Minggu, November 01, 2015

Sup Baso Tahu






Asalamu'alaikum.......
Apa kabar akhir pekan ini? Menu apa yang anda masak untuk keluarga tercinta diakhir pekan dengan cuaca yang begitu terik seperti ini? Kali ini saya ingin masak yang seger-seger,dan kebetulan anak-anak dan suami juga sangat menyukainya.Apalagi kalo buka sup yang satu ini,sup dengan bahan dasar tahu.Tahunya dibikin bola-bola mirip dengan bakso.Resepnya saya dapatkan dari buku seri masak Femina,CITA RASA.
Namun untuk bahan-bahannya sedikit saya sesuaiakan dengan bahan-bahan yang sudah ada di lemari es saya(bahan belanja hari sabtu kemarin).Kali ketiga saya buat sup ini dan selalu habis tanpa sisa.Alhamdulillah jika masak dan anggota keluarga kita menyukainya.

SUP BASO TAHU

Bahan  :
- 150 gr daging ayam giling/cincang
- 75 gr udang kupas,cincang
- 150 gr tahu putih,remas-remas/hancurkan
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdt garam
- 2 sdm bawang merah goreng
- 1/2 sdm bawang putih goreng,remas-remas
- 1/2 batang wortel cincang halus
- 4 sdm tepung kanji
- 1 butir telur,kocok lepas
- Minyak untuk menggoreng
- Daun selada
- Seledri iris
KUAH  :
- 2 sdm minyak goreng
- 4 siung bawang putih,iris
- 1.000 ml kaldu ayam
- 1 sdt garam
- 1/2 sdm merica bubuk
- 2 sdm kecap asin
Pelengkap  :
- sambal cabai

Cara membuat  :
  1. Campur ayam,udang,dan tahu.Bubuhkan merica dan garam,aduk rata.Masukkan bawang merah goreng dan bawang putih goreng,wortel,seledri dan tepung kanji,dan telur kocok,aduk hingga tercampur rata.
  2. Bulatkan adonan sebesar kelereng.Panaskan minyak yang banyak dalam wajan,goreng secara bertahap hingga adonan berwarna kuning kecokelatan dan matang,angkat,tiriskan,sisihkan.
  3. Kuah : Panaskan minyak goreng dalam wajan,tumis bawang putih hingga harum,masukkan dalam panci berisi kaldu.Bubuhkan garam,merica,dan kecap asin.Aduk.
  4. Masukkan baso,masak sebentar hingga mendidih lagi,angkat segera.Tuang segera baso beserta kuahnya ke dalam mangkuk saji,tambahkan daun selada,taburi seledri iris.Hidangkan dengan pelengkap sambal cabai.
Gunakan api dengan panas sedang saat menggoreng baso,karena jika api terlalu besar nanti ketika baso matang dan dingin akan menjadi keriput.
Seperti biasa anak-anak sangat sukaaaa,apalagi suami.Kalo sudah makan baso gorengnya rasanya mulut ngak mau berhenti,enaaaaaakkk bangetttt..........Di kulkas masih ada sisa kulit pangsit,iseng saya isi dengan adonan baso,heemmmm ternyata juga ueenak,sensasi kriuknya bikin nambah dan nambah lagi......




Bisa juga dibuat cemilan,teman minum teh.Dijamin nambah dan nambah lagi......Recommended pokoknya.....^-^
Happy Cooking All.......

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...