan keripik kentang yang dibuat sendiri.
Perlu diingat tumis bumbu hingga benar-benar matang (pergunakan api kecil saat menumis bumbu) supaya rasa kuah soto tidak langu.Daging sapi yang tertera diatas dapat diganti separuhnya dengan paru.Agar lebih meresap,simpan rebusan daging sapi atau paru iris yang sudah dibumbui di dalam lemari es.Saat akan disantap,keluarkan dan langsung digoreng hingga kering.






Semoga bermanfaat,salam soto Padang hangat.....

3 komentar:

Unknown mengatakan...

halo mbak mohhon ijin fotonya di pakai untuk bikin spanduk. Makasih ya mba :)

Unknown mengatakan...

Monggo mas Ikhsan Arby,semoga bermanfaat dan untuk hal yang posotif.Amiin...

Unknown mengatakan...

Untuk hal yang positif maksud saya

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...