Minggu, Juni 21, 2015

Otak-otak Ikan Tenggiri Wortel





Assalamu'alaikum.......
Alhamdulillah kita bertemu lagi dengan bulan suci Ramadhan.......
Semoga kita selalu diberi kemudahan dalam menjalankan ibadah shoum Ramadhan.Amiin....
Biasanya jika bulan Ramadhan menu kita maunya yang lebih simpel tapi bergizi.Kebetulan saya masih mempunyai 1 batita,dan yang yang satu lagi sudah umur 6 tahun.Alhamdulillah mas yang 6 tahun puasanya sudah penuh.Tapi yang namanya anak-anak buka puasa pasti maunya dibanyakin minumnya,akibatnya perutnya kenyang minum.Belum makan nasi sedikitpun.Kalo menu lauk buat saya,suami dan ke dua masnya yang sudah beranjak remaja tentu saja yang agak spicy tentunya.Tapi kalo mau simpel pasti deh frozen food jadi alternatif.Tapi kasian kalo frozen food terus-terusan.Meski beberapa orang bilang sehat dan lain sebagainya,tapi bagi kami terutama anak-anak saya yang masih dibawah umur sangat saya batasi.Alhamdulillaah nemuin resep yang oke.Dan yang penting anak-anak saya suka.Tanpa pengawet dan msg.Top deh pokoknya.....Ini saya sudah buat untuk ke 2kalinya.yang pertama saya pakai labu siam,dan yang kali ini saya pakai wortel sebagai penganti labu siam.Resepnya dari mb Endang JTT


OTAK-OTAK IKAN TENGGIRI WORTEL

Bahan  : 
- 250 gr fille ikan tenggiri
- 100 gr wortel,cuci bersih,parut beserta kulitnya
- 4 siung bawang putih cincang
- 1/2 sdm garam
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 btr telur kocok lepas
- 3 sdm minyak goreng
- 1 sdm minyak wijen
- 1 sdm gula pasir
- 250 gr tepung sagu-------saya pakai tepung tapioka
- 1 batang daun bawang,rajang halus

Cara membuat :

  1. Siapkan FP atau chopper,masukkan fille ikan proses hingga halus.Tambahkan wortel parut,bawang putih,garam,merica,telur,minyak goreng,minyak wijen dan gula.Proses hingga halus.
  2. Tuang adonan kedalam mangkuk,masukkan tepung tapioka dan daun bawang yang sudah dirajang,aduk hingga tercampur dengan baik.Cicipi rasanya.Olesi permukaan tangan dengan minyak goreng,amil segumpal adonan atau sekitar 2 sdm,pulung atau gelindingkan dipermukaan telapak tangan hingga membentuk silinder dengan kedua ujungnya yang lancip.
  3. Siapakan kukusan.Olesi permukaan saringan dengan minyak goreng.Pananskan hingga kukusan benar-benar panas.Kukus otak-otak dengan api sedang selama 30 menit.
  4. Angkat dan goreng otak-otak hingga kecoklatan.Angkat dan tiriskan.Otak-otak yang telah dikukus bisa disimpan didalam freezer.


Otak-otak yang baru dibentuk

Alhamdulillah anak-anak suka.Bisa jadi alternatif untuk lauk ataupun cemilan anak-anak.Otak-otak dengan campuran wortel ini lebih"set" adonannya dibanding dengan mengunakan labu siam.Dan kebetulan saya pakai wortel lokal yang kandungan airnya lebih sedikit dibanding dengan wortel impor.Jika memakai labu siam sedikit lembek adonannya tetapi smooth.



Adonan setelah dikukus

Rasanya enaaak banget,buat mb Endang terima kasih atas sharing resepnya......

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...